BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pemain yang Gemar Memberikan Assist untuk Lionel Messi

18-09-2020 14:33 | Aga Deta

5 Pemain yang Gemar Memberikan Assist untuk Lionel Messi
Lionel Messi dan Luis Suarez (c) AFP

Bola.net - Selama 15 tahun berkarier di lapangan hijau, Lionel Messi telah mencetak banyak rekor fantastis. Menariknya rekor-rekor tersebut sepertinya banyak yang tidak mungkin ditiru dalam waktu dekat.

Kapten Barcelona ini adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa di La Liga (444). Dia juga mencatatkan assist paling banyak di kompetisi (201).

Messi juga satu-satunya pemain yang memiliki enam trofi Ballon d'Or. Ia mengungguli Ronaldo dengan selisih satu penghargaan.

Kehebatan Messi di lapangan sudah tidak perlu diragukan La Pulga. Messi kerap menunjukkan skill individu yang mengundang decak kagum hampir di setiap pertandingan.

Namun, kecemerlangan Messi juga tidak akan muncul tanpa bantuan rekan setimnya. La Pulga tentu membutuhkan suplai-suplai umpan berkualitas untuk menjebol gawang lawan.

Berikut ini lima pemain yang gemar menyediakan assist untuk Lionel Messi seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 5 halaman

Xavi Hernandez

Xavi (c) FCB Xavi (c) FCB

Xavi bermain dengan Messi sejak pemain Argentina itu membuatnya debutnya di Barcelona pada 2004. Mereka berdua mempunyai koneksi yang bagus di lapangan Barcelona bermain dengan filosofi tiki taka di bawah Josep Guardiola.

Kemitraan antara Xavi dan Messi terus terjalin lama setelah kepergian Guardiola. Xavi mampu menjadi pengumpan yang baik untuk Messi di Barcelona.

Total 35 assist yang diberikan Xavi kepada Messi. Xavi meninggalkan Barcelona pada 2015 dan sekarang menjadi pelatih Al Sadd.

2 dari 5 halaman

Neymar

Neymar. (c) AFP Neymar. (c) AFP

Neymar pernah menjadi bagian dari Barcelona selama empat tahun. Ia membentuk trisula maut di Barca bersama Lionel Messi dan Luis Suarez.

Neymar juga turut andil dalam gol yang dicetak Messi. Pemain Brasil itu total memberikan 36 assist untuk Messi selama berkiprah di Barcelona.

Mantan pemain Santos itu memutuskan berpisah dengan Messi pada tahun 2017. Ia kala itu menerima pinangan raksasa Prancis PSG.

3 dari 5 halaman

Dani Alves

Dani Alves (c) AFP Dani Alves (c) AFP

Dani Alves dikenal sebagai salah satu bek kanan terbaik di dunia. Ia pernah memperkuat Barcelona selama delapan tahun.

Selama di Camp Nou, Dani Alves ternyata mampu menyediakan banyak assist untuk Messi. Pemain Brasil itu total memberikan 43 umpan yang berujung gol untuk La Pulga.

Dani Alves memutuskan hengkang dari Barcelona pada tahun 2016. Ia sempat memperkuat Juventus dan PSG sebelum kembali ke negaranya bersama Sao Paulo.

4 dari 5 halaman

Andres Iniesta

Andres Iniesta. (c) AFP Andres Iniesta. (c) AFP

Andres Iniesta merupakan pemain didikan akademi Barcelona. Ia termasuk salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Barcelona setelah Xavi.

Seperti halnya Xavi, Iniesta juga menjadi pengumpan yang baik untuk Messi di Barcelona. Total ada 44 assist yang diberikan Iniesta kepada kapten timnas Argentina tersebut.

Iniesta dan Messi secara keseuluruhan memenangkan 32 trofi bersama-sama. Itu termasuk sembilan gelar La Liga dan empat Liga Champions.

5 dari 5 halaman

Luis Suarez

Luis Suarez, Barcelona (c) AP Photo Luis Suarez, Barcelona (c) AP Photo

Luis Suarez, bersama dengan Neymar dan Lionel Messi, membentuk salah satu dari trio penyerang paling ditakuti dalam sejarah sepak bola di Barcelona. Sayangnya, trio tersebut pecah setelah Neymar hengkang pada tahun 2017.

Meski trio MSN sudah tidak ada lagi, Suarez masih tetap memberikan kontribusi yang besar untuk Messi. Bomber Uruguay itu sudah menyediakan 54 assist untuk Messi.

Kini masa depan Suarez di Camp Nou sedang tidak pasti. Ia kabarnya bisa meninggalkan klub dalam waktu dekat setelah tidak masuk dalam rencana Ronald Koeman.

Sumber: Sportskeeda



KOMENTAR

Editorial Lainnya