5 Pemain Terbaik Barcelona yang Didatangkan dari Premier League

Aga Deta | 4 Januari 2022, 16:53
Pemain Barcelona Ferran Torres. (c) FC Barcelona
Pemain Barcelona Ferran Torres. (c) FC Barcelona

Bola.net - Barcelona sangat sering mendatangkan pemain yang berasal dari Premier League. Yang terbaru adalah Ferran Torres.


Torres baru saja didatangkan oleh Barcelona dari Manchester City. Pemain internasional Spanyol tersebut ditebus dengan biaya yang mencapai 55 juta euro.

Pemain berusia 21 tahun tersebut sudah menandatangani kontrak hingga 2027. Torres juga memiliki klausul pelepasan sebesar 1 miliar euro.

Di Camp Nou, Torres bakal menajamkan lini serang Barcelona. Dia diproyeksikan untuk menggantikan Sergio Aguero yang pensiun karena masalah jantung.

Sebelum Torres, Barcelona banyak merekrut pemain dari Premier League. Beberapa di antaranya bahkan bisa sukses selama mengenakan seragam Blaugrana.

Berikut ini lima rekrutan terbaik Barcelona yang diboyong dari Premier League.

1 dari 5 halaman

Giovanni van Bronckhorst

Giovanni Van Bronckhorst (c) AFP

Barcelona awalnya mendatangkan Giovanni van Bronckhorst dengan status pinjaman dari Arsenal pada tahun 2003. Namun, raksasa Spanyol tersebut pada akhirnya memutuskan untuk mempermanenkan sang pemain.

Van Bronckhorst sebelumnya bermain sebagai gelandang. Namun dia kemudian bergeser menjadi seorang bek kiri setelah bermain bersama Barcelona.

Mantan pemain Rangers tersebut menghabiskan empat tahun bersama Barcelona. Dia memenangi dua gelar La Liga dan Liga Champions sebelum hengkang ke Feyenoord pada 2007.

2 dari 5 halaman

Thierry Henry

Thierry Henry (c) AFP

Thierry Henry berhasil membawa Arsenal mencapai puncak kejayaannya. Penyerang asal Prancis ini kemudian memutuskan untuk pindah ke Barcelona pada musim panas 2007.

Di Barcelona, Henry membuat trio mematikan bersama Lionel Messi dan Samuel Eto'o. Kolaborasi ketiganya membantu Blaugrana meraih treble winners pada 2009.

Henry tercatat menghabiskan tiga musim di Camp Nou. Dia mencetak 49 gol dari 121 penampilan sebelum hengkang ke MLS untuk membela New York Red Bulls.

3 dari 5 halaman

Gerard Pique

Selebrasi Gerard Pique setelah membobol gawang Dynamo Kiev di penyisihan grup Liga Champions 2021. (c) AP Photo

Gerard Pique merupakan produk asli La Masia. Namun, pemain belakang asal Spanyol tersebut kemudian hengkang ke Manchester United pada 2004.

Karena tak punya tempat di Old Traffrod, Pique akhirnya kembali ke Barcelona pada 2008. Tak butuh waktu lama, dia langsung menjadi pemain penting di barisan pertahanan Barcelona.

Hingga kini Pique telah memainkan 587 pertandingan di semua kompetisi bersama Barcelona. Dia mengoleksi lebih dari 30 trofi termasuk 8 gelar La Liga dan 3 trofi Liga Champions.

4 dari 5 halaman

Javier Mascherano

Javier Mascherano (c) AFP

Barcelona mendatangkan Javier Mascherano dari Liverpool pada 2010. Mascherano kemudian menjelma menjadi pemain penting di barisan pertahanan Blaugrana.

Pemain asal Argentina tersebut awalnya merupakan seorang gelandang bertahan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Mascherano lebih sering dimainkan di posisi bek tengah.

Mascherano tercatat memainkan 334 pertandingan dengan mencetak satu gol selama delapan musim di Camp Nou. Mantan pemain West Ham tersebut memenangkan 19 trofi bersama Blaugrana.

5 dari 5 halaman

Luis Suarez

Luis Suarez (c) AP Photo

Lusi Suarez dibeli Barcelona dari Liverpool pada 2014. Penyerang asal Uruguay tersebut didatangkan ke Camp Nou dengan biaya yang mencapai 81,7 juta euro.

Setelah digaet dengan biaya yang cukup mahal, Suarez mampu menunjukkan ketajamannya di Spanyol. Bersama Lionel Messi dan Neymar, Suarez membentuk trio MSN yang sangat spektakuler.

Suarez berhasil mencetak 195 gol dan 113 assist dari 283 pertandingan di semua ajang. Dia juga berhasil memenangkan sejumlah gelar bergengsi, termasuk treble winners pada tahun 2015.

Sumber: Berbagai sumber

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR