BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pembelian Terbaik Barcelona di Era Joan Laporta

08-03-2021 15:45 | Aga Deta

5 Pembelian Terbaik Barcelona di Era Joan Laporta
Presiden Barcelona, Joan Laporta (c) AP Photo

Bola.net - Joan Laporta terpilih sebagai presiden baru Barcelona. Pria berusia 58 tahun itu berhasil mengalahkan dua pesaingnya, Victor Font dan Tony Freixa.

Laporta mendapat lebih dari 50 persen suara. Pria yang berprofesi sebagai pengacara tersebut akan menjabat sebagai presiden Barcelona hingga 2026 yang akan datang.

Bagi Laporta, ini adalah kali kedua dia menjabat sebagai presiden Barcelona. Dia sebelumnya pernah memegang jabatan yang sama pada 2003 hingga 2010 yang lalu.

Pada periode pertamanya tersebut, Laporta merasakan berbagai kesuksesan bersama tim raksasa Katalunya tersebut. Barcelona meraih banyak trofi bergengsi, di antaranya empat gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions.

Di bawah kepemimpinan Laporta, Barcelona juga melakukan sejumlah pembelian pemain. Beberapa di antaranya bahkan bisa dibilang cukup sukses.

Berikut lima pembelian terbaik Barcelona di era Laporta.

1 dari 5 halaman

Samuel Eto'o

(c) AFP (c) AFP

Samuel Eto'o didatangkan Barcelona dari Real Mallorca pada 2004. Pemain asal Kamerun tersebut ditebus dengan nilai transfer 27 juta euro.

Bersama Blaugrana, mantan pemain Real Madrid ini berhasil mempersembahkan tiga gelar La Liga. Eto'o juga sukses mengantarkan raksasa Spanyol tersebut mengangkat dua Liga Champions.

Eto'o berhasil merebut gelar Pichichi atau top skor La Liga pada 2006. Mantan pemain Chelsea itu mencetak 130 dari 199 pertandingan untuk Barcelona sebelum meninggalkan klub pada 2009.

2 dari 5 halaman

Deco

Deco dan Ronaldinho (c) AFP Deco dan Ronaldinho (c) AFP

Deco didatangkan Barcelona dari Porto pada 2004 dengan nilai transfer 15 juta euro plus Ricardo Quaresma. Deco datang ke Camp Nou setelah memenangkan Liga Champions bersama Porto.

Bersama Barca, Deco berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga, dua Piala Super Spanyol dan Liga Champions. Ia mencatatkan 161 penampilan untuk klub dengan mencetak 20 gol dan 45 assist.

Gelandang asal Portugal tersebut menghabiskan empat tahun di Camp Nou. Deco meninggalkan Blaugrana pada 2008 dengan hengkang ke Chelsea.

3 dari 5 halaman

Ronaldinho

Ronaldinho (c) FC Barcelona Ronaldinho (c) FC Barcelona

Ronaldinho dibeli Barcelona dari PSG pada 2003 dengan biaya transfer 32,25 juta euro. Blaugrana mendatangkan pemain asal Brasil itu setelah gagal mendapatkan David Beckham.

Namun, Barcelona tidak sia-sia mendatangkan Ronaldinho. Sang pemain berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga, dua Piala Super Spanyol dan Liga Champions.

Ronaldinho juga berhasil menyabet Ballon d'Or pada 2005. Mantan pemain Gremio itu akhirnya meninggalkan Camp Nou pada 2008 setelah mencatatkan 207 penampilan di semua kompetisi.

4 dari 5 halaman

Thierry Henry

Thierry Henry (c) AFP Thierry Henry (c) AFP

Barcelona mendatangkan Thierry Henry dari Arsenal pada 2007. Penyerang asal Prancis itu datang ke Camp Nou dengan nilai transfer 24 juta euro.

Henry memainkan peran penting saat Barcelona meraih sextuple pada tahun 2009 dengan mencetak 26 gol musim itu. Selama tiga tahun di Spanyol, dia berhasil mencetak 49 gol dan memenangkan tujuh trofi.

Mantan pemain Juventus itu mencatatkan 49 gol dari 121 penampilan untuk Barcelona. Henry meninggalkan klub pada 2010 dengan bergabung New York Red Bulls.

5 dari 5 halaman

Dani Alves

Dani Alves (c) AFP Dani Alves (c) AFP

Danni Alves dibeli Barcelona pada tahun 2008 dari Sevilla. Transfer pemain asal Brasil itu ke Camp Nou memakan biaya sebesar 35,5 juta euro.

Pembelian Alves terbukti sangat tepat untuk Barcelona. Alves menjelma menjadi salah satu bek kanan terbaik di sepak bola Eropa bersama Blaugrana.

Alves mencatatkan 391 penampilan di semua kompetisi dengan mencetak 21 gol dan 101 assist. Ia juga berhasil mempersembahkan 23 trofi untuk Barca, termasuk 6 gelar La Liga dan 3 Liga Champions.

Sumber: berbagai sumber



KOMENTAR

Editorial Lainnya