BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pemain Terbaik yang Pernah Bermain di El Clasico: Termasuk Messi & Ronaldo

22-10-2021 12:21 | Aga Deta

5 Pemain Terbaik yang Pernah Bermain di El Clasico: Termasuk Messi & Ronaldo
Reuni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada duel Barcelona vs Juventus, Liga Champions 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona akan menerima kunjungan Real Madrid dalam lanjutan La Liga pada akhir pekan ini. Duel panas bertajuk El Clasico ini akan berlangsung di Camp Nou, Minggu (24/10/2021) malam WIB.

Real Madrid dan Barcelona adalah dua tim terbaik di Spanyol. Tak heran, kedua kesebelasan selalu diperkuat pemain-pemain terbaik dunia.

Selama bertahun-tahun, El Clasico selalu menyuguhkan perang bintang di atas lapangan. Bahkan, 11 pemenang Ballon d’Or terakhir dimenangi oleh pemain kedua tim.

Dalam sejarahnya, sejumlah nama besar pernah terlibat dalam panasnya El Clasico. Berikut ini adalah lima pemain terbaik yang pernah tampil di El Clasico:

1 dari 5 halaman

Lionel Messi

Selebrasi Lionel Messi setelah menjebol gawang Getafe, Jumat (23/4/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo
Selebrasi Lionel Messi setelah menjebol gawang Getafe, Jumat (23/4/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Tak ada keraguan bahwa Messi adalah pemain terbaik dalam sejarah. Pemain Argentina ini adalah top skorer El Clásico dengan 26 gol dari 45 penampilan.

Sebagian besar golnya (15 dari 26) dicetak di Stadion Santiago Bernabeu, menjadikan catatan ini semakin spesial.

2 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo. (c) AFP
Cristiano Ronaldo. (c) AFP

Cristiano Ronaldo adalah lawan sepadan bagi Messi. Penyerang Portugal ini menjalani periode terbaiknya di Real Madrid, dan menjadi bintang El Clasico dari tahun 2009 hingga 2018.

Siapa yang dapat melupakan sundulannya untuk membawa Real Madrid menjuarai Copa del Rey 2011? Atau golnya di Camp Nou pada musim 2011/12 yang memastikan gelar LaLiga bagi Real Madrid? Secara keseluruhan, ia mencetak 18 gol dari 30 penampilan ElClásico.

3 dari 5 halaman

Alfredo di Stefano

Alfredo Di Stefano (c) AFP
Alfredo Di Stefano (c) AFP

Sebelum Messi dan Ronaldo hadir untuk memecahkan segala rekor yang ada, top skorer pertandingan ini adalah legenda Real Madrid, Alfredo di Stefano.

Setelah secara mengejutkan pindah ke Real Madrid dibanding Barcelona pada tahun 1953, di Stefano menjalani El Clasico pertamanya dengan dua gol dalam kemenangan 5-0 Real Madrid atas Barca. Ia juga mencetak gol dalam kemenangan 4-0 di tahun 1963.

4 dari 5 halaman

Luis Figo

Luis Figo (c) AFP
Luis Figo (c) AFP

Tidak banyak pemain yang membela kedua tim ini dalam karirnya, namun Luís Figo adalah salah satunya, dalam kepindahan kontroversial di tahun 2000.

Setelah bermain di 13 El Clasico dan mencetak tiga gol untuk Barcelona di tahun 1995-2000, ia pindah ke ibukota dan bermain di 10 El Clasico bersama Los Blancos. Hingga saat ini ia masih menjadi sosok ikonik dalam rivalitas kedua tim.

5 dari 5 halaman

Sergio Ramos

Sergio Ramos dalam laga Chelsea vs Real Madrid, Kamis (6/5/2021) (c) AP Photo
Sergio Ramos dalam laga Chelsea vs Real Madrid, Kamis (6/5/2021) (c) AP Photo

Kapten Real Madrid saat ini memegang rekor penampilan terbanyak di El Clasico (43 pertandingan), mengungguli sosok-sosok seperti Manuel Sanchis, Paco Gento, Xavi Hernandez, dan Lionel Messi.

Walaupun ia seorang pemain bertahan, Ramos juga mahir mencetak gol, dengan catatan lima gol. Ia juga mendapat kartu merah sebanyak lima kali dalam pertandingan ini.

Sumber: La Liga

KOMENTAR

Editorial Lainnya