BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Rekor Memalukan Jose Mourinho di MU

18-12-2018 12:26 | Aga Deta

5 Rekor Memalukan Jose Mourinho di MU
Jose Mourinho (c) mufc

Bola.net - Bola.net - Manchester United baru saja menelan kekalahan 1-3 dari Liverpool pada ajang Premier League. Kekalahan tersebut semakin menambah kesengsaraan tim asuhan Jose Mourinho tersebut.

Mourinho diangkat menjadi manajer Setan Merah pada tahun 2016 lalu. Pria asal Portugal itu diharapkan bisa mengembalikan kejayaan United selepas ditinggal Sir Alex Ferguson.

Mourinho mampu mempersembahkan tiga trofi pada musim pertamanya di Old Trafford. Akan tetapi, performa United terjun bebas pada musim ketiganya.

Mantan manajer Chelsea itu belum mampu mendongkrak penampilan United pada musim ini. Selain itu, Mourinho juga menorehkan sejumlah catatan negatif bersama Setan Merah.

Berikut ini lima rekor memalukan Jose Mourinho di Manchester United seperti dilansir Fox Sports.

1 dari 6 halaman

Poin Terburuk Setelah 17 Laga Premier League Sejak 1990/91

Manchester United. (c) AP Manchester United. (c) AP

Kekalahan dari Liverpool membuat Manchester United tetap berada di peringkat keenam dengan koleksi 26 poin dari 17 pertandingan dengan rata-rata sekitar 1,5 poin per game. Ini adalah jumlah poin terendah yang pernah diraih Setan Merah di kasta teratas Inggris pada tahap musim ini sejak musim 1990/91 ketika saat itu mengumpulkan 26 poin juga.

Man United sekarang punya tugas berat untuk finis di posisi empat besar karena mereka tertinggal sebelas poin dari posisi keempat Chelsea. Mereka bahkan harus berjuang keras untuk mempertahankan tempat keenam karena hanya dua poin saja yang memisahkan tim di posisi keenam sampai kesepuluh di liga.

2 dari 6 halaman

Persentase Kemenangan Terburuk di Old Trafford Dalam Satu Musim di Era Premier League

Romelu Lukaku (c) AFP Romelu Lukaku (c) AFP

Selama era Sir Alex Ferguson, persentase kemenangan Manchester United di kandang di semua kompetisi naik hingga 80% di berbagai musim. Misalnya, pada tahun 2003, catatannya mencapai 81,8; pada tahun 2008 adalah 86,2 dan pada tahun 2011 bisa mencapai 89,7.

Di era pasca-Ferguson, Louis van Gaal mencatatkan rekor persentase kemenangan terburuk dalam satu musim dengan 57 di musim debutnya di 2014/15. Jose Mourinho bisa memecahkan rekor itersebut karena United baru menang 41,66% dari pertandingan kandang mereka sejauh ini.

Di Old Trafford, mereka telah memainkan 12 pertandingan di semua kompetisi, memenangkan lima pertandingan, imbang lima kali dan kalah dua kali. Dua kekalahan terjadi saat melawan Spurs dan Juventus dan mereka ditahan oleh Wolves, Crystal Palace, Arsenal, Valencia dan Derby County. Hasil imbang melawan Derby County terjadi di piala liga dan United kalah dalam adu penalti sehingga tersingkir dari kompetisi.

3 dari 6 halaman

Lawan Liverpool, MU Dihujani Tembakan Terbanyak di Premier League Musim Ini

Duel Liverpool Vs Man United di Anfield. (c) AP Photo Duel Liverpool Vs Man United di Anfield. (c) AP Photo

Sepanjang pertandingan antara Liverpool dan Mannchester United, tekad tim tuan rumah untuk meraih kemenangan liga pertama atas rival bebuyutan mereka di bawah Jurgen Klopp terlihat. Bahkan setelah United menyamakan kedudukan, mereka tidak membiarkan kepala mereka tertunduk dan bekerja keras untuk bisa kembali memimpin.

Menariknya, pemain United berkumpul di kotak penalti sehingga memaksa Liverpool untuk mencoba keberuntungan mereka dari jarak jauh beberapa kali. Pemain-pemain seperti Fabinho, Roberto Firmino, Gini Wijlandum, Nathaniel Clyne dan bahkan Dejan Lovren mencoba menjebol gawang United dari jarak jauh.

Ketika pertandingan berakhir, selain kiper Alisson, setiap pemain Liverpool yang berada di lapangan termasuk pemain pengganti Xherdan Shaqiri dan Jordan Henderson, melepas tembakan ke gawang. Hasilnya adalah 36 percobaan ke gawang meski hanya sebelas yang tepat sasaran.

36 tembakan ke arah gawang Manchester United adalah yang paling banyak dilakukan oleh tim manapun dalam pertandingan Primer League musim ini, mengalahkan rekor sebelumnya 32 tembakan yang mengarah ke gawang Huddersfield Town oleh Manchester City. Jumlah itu juga 15 lebih banyak dari jumlah tembakan yang dilepas Liverpool kepada tim Premier League lainnya musim ini.

4 dari 6 halaman

Kebobolan Terbanyak di Premier League Daripada Musim Lalu

David De Gea (c) AFP David De Gea (c) AFP

Pendekatan pragmatis Manchester United di bawah Jose Mourinho mendapat banyak kritik dari berbagai macam tetapi awalnya ia berhasil menemukan kesuksesan dengan cara itu dan finis di tempat kedua pada musim lalu. Namun, musim ini, pertahanan United terlihat sangat rapuh.

Tim asuhan Mourinho sudah kebobolan 29 gol musim ini dan itu lebih banyak dari jumlah gol yang masuk ke gawang mereka pada musim 2017/18!

Meski berada di urutan keenam di liga saat ini, rekor pertahanan United hanya terburuk kelima di liga. Hanya Cardiff Fulham, Burnley, Cardiff City dan Southampton yang kemasukan gol lebih banyak daripada mereka saat ini. Bahkan Huddersfield Town yang berada di posisi 19 kebobolan lebih sedikit dari United.

5 dari 6 halaman

Keunggulan Poin Terbesar Liverpool Atas MU Setelah 17 Laga

Jurgen Klopp rayakan kemenangannya di hadapan Jose Mourinho. (c) AP Photo Jurgen Klopp rayakan kemenangannya di hadapan Jose Mourinho. (c) AP Photo

Sebelum pertandingan melawan Liverpool, United tertinggal 16 poin di belakang rival mereka dan jarak itu melebar menjadi 19 pada hari Senin dini hari kemarin. Itu adalah keunggulan terbesar yang ditorehkan Liverpool atas United setelah 17 pertandingan kasta teratas Inggris.

United berada di urutan keenam dengan 26 poin saat ini justru lebih dekat dengan juru kunci Fulham dengan sembilan poin daripada dengan Liverpool yang mengumpulkan 45 poin!

Setelah meniru kesuksesan Liverpool pada era 70-an dan 80-an, sepertinya United kini mulai meniru kejatuhan Liverpool era tahun 90-an.

6 dari 6 halaman

Video Menarik

Hasil drawing 16 besar Liga Champions 2018-2019 di mana Manchester United akan bertemu PSG (Paris Saint-Germain), Senin (17/12/2018).


Aksi Bocah Indonesia Main Sepak Bola Disorot Bintang AC Milan

KOMENTAR

Editorial Lainnya