BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pemain Tertua di Skuad Barcelona 2020/2021, Ada Messi Lho!

09-10-2020 16:30 | Aga Deta

5 Pemain Tertua di Skuad Barcelona 2020/2021, Ada Messi Lho!
Lionel Messi jelang pertandingan melawan Bayern Munchen di perempat final Liga Champions 2019-2020. (c) AP Photo

Bola.net - Kedatangan Ronald Koeman membawa perubahan besar di Barcelona. Pelatih asal Belanda itu sudah merombak skuadnya secara besar-besaran pada musim panas ini.

Koeman datang ke Barcelona untuk menggantikan Quique Setien yang dipecat. Mantan pelatih Valencia itu sampai meninggalkan Timnas Belanda untuk menukangi Barca.

Setelah datang ke Camp Nou, Koeman langsung mendepak sejumlah pemain tua. Dia ingin melakukan regenerasi karena sejumlah pemain utama Barcelona sudah dimakan usia dan rentan cedera.

Beberapa pemain tua terlihat sudah meninggalkan Barcelona pada bursa transfer musim panas ini. Mereka adalah Ivan Rakitic, Luis Suarez dan juga Arturo Vidal.

Sebagai gantinya, Koeman menyuntikkan darah muda ke skuad Barcelona. Pemain-pemain muda yang berhasil didatangkan Barca antara lain Trincao, Pedri dan juga Sergino Dest.

Meski begitu, tidak semua pemain tua tersingkir dari skuad Barcelona. Klub yang berdiri tahun 1899 itu masih memiliki pemain gaek di skuat utamanya.

Siapa saja pemain-pemain tua yang tersisa di skuad Barcelona. Berikut ini lima di antaranya.

1 dari 5 halaman

Neto

Kiper Barcelona, Neto Murara (c) FCB
Kiper Barcelona, Neto Murara (c) FCB

Neto baru bergabung dengan Barcelona pada musim 2019/2020. Pemain asal Brasil itu tiba di Camp Nou dengan bertukar tempat dengan Jasper Cillessen.

Setelah datang ke Barcelona, Neto tak pernah menjadi kiper pilihan utama. Pemain berusia 31 tahun itu harus puas menjadi pelapis Marc-Andre Ter Stegen.

Neto terikat kontrak dengan Barcelona sampai 2023 mendatang. Ia sampai sejauh ini baru tampil dalam delapan pertandingan di semua ajang.

2 dari 5 halaman

Jordi Alba

Jordi Alba. (c) AP
Jordi Alba. (c) AP

Jordi Alba merupakan pemain didikan akademi Barcelona. Namun, nama Alba mulai mencuri perhatian ketika bermain untuk Valencia.

Barcelona kemudian memulangkan Alba ke Camp Nou pada tahun 2012. Sejak saat itu, Alba selalu menjadi pilihan utama di sektor bek kiri Blaugrana.

Alba bisa dibilang menikmati karier yang sukses bersama Barcelona. Pemain berusia 31 tahun itu sudah memenangkan banyak gelar termasuk lima gelar La Liga dan satu trofi Liga Champions.

3 dari 5 halaman

Sergio Busquets

Sergio Busquets (kiri) dalam pertandingan melawan Bayern Munchen. (c) AP Photo
Sergio Busquets (kiri) dalam pertandingan melawan Bayern Munchen. (c) AP Photo

Sergio Busquets merupakan pemain jebolan akademi La Masia atau akademi Barcelona. Sang gelandang menembus tim utama Blaugrana pada tahun 2008.

Busquets kemudian berhasil menjelma menjadi salah satu gelandang terbaik di Eropa. Kariernya di Camp Nou bisa dibilang sangat sukses.

Pemain yang kini berusia 32 tahun itu sudah mencatatkan 582 penampilan di semua kompetisi untuk Blaugrana. Dari jumlah itu, Busquets berhasil mencetak 15 gol dan 36 assist.

4 dari 5 halaman

Lionel Messi

Aksi Lionel Messi pada laga melawan Celta Vigo di pekan keempat La Liga 2020/2021 (c) AP Photo
Aksi Lionel Messi pada laga melawan Celta Vigo di pekan keempat La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Lionel Messi merupakan kapten Barcelona. Bintang Argentina itu baru saja membuat heboh karena ingin meninggalkan Camp Nou pada musim panas.

Namun, kepindahan La Pulga pada akhirnya tidak terjadi. Messi tetap bertahan di Barcelona dan menjadi pemain penting di Barcelona di bawah asuhan Ronald Koeman.

Messi sudah berada di Barcelona sejak tahun 2000 saat berusia 13 tahun. Raksasa Spanyol itu pasti akan kesulitan menemukan pengganti bintang berusia 33 tahun tersebut.

5 dari 5 halaman

Gerard Pique

Gerard Pique (c) AP Photo
Gerard Pique (c) AP Photo

Gerard Pique merupakan pemain paling tua di skuad utama Barcelona. Bek asal Spanyol itu saat ini menginjak usia 33 tahun.

Pique adalah produk asli akademi Barcelona, La Masia. Namun, sang pemain memutuskan hijrah ke Manchester United pada tahun 2004.

Setelah kesulitan di Inggris, Pique akhirnya kembali ke Barcelona pada 2008. Itu merupakan keputusan yang tepat karena Pique kemudian menjadi salah satu pemain penting di Camp Nou.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR

Editorial Lainnya