BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pemain Termahal Yang Berusia di Atas 30 Tahun

19-09-2017 15:58 | Aga Deta

5 Pemain Termahal Yang Berusia di Atas 30 Tahun
Diego Milito (c) AFP

Bola.net - Bola.net - Terkadang, dalam sepakbola, usia hanyalah sebuah angka. Banyak pemain yang masih mampu tampil prima meski usianya sudah menginjak kepala tiga.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menarik minat banyak klub besar. Alhasil, meski sudah berusia di atas 30 tahun, klub-klub besar tetap bersedia merekrut mereka dengan harga mahal.

Siapa sajakah pesepakbola yang dimaksud? Berikut ini daftarnya seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 5 halaman

Claude Makelele


Claude Makelele


Dari: Real Madrid

Ke: Chelsea

Tahun: 2003

Biaya: 16 juta pounds

Real Madrid secara mengejutkan menjual Claude Makelele ke Chelsea pada tahun 2003. Gelandang Prancis itu sebelumnya merupakan pemain penting Los Blancos sehingga kepergiannya membuat klub kesulitan meraih prestasi.

Sementara itu, Kehadiran Makelele yang sudah menginjak 30 tahun mampu mengubah nasib klub dengan menjuarai Premier League pada musim 2004/05. Itu merupakan gelar liga pertama di bawah asuhan Jose Mourinho.

Makelele kembali memenangkan gelar Premier League pada musim berikutnya. Ia meninggalkan The Blues pada tahun 2008 dan sekaligus merevolusi posisi gelandang bertahan di Premier League.
2 dari 5 halaman

Claudio Bravo


Claudio Bravo


Dari: Barcelona

Ke: Manchester City

Tahun: 2016

Biaya: 16 juta pounds

Salah satu keputusan kontroversial Josep Guardiola setelah diangkat menjadi manajer Manchester City adalah mendepak Joe Hart. Padahal kiper asal Inggris itu sebelumnya merupakan pilihan utama di klub selama bertahun-tahun.

Guardiola kemudian mengeluarkan 16 juta pounds untuk Claudio Bravo yang sudah berusia 33 tahun. Pemain Chile itu diharapkan bisa menampilkan permainan yang solid setelah meraih kesuksesan bersama Barcelona.

Namun, penampilan Bravo justru mengecewakan dan setelah melakukan serangakaian kesalahan, posisinya digantikan oleh Willy Caballero. Bravo semakin tersingkir setelah City mendatangkan Ederson dari Benfica pada musim panas.
3 dari 5 halaman

Samuel Eto'o


Samuel Eto'o


Dari: Inter Milan

Ke: Anzhi Makhachkala

Tahun: 2011

Biaya: 22 juta pounds

Klub Rusia, Anzhi Makhachkala, menjadi klub kaya baru setelah dibeli oleh pengusaha Suleyman Kerimov pada 17 januari 2011. Dengan dana yang kuat, Anzhi melakukan belanja besar-besaran termasuk merekrut Samuel Eto'o dari Inter Milan.

Keputusan yang diambil Eto'o memang sedikit aneh tapi kemudian diketahui kalau pemain Kamerun itu mendapat gaji paling besar di sana. Eto'o sendiri yang saat itu berusia 30 tahun mampu menampilkan performa yang mengesankan.

Eto'o mampu mencetak 13 gol dari 23 penampilan pada musim pertamanya dan kemudian mengemas 21 gol dari 44 pertandingan pada musim berikutnya. Eto'o tak bertahan lama di Rusia dan kemudian dilepas ke Chelsea untuk bereuni kembali dengan Jose Mourinho.
4 dari 5 halaman

Gabriel Batistuta


Gabriel Batistuta


Dari: Fiorentina

Ke: AS Roma

Tahun: 2000

Biaya: 23,5 juta pounds

Dianggap sebagai salah satu striker terbaik sepanjang masa, Gabriel Batistuta mencetak banyak gol di Serie A bersama Fiorentina. Namun, meski penampilannya sangat tajam, ia tidak mampu mengantarkan Fiorentina meraih Scudetto.

Batistuta akhirnya meninggalkan Fiorentina saat AS Roma menebus pemain yang saat itu berusia 31 tahun itu dengan biaya 23,5 juta pounds pada tahun 2000. Batistuta kemudian mampu meraih kesuksesan bersama Tim Ibukota.

Bomber Argentina itu mencetak 21 gol dari 31 penampilan untuk klub barunya dan mengantarkan Roma meraih Scudetto. Setelah penampilannya menurun, Batistuta sempat dipinjamkan ke Inter Milan sebelum bergabung Al-Arabi.
5 dari 5 halaman

Diego Milito


Diego Milito


Dari: Genoa

Ke: Inter Milan

Tahun: 2009

Biaya: 24,7 juta pounds

Inter Milan merekrut Diego Milito pada tahun 2009 setelah mereka melepas striker Zlatan Ibrahimovic. Dengan biaya yang hampir mencapai 25 juta pounds, kedatangan Milito sempat dipertanyakan.

Namun, fans Inter langsung bisa melupakan Ibrahimovic setelah Milito mencetak 30 gol dari 52 penampilan untuk klub. Termasuk dua gol bersejarahnya dalam final Liga Champions untuk menutup musim dengan raihan treble.

Inter berhasil memenangkan tiga gelar dalam satu musim sebagian besar berkat ketajaman yang ditunjukkan Milito. Pemain Argentina itu juga mendapatkan berbagai macam penghargaan individu setelah tampil cemerlang sepanjang musim 2009/10.


KOMENTAR

Editorial Lainnya