BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Rekrutan Terakhir Jurgen Klopp di Borussia Dortmund dan Nasibnya Kini

14-04-2020 15:49 | Aga Deta

5 Rekrutan Terakhir Jurgen Klopp di Borussia Dortmund dan Nasibnya Kini
Jurgen Klopp (c) AFP

Bola.net - Jurgen Klopp sudah mengantarkan Liverpool meraih kesuksesan besar. Sebelum datang ke Anfield, Klopp pernah menangani Borussia Dortmund.

Klopp menjadi pelatih Dortmund selama tujuh tahun. Selama kariernya di Signal Iduna Park, Klopp juga meraih kesuksesan.

Klopp berhasil menyulap tim Bundesliga tersebut menjadi salah satu yang disegani di Eropa. Bahkan tim besutannya berhasil tampil di final Liga Champions 2013.

Tidak hanya itu, di bawah tangan dingin Klopp, klub berjuluk Die Borussian itu juga berhasil meraih dua gelar Bundesliga. Mereka juga meraih satu gelar DFB Pokal.

Selama melatih Dortmund, juru taktik asal Jerman itu menghasilkan beberapa pemain kelas dunia. Itu termasuk Mario Gotze dan Robert Lewandowski.

Klopp dipuji karena pekerjaannya yang luar biasa di bursa transfer. Namun, beberapa rekrutan terakhirnya tidak sesuai harapan.

Berikut ini kiprah lima rekrutan terakhir Klopp di Borussia Dortmund seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 5 halaman

Ciro Immobile

Ciro Immobile, Lazio (c) AP Photo Ciro Immobile, Lazio (c) AP Photo

Immobile bergabung dengan Borussia Dortmund pada tahun 2014 setelah ditebus dari Torino seharga 17,9 juta euro. Bomber asal Italia itu diaulat sebagai pengganti Robert Lewandowski yang hengkang ke Bayern Munchen.

Immobile hanya memulai beberapa pertandingan di liga, tetapi terpilih sebagai starter untuk Liga Champions dan kompetisi piala domestik. Dia berhasil mencetak sepuluh gol di musim itu dan klub memutuskan untuk meminjamkannya ke Sevilla.

Immobile tidak mengesankan, hanya mencetak dua gol untuk Sevilla selama lebih dari enam bulan. Setelah tampil buruk di Spanyol, ia dipinjamkan ke Torino. Dia tidak bisa menemukan ritme ketika kembali ke tanah airnya, tetapi Lazio bersedia membelinya pada musim panas seharga 8,75 juta euro.

Lazio tidak sia-sia merekrut striker Italia itu karena telah mencetak lebih dari 115 gol hanya dalam empat tahun di klub. Immobile telah membuktikan dirinya sebagai salah satu striker terbaik di dunia. Dia juga menjadi striker utama untuk tim nasionalnya.

2 dari 5 halaman

Matthias Ginter

Matthias Ginter (c) AFP Matthias Ginter (c) AFP

Pemain internasional Jerman ini merupakan salah satu pemain muda paling menjanjikan saat bermain bersama Freiburg. Die Schwarzgelben menebus sang bek tengah dengan biaya 10 juta euro pada tahun 2014. Ginter membuat 22 penampilan selama musim pertamanya, dan kemudian menambahkan 80 penampilan lainnya dalam beberapa musim.

Kiprah Ginter di Borussia Dortmund tidak terlalu isitimewa. Ia gagal memenuhi potensinya dan tidak pernah bermain secara reguler di bawah Jurgen Klopp.

Ketika kehidupan di Dortmund tampak berkilau di bawah Thomas Tuchel, Ginter masih menjadi pemain pelapis dari Mats Hummels dan Sokratis. Sang pelatih memilih memainkan Ginter di posisi yang berbeda sebagai pemain cadangan.

Setelah kepergian Tuchel, Ginter tidak masuk dalam rencana pelatih baru Peter Bosz. klub rival Borussia Monchengladbach kemudian merekrutnya dengan biaya 17 juta euro.

Pemain berusia 26 tahun itu telah menjadi tembok bagi Monchengladbach. Dia telah tampil 93 kali untuk Monchengladbach dan juga menjadi wajah yang akrab di tim nasional Jerman.

3 dari 5 halaman

Shinji Kagawa

Shinji Kagawa (c) Borussia Dortmund Shinji Kagawa (c) Borussia Dortmund

Setelah menghabiskan dua musim di Manchester United, Kagawa memutuskan kembali ke Borussia Dortmund pada 2014. Setelah musim yang buruk di bawah Jurgen Klopp, statistiknya naik di musim berikutnya di bawah Thomas Tuchel, tetapi kekecewaan lainnya menyusul.

Kagawa dipinjamkan ke Besiktas selama bagian kedua musim 2018/19. Pemain internasional Jepang itu bernasib baik, tetapi pihak Turki tidak menginginkannya kembali.

Setelah dari Turki, Kagawa memilih untuk menerima tawaran dari Real Zaragoza. Kagawa saat ini bermain di divisi kedua Spanyol.

4 dari 5 halaman

Nuri Sahin

Nuri Sahin (c) AFP Nuri Sahin (c) AFP

Sahin sempat bermain di Liverpool. Namun, Brendan Rodgers gagal memanfaatkan sang gelandang dengan benar. Ini mendorongnya untuk mengakhiri kiprahnya di Inggris dan kembali ke Borussia Dortmund.

Dortmund mengontrak Sahin dengan status pinjaman hingga 2014. Klub memutuskan untuk mengaktifkan klausul pembeliannya dan mengontraknya secara permanen dengan biaya di sekitar 7 juta euro.

Periode kedua Sahin dengan Dortmund dirusak dengan cedera. Alhasil, sang gelandang hanya membuat 68 penampilan antara 2014 dan 2018.

Pemain berusia 31 tahun itu pindah ke Werder Bremen secara gratis di musim panas 2018. Pemain asal Turki itu sudah membuat 40 penampilan di Stadion Weser.

5 dari 5 halaman

Kevin Kampl

Kevin Kampl (c) AFP Kevin Kampl (c) AFP

Setelah dua setengah tahun di Red Bull Salzburg, Borussia Dortmund merekrut Kampl pada Januari 2015. Pemain Slovenia itu tampil 19 kali untuk klub barunya, tetapi Thomas Tuchel melepasnya di musim panas.

Kampl kemudian kembali ke Bayer Leverkusen. Ia lantas bergabung dengan RB Leipzig dengan biaya 20 juta euro pada 2017 lalu.

Sang gelandang kini telah tampil lebih dari 100 kali untuk klub Jerman. Ia mencetak 29 gol dan membuat 54 assist.

Sumber: Sportskeeda



KOMENTAR

Editorial Lainnya