BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Harry Maguire Sebagai Kapten MU

24-01-2022 15:18 | Aga Deta

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Harry Maguire Sebagai Kapten MU
Bek Manchester United, Harry Maguire. (c) AP Photo

Bola.net - Ada banyak sorotan tajam yang mengarah kepada Harry Maguire. Pemain asal Inggris tersebut dianggap tidak cocok untuk menjadi kapten Manchester United.

Maguire dibeli dari Leicester City dengan mahar yang mencapai 80 juta pounds pada tahun 2019 silam. Dia pun menjadi bek tengah termahal di dunia kala itu.

Sayangnya Maguire tak bisa memenuhi ekspektasi fans Man United. Pemain berusia 28 tahun tersebut akhirnya kerap mendapat cemoohan dari pendukung Setan Merah.

Kini masa depannya di MU mulai dipertanyakan. Sebab Ralf Rangnick dikabarkan menyebut Maguire sebagai salah satu dari tiga bek yang harus digantikan di Old Trafford.

Apabila ban kapten harus dicabut dari lengan Maguire, lalu siapa yang pantas untuk menggantikannya? Berikut ini nama-namanya.

1 dari 5 halaman

Marcus Rashford

Marcus Rashford pada laga pekan ke-15 Premier League musim 2021/2022 (c) AP Photo
Marcus Rashford pada laga pekan ke-15 Premier League musim 2021/2022 (c) AP Photo

Mengenakan ban kapten bukan barang baru buat Marcus Rashford. Dia pernah dipercaya menjadi kapten Manchester United dalam pertandingan melawan RB Leipzig di Liga Champions pada 2020.

Tak hanya itu, Rashford juga pernah menjadi kapten timnas Inggris dalam laga uji coba melawan Rumania sebelum Euro 2020. Ketika itu, dia membantu The Three Lions menang dengan skor 1-0.

Mantan gelandang Manchester United Owen Hargreaves meyakini Rashford mampu menggantikan Harry Maguire sebagai kapten Setan Merah. "Saya suka melihat bagaimana ia memperhatikan rekan setimnya," ujar Hargreaves kepada BT Sports.

"Dia memberikan penalti itu kepada Martial, dan Marcus tahu bahwa ia akan mendapatkan golnya lagi. Jika saya menjadi rekan setimnya, saya akan senang akan apa yang ia lakukan itu.

"Saya rasa ia layak menjadi kapten tim ini, karena ia memikirkan pemain lain, bukan hanya dirinya sendiri. Saya senang akan hal itu, karena generasi ini tidak individualistis."

2 dari 5 halaman

Scott McTominay

Scott McTominay merayakan golnya ke gawang Aston Villa, Selasa (11/1/2021) (c) MUFC Official
Scott McTominay merayakan golnya ke gawang Aston Villa, Selasa (11/1/2021) (c) MUFC Official

Scott McTominay adalah pemain muda yang berasal dari akademi Manchester United. Pemain asal Skotlandia tersebut sudah dipercaya untuk tampil reguler di lini tengah Setan Merah.

Tahun lalu, McTominay mendapat kepercayaan untuk menjadi kapten Setan Merah dalam pertandingan FA Cup melawan Watford. Dia membantu timnya menang 1-0 di Old Trafford.

Usai laga melawan Aston Villa di FA Cup pada bulan ini, manajer interim MU Ralf Rangnick mengatakan bahwa McTominay punya kapasitas untuk menyandang ban kapten pada masa depan.

"Saya tidak akan terkejut jika dalam beberapa tahun dia akan menjadi kapten Manchester United," kata Rangnick kepada BBC Sport.

3 dari 5 halaman

David de Gea

Kiper Manchester United David de Gea. (c) AP Photo
Kiper Manchester United David de Gea. (c) AP Photo

David de Gea sudah satu dekade berseragam Manchester United. Kiper asal Spanyol tersebut merupakan sosok yang sangat berpengalaman di bawah mistar gawang.

De Gea sudah pernah menjadi kapten Setan Merah dalam sejumlah pertandingan. Mantan pemain Atletico Madrid itu mengaku sangat senang bisa menjadi pemimpin tim setelah menyetujui kontrak baru berdurasi enam tahun di Old Trafford pada 2019.

"Saya telah menjadi kapten untuk beberapa pertandingan. Tentu saja, luar biasa menjadi kapten klub seperti Manchester United dan mempertahankan logo ini. Luar biasa, jadi tentu saja, saya akan sangat, sangat senang menjadi kapten," kata De Gea.

4 dari 5 halaman

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes saat beraksi di laga Manchester United vs Atalanta di matchday ketiga Grup F Liga Champions 2021-22 di Old Trafford, Kamis (21/10/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo
Bruno Fernandes saat beraksi di laga Manchester United vs Atalanta di matchday ketiga Grup F Liga Champions 2021-22 di Old Trafford, Kamis (21/10/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bruno Fernandes menjadi pemain paling menonjol di Manchester United sejak didatangkan dari Sporting CP. Gelandang berusia 27 tahun tersebut mampu mengangkat performa MU.

Sebagai pemain, Fernandes juga kerap menunjukkan kepemimpinan di lapangan. Tidak mengherankan kalau Fernandes pernah mengenakan ban kapten MU dalam sejumlah pertandingan.

Di bawah Ralf Rangnick, Fernandes dipercaya menjadi pemimpin Setan Merah saat melawan Aston Villa dan Brentford. Fernandes sebelumnya merupakan kapten Sporting sebelum datang ke Old Trafford.

5 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo

Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo
Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo dikenal sebagai pemain yang memiliki mental yang sangat tangguh. Hal mengantarkannya menjadi salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa.

Soal pengalaman kepemimpinan, Ronaldo tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Sebab, bintang berusia 26 tahun tersebut juga menjadi kapten di tim nasional Portugal.

Pada musim ini, Ronaldo juga mendapat kepercayaan dari Ralf Rangnick untuk menjabat kapten Setan Merah selama Harry Maguire absen. Dia merupakan pemain yang cukup berpengaruh di ruang ganti.

Sumber: Sportskeeda

KOMENTAR

Editorial Lainnya