BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pemain Prancis Termahal yang Dibeli Manchester City, Nomor 3 Baru Pensiun

28-09-2021 15:42 |

5 Pemain Prancis Termahal yang Dibeli Manchester City, Nomor 3 Baru Pensiun
Etihad Stadium, kandang Manchester City. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City merupakan salah satu klub besar di Inggris. Klub berjuluk The Citizens itu mampu mendominasi kompetisi Premier League selama satu dekade terakhir.

Sebagai klub besar, Man City punya banyak pemain berkualitas di skuatnya. Mereka terus mendatangkan pemain-pemain berkualitas agar bisa meraih juara.

Selama bertahun-tahun, The Citizens juga dikenal sebagai klub yang gemar merekrut pemain-pemain asing. Salah satunya yang berasal dari negara Prancis.

Sampai sejauh ini ada 17 Prancis yang pernah bermain untuk Mancehster City. Beberapa di antaranya bahkan memakan biaya transfer cukup besar.

Berikut ini lima pemain Prancis termahal yang pernah dibeli Manchester City sejauh ini.

1 dari 5 halaman

Gael Clichy

Setelah delapan musim membela Arsenal, Gael Clichy memutuskan pindah ke Manchester City pada tahun 2011. Kepindahan sang bek kiri ke Etihad Stadium menelan biaya sebesar 7,75 juta euro.

Selama enam musim berseragam Man City, Clichy mampu meraih kesuksesan. Dia berhasil mempersembahkan dua gelar Premier League dan sejumlah trofi lainnya.

Clichy tercatat bermain sebanyak 203 pertandingan untuk Man City. Mantan pemain Istanbul Basaksehir tersebut juga mampu mencetak tiga gol dan 14 assist dari penampilannya tersebut.

2 dari 5 halaman

Nicolas Anelka

Nicolas Anelka (c) AFP
Nicolas Anelka (c) AFP

Nicolas Anelka datang ke Manchester City pada tahun 2002. Ketika itu sang pemain ditebus The Citizens dari raksasa Prancis PSG seharga 15 juta euro.

Anelka berseragam Man City selama tiga musim. Semasa membela The Citizens, Anelka tampil pada 103 laga kompetitif dan mencetak 45 gol.

Sayangnya, Anelka gagal memenangkan gelar selama berada di Etihad Stadium. Dia meninggalkan Man City pada tahun 2005 dan bergabung dengan Fenerbahce.

3 dari 5 halaman

Samir Nasri

Samir Nasri (c) AFP
Samir Nasri (c) AFP

Samir Nasri mengawali karier profesionalnya di Inggris bersama Arsenal. Nasri mencatatkan 125 pertandingan dengan torehan 27 gol selama tiga musim bermain di Emirates Stadium.

Pada musim panas 2011, Nasri secara mengejutkan memutuskan hengkang ke Manchester City. The Citizens membayar 27,5 juta Euro untuk memboyong gelandang serang asal Prancis tersebut.

Nasri mencatatkan 176 pertandingan dan mencetak 27 gol untuk Man City. Mantan pemain Marseille itu juga membantu klub meraih dua gelar Premier League. Nasri baru-baru ini memutuskan untuk pensiun dari sepak bola.

4 dari 5 halaman

Eliaquim Mangala

Eliaquim Mangala (c) AFP
Eliaquim Mangala (c) AFP

Eliaquim Mangala tampil solid ketika membela Porto. Dia mampu membawa timnya meraih dua gelar Liga Portugal secara beruntun.

Penampilan Mangala itu menarik minat Manchester City. Pemain belakang asal Prancis itu pun akhirnya datang ke Etihad pada tahun 2014 dengan mahar 45,5 juta euro.

Sayangnya, Mangala gagal menyesuaikan diri dengan gaya permainan Premier League. Sempat dipinjamkan ke Valencia dan Everton, Mangala akhirnya dijual permanen ke Valencia pada tahun 2019.

5 dari 5 halaman

Benjamin Mendy

Aksi Benjamin Mendy saat lawan Liverpool. (c) AP Photo
Aksi Benjamin Mendy saat lawan Liverpool. (c) AP Photo

Benjamin Mendy tiba dengan bayaran besar pada tahun 2017. Saat itu Manchester City menghabiskan 57,5 juta euro untuk memboyong Mendy dari AS Monaco.

Pemain Prancis itu menampilkan beberapa penampilan luar biasa untuk AS Monaco. Namun, karier Mendy di Etihad Stadium sering diganggu cedera.

Alhasil, Mendy kini tersingkir dari skuat utama Manchester City. Sampai sejauh ini Mendy sudah mencatatkan 75 penampilan di semua kompetisi untuk klub.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya