BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Tim dengan Pertahanan Terbaik di Liga Top Eropa Musim Ini

24-04-2019 10:42 | Aga Deta

5 Tim dengan Pertahanan Terbaik di Liga Top Eropa Musim Ini
Selebrasi Mohamed Salah usai membobol gawang Chelsea (c) AP Photo

Bola.net - Bola.net - Sektor pertahanan punya arti yang sangat penting dalam sepak bola. Tanpa pertahanan yang kuat, sebuah tim sepak bola tentu akan sulit untuk mencapai targetnya.

Pelatih legendaris Sir Alex Ferguson pernah berkata, "Menyerang membuatmu memenangkan pertandingan, pertahanan memberikanmu gelar."

Pernyataan tersebut mungkin tidak sepenuhnya benar. Namun, beberapa tim sudah membuktikan bahwa pertahanan yang bagus bisa memberikan hasil.

Musim ini, ada lima tim di liga top Eropa yang punya pertahanan paling solid. Tiga di antaranya ternyata bisa berada di puncak klasemen.

Berikut ini lima tim Eropa yang memiliki catatan pertahanan yang solid seperti dilansir Fox Sports Asia.

1 dari 5 halaman

RB Leipzig Kebobolan 23 gol dari 30 Laga

Peter Gulacsi (c) RB Leipzig Peter Gulacsi (c) RB Leipzig

RB Leipzig saat ini berada di urutan ketiga dalam klasemen Bundesliga. Mereka hampir mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan saat Julian Nagelsmann mengambil alih sebagai manajer.

Leipzig memiliki rekor pertahanan terbaik di Bundesliga setelah hanya kebobolan 23 gol dari 30 pertandingan liga. Mereka mencatatkan 15 clean sheet dalam prosesnya.

Mantan kiper Liverpool, Peter Gulacsi, mengawal gawang klub Jerman itu di liga. Dia dikawal lini pertahanan yang diisi oleh pemain-pemain muda di depannya yang terdiri dari Willi Orban, Dayot Upamecano, Ibrahima Konate, Lukas Klostermann, Nordi Mukiele, Marcel Halstenberg dan Marcelo Saracchi.

2 dari 5 halaman

Juventus Kebobolan 23 Gol dari 33 Laga

Leonardo Bonucci Dan Cristiano Ronaldo (c) AP Photo Leonardo Bonucci Dan Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Juventus baru-baru ini memenangkan gelar liga kedelapan secara beruntun dan ini merupakan rekor di lima liga top Eropa. Pada musim ini mereka memiliki rekor pertahanan terbaik di liga.

Musim ini, raksasa Serie A itu hanya kebobolan 23 gol dalam 33 pertandingan dan mencatatkan 16 clean sheet. Wojciech Szczęsny menjadi starter dalam 24 pertandingan liga untuk Juventus dan Mattia Perin menjadi starter dalam sembilan pertandingan lainnya.

Solidnya pertahanan Si Nyonya Tua tidak mengejutkan karena kualitas dan kedalaman yang mereka miliki di sektor tersebut. Sejauh musim ini, 11 bek yang berbeda sudah bermain untuk Juve di liga di mana tujuh di antaranya adalah pemain Italia.

Namun, pertahanan Juve sudah dimakan usia. Mereka harus segera mencari pengganti pemain seperti Georgio Chiellini dan Leonardo Bonucci.

3 dari 5 halaman

Manchester City - Kebobolan 22 Gol dari 33 Laga

Aymeric Laporte (c) AFP Aymeric Laporte (c) AFP

Manchester City di bawah Pep Guardiola sebagian besar dipuji karena keganasan lini serang mereka. Namun, ketika mereka memenangkan gelar liga saat musim 2017/18, mereka juga memiliki rekor pertahanan terbaik.

Tidak mudah untuk mencetak gol ke gawang Manchester City karena mereka mendominasi penguasaan bola. Musim ini, The Citizens hanya kebobolan 22 gol dalam 34 pertandingan dan mencatatkan 17 clean sheet.

Aymeric Laporte sudah menjadi andalan di pertahanan City musim ini dan pemain Prancis itu bakal mendapat tempat di PFA Team of the Year. Guardiola sering merotasi rekan duet Laporte dan sebagai hasilnya, kapten Vincent Kompany hanya tampil dalam 13 pertandingan liga.

City punya masalah di posisi bek kiri musim ini karena Benjamin Mendy absen karena cedera sepanjang musim ini. Namun, Fabian Delph dan Oleksandr Zinchenko sudah terbukti mampu menjadi deputi.

4 dari 5 halaman

Atletico Madrid Kebobolan 21 Goal dari 33 Laga

Jan Oblak, Antoine Griezmann, Diego Godin (c) AFP Jan Oblak, Antoine Griezmann, Diego Godin (c) AFP

Atletico Madrid asuhan Diego Simeone dikenal punya pertahanan yang kuat dan sebagian besar kesuksesan mereka di bawah pelatih Argentina itu dibangun di atas pertahanan yang solid.

Atletico biasanya punya pertahanan terbaik di lima liga top Eropa dalam beberapa musim belakangan ini. Jika tidak, mereka setidaknya punya pertahanan terbaik di liga dan itulah yang terjadi musim ini meski mereka hanya menempati peringkat kedua di lima liga top Eropa.

Tim asuhan Simeone hanya kebobolan 21 gol dalam 33 pertandingan. Namun, mereka masih tertinggal sembilan poin di belakang pemimpin klasemen Barcelona karena mereka hanya mampu mencetak 48 gol di liga.

Karena itu, Atletico juga patut mendapat pujian setelah mencatatkan 19 clean sheet meski beberapa pemain belakang mereka sering diganggu cedera. Itulah sebabnya mengapa tidak ada pemain belakang mereka yang memainkan lebih dari 23 pertandingan di La Liga sejauh musim ini.

5 dari 5 halaman

Liverpool Kebobolan 20 Gol dari 35 Laga

Virgil Van Dijk dan Andrew Robertson. (c) AP Photo Virgil Van Dijk dan Andrew Robertson. (c) AP Photo

Selama bertahun-tahun, Liverpool dikenal punya pertahanan yang rapuh di Eropa. Namun, semuanya berubah ketika mereka merekrut Virgil van Dijk dengan memecahkan rekor transfer. Selain itu, kedatangan Alisson Becker dengan harga yang cukup tinggi juga memainkan peran penting.

The Reds mampu menjadi pesaing kuat dalam ajang Premier League musim ini. Alasan utama mengapa mereka mampu seperti itu adalah pertahanan mereka yang hanya kebobolan 20 gol dalam 35 pertandingan.

Alisson sudah mencatatkan 19 clean sheet hanya dalam 35 pertandingan. Namun, pekerjaannya menjadi jauh lebih mudah karena kehadiran Van Dijk yang menjadi pemain terbaik mereka di liga musim ini.

Selain itu, pertahanan Liverpool juga mampu memberikan kontribusi berupa delapan gol dan 26 assist di semua kompetisi.


Jadwal Liverpool vs Chelsea di UEFA Super Cup 2019

KOMENTAR

Editorial Lainnya