BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pemain yang Pernah Membela Porto dan Liverpool, Ada Diogo Jota

28-09-2021 12:23 | Aga Deta

5 Pemain yang Pernah Membela Porto dan Liverpool, Ada Diogo Jota
Penyerang Liverpool Diogo Jota. (c) AP Photo

Bola.net - Porto akan menerima kunjungan Liverpool pada pertandingan fase grup B Liga Champions 2021/2022. Duel tersebut akan berlangsung di Estadio do Dragao, Rabu (29/9/2021) dini hari WIB.

Porto dan Liverpool tercatat sudah delapan kali berjumpa pada kompetisi antarklub Eropa. The Reds sangat mendominasi dengan meraih lima kemenangan dan tiga hasil imbang.

Teraktual, Porto dan Liverpool bertemu pada perempat final Liga Champions 2018/19 lalu. Ketika itu, The Reds berhasil menyingkirkan wakil Portugal tersebut dengan agregat 6-1.

Di balik duel Porto vs Liverpool, ada beberapa pemain yang pernah berseragam kedua klub tersebut. Siapa saja?

Berikut ini adalah lima pemain yang pernah menjadi bagian dari Porto dan Liverpool.

1 dari 5 halaman

Aly Cissokho

Aly Cissokho bergabung dengan Porto pada Januari 2009 dari Vitoria Setubal. Namu, dia hanya bermain selama enam bulan di sana sebelum bergabung dengan Lyon.

Cissokho kemudian dijual ke Valencia tiga tahun kemudian. Namun, dia bek kiri asal Prancis tersebut kesulitan masuk ke tim inti dan dipinjamkan ke Liverpool pada musim 2013/14.

Cissokho gagal menggeser Jon Flanagan di posisi bek kiri. Dia hanya membuat 15 penampilan saat Liverpool finis di urutan kedua pada musim itu.

2 dari 5 halaman

Joao Teixeira

Liverpool mengontrak Joao Teixeira pada Januari 2012 dari Sporting CP. Dia sempat dipinjaman ke Brentford dan Brighton selama terikat kontrak di Anfield.

Pemain asal Portugal itu hanya membuat dua penampilan untuk The Reds. Karena minimnya kesempatan bermain, Teixeira akhirnya hijrah ke Porto pada 2016.

Teixeira hanya membuat beberapa penampilan untuk Porto. Dia sempat dipinjamkan ke Braga sebelum dilepas ke Vitoria Setabul pada 2018 lalu.

3 dari 5 halaman

Raul Meireles

Raul Meireles menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Porto. Dia bergabung dengan klub Portugal tersebut pada tahun 2004.

Meireles bermain selama enam tahun di Porto dan membuat 137 penampilan dengan mencetak 15 gol. Dia juga memenangkan empat gelar liga berturut-turut dari 2005-2009.

Pada Agustus 2010, Meireles memutuskan hengkang ke Liverpool. Dia mencetak lima gol dalam 35 pertandingan liga di Merseyside sebelum pindah ke Chelsea pada musim berikutnya.

4 dari 5 halaman

Marko Grujic

Jorginho berduel dengan Marko Grujic dalam laga Porto vs Chelsea, Kamis (8/4/2021) (c) AP Photo
Jorginho berduel dengan Marko Grujic dalam laga Porto vs Chelsea, Kamis (8/4/2021) (c) AP Photo

Marko Grujic adalah pembelian pertama Jurgen Klopp saat ditunjuk sebagai pelatih Liverpool pada tahun 2016 lalu. Sayangnya, Grujic tidak mendapat kepercayaan dari sang pelatih.

Grujic hanya bisa mencatatkan total 16 penampilan di semua kompetisi untuk Liverpool. Dia justru lebih banyak menghabiskan waktunya di klub lain dengan status pinjaman.

Grujic menjalani masa peminjaman di Porto pada musim lalu. Performanya cukup apik sehingga Porto memutuskan merekrutnya secara permanen.

5 dari 5 halaman

Diogo Jota

Pemain Liverpool, Diogo Jota. (c) AP Photo
Pemain Liverpool, Diogo Jota. (c) AP Photo

Diogo Jota membela Porto pada musim 2016-2017. Ketika itu Jota berseragam Azuis e brancos dengan status pinjaman dari Atletico Madrid.

Setelah namanya berkibar bersama Wolverhampton, Jota dikontrak Liverpool pada tahun 2020. The Reds merekrutnya dengan mahar 44,7 jtua euro.

Kini Jota menjadi pemain andalan di lini depan Liverpool. Pemain Portugal tersebut sudah 16 gol dari 37 penampilan di semua kompetisi untuk The Reds.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya