BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pemain yang Pernah Membela Bayern Munchen dan Borussia Dortmund

02-04-2019 12:47 | Aga Deta

5 Pemain yang Pernah Membela Bayern Munchen dan Borussia Dortmund
Borussia Dortmund vs Bayern Munchen (c) Bundesliga.com

Bola.net - Bola.net - Der Klassiker akan tersaji pada akhir pekan ini. Derby antara raksasa Jerman Bayern Munchen dan Borussia Dortmund akan dimainkan di Allianz Arena pada Sabtu (6/4/19) malam WIB.

Pemenang dari pertandingan tersebut akan mendapat keuntungan yang signifikan untuk menuju gelar liga. Bayern dan Dortmund menang sedang terlibat persaingan ketat untuk meraih gelar Bundesliga musim ini.

Dortmund saat ini bertengger di puncak klasemen Bundesliga setelah mengumpulkan 63. Sementara itu, Bayern menempel ketat di belakangnya dengan terpaut dua poin.

Jika menang, Dortmund akan semakin menjauh dari kejaran Bayern dan punya kans yang besar untuk menjadi juara pada akhir musim. Sebaliknya, Bayern akan menyalip Dortmund jika meraih tiga poin di depan pendukungnya sendiri.

Bayern dan Dortmund memang sudah terlibat persaingan sengit selama bertahun-tahun. Meskipun begitu, tidak sedikit pemain yang pernah bermain untuk kedua klub tersebut dalam sepanjang kariernya.

Berikut ini lima pemain yang pernah membela Bayern Munchen dan Borussia Dortmund seperti dilansir Fox Sports Asia.

1 dari 5 halaman

Michael Rummenigge

Michael Rummenigge (c) Abendzeitung Munchen Michael Rummenigge (c) Abendzeitung Munchen

Michael Rummenigge memulai karirnya pada tahun 1970 sebagai pemain akademi Borussia Lippstadt, sebelum pindah ke Bayern Munchen pada tahun 1981. Satu tahun kemudian, ia berhasil menembus tim utama, mengikuti jejak kakaknya, Karl-Heinz Rummenigge.

Michael bermain untuk tim Bavaria dari 1982 hingga 1988, sebelum pindah ke Borussia Dortmund. Di musim pertamanya bersama klub baru, pemain internasional Jerman Barat itu membantu mereka memenangkan trofi pertama selama lebih dari dua puluh tahun ketika mereka mengangkat DFB Pokal.

Michael bermain untuk Black and Yellows hingga 1993, setelah itu ia terbang ke Asia untuk bermain untuk tim Jepang Urawa Reds.

2 dari 5 halaman

Mario Gotze

Mario Gotze. (c) AFP Mario Gotze. (c) AFP

Nama Mario Gotze tertulis dalam sejarah sepakbola Jerman ketika ia mencetak gol kemenangan di final Piala Dunia 2014. Setahun sebelumnya, Gotze memutuskan pindah ke Bayern Munchen dari klub rival Borussia Dortmund, mengikuti jejak Robert Lewandowski.

Di Bayern, juara Piala Dunia itu bertemu dengan Pep Guardiola, setelah sang pelatih memintanya secara pribadi. Bayern Munchen memecahkan rekor transfer Jerman untuk menebus sang pemain dengan membayar sekitar 37 juta euro.

Namun, transfernya ke Bayern tidak berjalan sesuai yang diharapkan banyak orang, Gotze sering masuk dan keluar dari tim selama tiga musim di Allianz Arena. Alhasil, ia kembali ke mantan klubnya Borussia Dortmund pada tahun 2016 dan sekarang masih berada di sana.

3 dari 5 halaman

Thomas Helmer

Thomas Helmer (c) Bild Thomas Helmer (c) Bild

Borussia Dortmund merekrut Thomas Helmer dari Arminia Bielefeld. Bek tengah itu menandatangani kontrak di Westfalenstadion pada tahun 1986 dan bermain untuk mereka selama enam musim berikutnya.

Penampilan Helmer di Dortmund membuat Bayern Munchen kepincut. Namun, Dortmund tak ingin menjual pemain bintang mereka ke Bayern dan malah melepasnya ke klub Prancis Olympique Lyonnais.

Namun, Helmer kembali ke divisi utama Jerman secara kontroversial tiga bulan kemudian dengan bergabung Bayern Munchen. Tim Bavaria memecahkan rekor transfer klub untuk mendatangkan mantan bintang Dortmund itu dengan biaya yang mencapai 7,5 juta marks.

Helmer akhirnya menjadi kapten raksasa Jerman itu dan juga memenangkan tiga gelar liga, tiga piala domestik, dan satu Piala UEFA.

4 dari 5 halaman

Mats Hummels

Mats Hummels. (c) AFP Mats Hummels. (c) AFP

Hummels menimba ilmu di akademi Bayern selama sebelas tahun (1995-2006). Setelah lebih dari satu dekade di akademi, Hummels menembus ke tim cadangan dan menjadi bagian penting dari skuat selama satu setengah musim. Namun, bek tengah Jerman itu memutuskan untuk meninggalkan Bavaria dengan status pinjaman untuk mendapat kesempatan bermain di tim utama yang lebih baik.

Borussia Dortmund merekrutnya pada Januari 2007, awalnya dengan status pinjaman. Namun demikian, mereka terkesan dengan penampilan sang pemain dan menebusnya secara permanen satu tahun kemudian.

Hummels bermain di Signal Iduna Park selama delapan tahun ke depan, mengangkat gelar liga dua kali. Dia kemudian kembali ke Bayern pada musim panas 2016 dan sudah memenangkan dua gelar Bundesliga.

5 dari 5 halaman

Robert Lewandowski

Robert Lewandowski (c) AFP Robert Lewandowski (c) AFP

Robert Lewandowski sudah dijadwalkan terbang ke Inggris guna membahas transfer dengan Blackburn Rovers. Namun, letusan gunung di Islandia mengacaukan jadwal penerbangan di Eropa dan sang pemain batal terbang.

Lewandowski kemudian bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2010 dengan biaya 4,5 juta euro. Namun, pada awalnya dia belum begitu sukses. Pemain Polandia itu hanya mencetak sembilan gol dalam 43 pertandingan pada musim pertamanya.

Lewandowski akhirnya menunjukkan kemampuannya pada musim-musim berikutnya. Pada 2011/12, dia mencetak 30 gol dalam 47 pertandingan, saat Dortmund mengangkat gelar kedua secara berturut-turut mereka. Setahun kemudian, ia mencetak 36 gol dalam 49 pertandingan, menambah koleksi gol sebelumnya. Musim 2013/14 menjadi musim terakhir Lewandowski di Westfalenstadion dan ia hanya mencetak 28 gol dalam 48 pertandingan.

Setelah menandatangani pra-kontrak dengan Bayern Munchen satu musim sebelumnya, bomber Polandia itu pindah ke Allianz Arena pada awal musim 2014/15. Sejak itu ia sudah mencetak 182 gol dalam 232 pertandingan dengan memenangkan gelar liga selama empat musim sejauh ini.



KOMENTAR

Editorial Lainnya