BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Rekor yang Bisa Dicatatkan Lionel Messi di Liga Champions Musim Ini

28-10-2020 13:06 |

5 Rekor yang Bisa Dicatatkan Lionel Messi di Liga Champions Musim Ini
Aksi Lionel Messi pada laga melawan Celta Vigo di pekan keempat La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Bola.net - Tak ada yang meragukan kemampuan Lionel Messi. Ia merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah tampil di Liga Champions.

Selama berkarier hampir dua dekade, pemain mungil asal Argentina tersebut telah menjadi pemain yang menonjol untuk Barcelona. Ia sempat rencanakan untuk pergi pada musim panas ini, sebelum akhirnya memutuskan untuk tetap di klub hingga akhir musim ini.

Lionel Messi telah mencetak banyak gol dan meraih kemenangan yang berlimpah, terutama di ajang prestisius Benua Biru.

Ia adalah satu dari hanya dua pemain dalam sejarah Liga Champions yang mencetak lebih dari 100 gol untuk satu klub. Golnya yang berjumlah 116 gol dalam kompetisi (semuanya dicetak untuk Barcelona) adalah yang paling banyak dicetak oleh seorang pemain di Liga Champions untuk satu klub.

Kapten Timnas Argentina itu memulai musim ke-17 di Liga Champions dengan menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 16 musim berturut-turut di kompetisi tersebut. Dalam prosesnya juga mencetak gol melawan lawan Liga Champions ke-36 yang makin membuat kariernya kian mentereng.

Mari kita lihat lima rekor lain yang bisa dipecahkan Lionel Messi di edisi terbaru Liga Champions:

1 dari 5 halaman

Mencetak 70 gol penyisihan grup

Sergio Ramos vs Lionel Messi (c) AP Photo Sergio Ramos vs Lionel Messi (c) AP Photo

Koleksi gol Lionel Messi mungkin telah mengering belakangan ini, namun sang pemain tetap menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan, terutama di Liga Champions.

Dengan mencetak gol melawan Ferencvaros pada pertandingan pembuka Barcelona 2020-21 di Matchday 1, Lionel Messi menyamai rekor Ryan Giggs sebagai satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam 16 musim berbeda di kompetisi tersebut. Namun, tidak seperti pemain legendaris Wales tersebut, Messi melakukannya dalam beberapa musim berturut-turut.

Dalam prosesnya, Lionel Messi memperpanjang rekor golnya yang dicetak di babak penyisihan grup Liga Champions menjadi 69, yang sudah unggul enam gol dari Cristiano Ronaldo.

Jika kapten Barcelona itu mencetak gol sekali lagi sebelum babak sistem gugur musim ini, yang kemungkinan besar akan dilakukannya, dia akan menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mencetak 70 gol di babak penyisihan grup kompetisi.

2 dari 5 halaman

Cetak hattrick kesembilan

Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo

Di antara kumpulan rekor pencetak golnya di Liga Champions, Lionel Messi adalah pemain pertama yang mencetak delapan hattrick di kompetisi tersebut, yang hanya bisa ditiru oleh Cristiano Ronaldo.

Pemain Argentina, yang merupakan salah satu dari dua pemain yang telah mencetak lima gol dalam pertandingan Liga Champions, dapat mengambil alih kepemilikan langsung atas rekor tersebut jika ia mencetak hattrick lain dalam edisi terkini turnamen.

Namun, harus dicatat bahwa sudah lebih dari dua tahun sejak Messi mencetak hattrick kedelapan dan terakhir Liga Champions. Itu terjadi dalam pertandingan penyisihan grup melawan PSV Eindhoven di kompetisi edisi 2018-19.

3 dari 5 halaman

Mencetak 50 gol babak sistem gugur

Bintang Barcelona, Lionel Messi, dikepung pemain Getafe dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (18/10/2020). (c) AP Photo Bintang Barcelona, Lionel Messi, dikepung pemain Getafe dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (18/10/2020). (c) AP Photo

Selama karier gemilangnya di level klub, terutama di Liga Champions, Lionel Messi telah mencetak 47 gol di babak sistem gugur kompetisi. Ini adalah penghitungan yang hanya dilampaui oleh satu pemain lainnya, Cristiano Ronaldo (67).

Musim ini, Lionel Messi memperpanjang rekornya sendiri dengan mencetak gol melawan tim ke-36 yang memperpanjang rekor di Liga Champions.

Jika dia mencetak tiga gol lebih banyak di babak sistem gugur Liga Champions 2020-21, ia akan menjadi pemain pertama setelah Cristiano Ronaldo yang mencapai rekor 50 gol di tahap kompetisi tersebut.

Namun, mengingat kembalinya hanya dua gol di babak sistem gugur Liga Champions musim lalu, jauh dari kesimpulan sebelumnya bahwa Messi bisa sampai pada tonggak sejarah musim ini.

Kendati demikian, kecuali cedera atau skorsing, pemain berusia 33 tahun itu kemungkinan bisa sukses musim ini.

4 dari 5 halaman

Menjadi pemain keempat yang tampil dalam 150 pertandingan Liga Champions

Lionel Messi saat berlaga di laga Barcelona vs Villarreal di La Liga 2020-21, Senin (28/09/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Lionel Messi saat berlaga di laga Barcelona vs Villarreal di La Liga 2020-21, Senin (28/09/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Dengan 144 penampilan di Liga Champions (babak grup hingga final), Lionel Messi adalah pemain dengan penampilan terbanyak kelima, aktif kedua, dalam sejarah kompetisi.

Jika kapten Barcelona itu menambah enam penampilan lagi di Liga Champions 2020-21, ia akan bergabung dengan kelompok elite yang hanya terdiri dari empat pemain untuk memainkan 150 pertandingan dalam kompetisi tersebut.

Hanya Iker Casillas (177), Cristiano Ronaldo (170) dan legenda Barcelona Xavi Hernandez (151) yang tampil di lebih banyak pertandingan Liga Champions daripada Lionel Messi.

Lionel Messi memenangkan gelar Liga Champions keempat dan terakhirnya pada edisi kompetisi 2014-2015, ketika Barcelona menjadi klub pertama yang memenangkan banyak treble kontinental.

5 dari 5 halaman

Menjadi pemain kedua yang memenangkan gelar Liga Champions UEFA kelima

Bintang Barcelona, Lionel Messi, mencoba melewati hadangan pemain Girona dalam laga uji coba yang diselenggarakan pada Kamis (17/9/2020).  (c) AP Photo Bintang Barcelona, Lionel Messi, mencoba melewati hadangan pemain Girona dalam laga uji coba yang diselenggarakan pada Kamis (17/9/2020). (c) AP Photo

Lionel Messi memenangkan gelar Liga Champions keempat dan terakhirnya pada edisi kompetisi 2014-2015, ketika Barcelona menjadi klub pertama yang memenangkan banyak treble kontinental.

Dalam lima tahun sejak saat itu, Lionel Messi dan Blaugrana telah berjuang keras untuk mengulang level tertinggi tersebut.

Mereka tersandung di babak perempat final Liga Champions pada empat kesempatan, dengan salah satunya adalah diakhiri kekalahan 2-8 melawan juara bertahan Bayern Munich musim lalu.

Barcelona sangat kecil kemungkinannya untuk melaju ke final Liga Champions musim ini, apalagi memenangkan seluruh kompetisi.

Namun, jika klub Catalan tersebut berhasil mencapai prestasi tersebut, Lionel Messi akan bergabung dengan Cristiano Ronaldo sebagai satu-satunya pemain yang memenangkan lima gelar dalam kompetisi tersebut.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.com/Penulis Ario Yosia
Published: 28 Oktober 2020



KOMENTAR

Editorial Lainnya