5 Pemain Naturalisasi Jepang yang Pernah Tampil di Piala Dunia

Aga Deta | 1 Desember 2022, 15:57
5 Pemain Naturalisasi Jepang yang Pernah Tampil di Piala Dunia
Piala Dunia 2022: Timnas Jepang (c) AP Photo/Luca Bruno

Bola.net - Jepang merupakan salah satu negara peserta Piala Dunia 2022. Tim asuhan Hajime Moriyasu itu memiliki banyak pemain berkualitas di skuadnya.

Dari 26 pemain yang panggil ke Qatar, mayoritas bermain di kompetisi Eropa. Sementara hanya lima pemain yang bermain di Liga Jepang.

Selain pemain lokal, Jepang ternyata juga terbuka untuk pemain naturalisasi. Sebagai contoh adalah Daniel Schmidt.

Scmhidt merupakan pemain yang lahir di Amerika Serikat. Dia merupakan satu di antara tiga kiper yang dibawa Jepang ke Qatar.

Namun, Schmidt bukanlah satu-satunya pemain naturalisasi yang menjadi bagian skuad Jepang di Piala Dunia. Siapa saja pemain lainnya?

Berikut lima pemain naturalisasi Jepang yang pernah tampil di Piala Dunia.

1 dari 5 halaman

1. Daniel Schmidt

Daniel Schmidt lahir di Amerika Serikat pada 3 Februari 1993. Schmidt bisa membela Jepang karena darah sang ibu.

Schimdt saat ini bermain di Liga Belgia bersama Sint-Trudent. Dia pertama kali mencatatkan debut bersama Tim Samurai Biru pada 16 November 2018 dan memiliki 11 caps.

Pada Piala Dunia 2022, Schmidt hanya berposisi sebagai kiper cadangan. Sebab, saat ini masih ada Shuichi Gonda yang menjadi kiper utama Jepang.

2 dari 5 halaman

2. Gotoku Sakai

Gotoku Sakai merupakan salah satu pemain naturalisasi Jepang yang bermain di Piala Dunia. Lahir di Amerika Serikat, Sakai mempunyai darah Jerman dari ibunya dan darah Jepang dari ayahnya.

Sakai pertama kali memulai kariernya di Jepang, Albirex Niigata. Selanjutnya, dia pernah memperkuat klub Eropa seperti Stuttgart dan Hamburger SV.

Bersama Jepang, Sakai memainkan 42 pertandingan, termasuk pada Piala Dunia 2014 dan 2018. Pemain yang berposisi sebagai fullback itu saat ini masih aktif bermain bersama Vissel Kobe.

3 dari 5 halaman

3. Marcus Tulio Tanaka

Marcus Tulio Tanaka lahir di Brasil. Ibunya merupakan keturunan Brasil-Italia, tapi ayahnya merupakan generasi kedua imigran Jepang di Brasil.

Tanaka berposisi sebagai bek tengah. Dia menghabiskan karier sepak bolanya secara keseluruhan di J.League, termasuk memperkuat Urawa Reds Diamonds dan Nagoya Grampus dan Kyoto Sanga.

Di level internasional, Tanaka masuk skuad Jepang pada Piala Dunia 2010. Sejak debut pada 9 Agustus 2006, Tanaka mencatatkan 42 caps bagi Tim Samurai Biru di semua kompetisi.

4 dari 5 halaman

4. Alessandro Dos Santos

Alessandro Dos Santos atau biasa dipanggil Alex lahir di Maringa, Brasil pada 20 Juli 1977. Dia pindah ke Jepang di tahun 1994 pada usia 16 tahun.

Setelah lulus sekolah menengah, Alex bergabung dengan Shimizu S-Pulse pada tahun 1997. Dia pernah memenangkan J-League bersama Urawa Reds Diamonds dan Nagoya Grampus.

Alex mendapat status sebagai warga negara Jepang pada 2001. Dia kemudian memperkuat Jepang pada Piala Dunia 2002 dan 2006.

5 dari 5 halaman

5. Wagner Lopes

Wagner Lopes lahir di Sao Paulo, Brasil pada 29 Januari 1969. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini hijrah ke negeri matahari terbit Jepang pada tahun 1987.

Lopes tercatat memebela tujuh klub Jepang berbeda selama kurun waktu 15 tahun. Di antaranya Nissan Motors, Kashiwa Reysol, Nagoya Grampus hingga Avispa Fukuoka.

Pada 1997, Lopes menerima kewarganegaraan Jepang. Dia bermain sebanyak 20 laga bagi Tim Samurai Biru termasuk di Piala Dunia 1998.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR