5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 4 Sebelum Virgil Van Dijk

Aga Deta | 7 Oktober 2022, 16:56
Bek Liverpool Virgil Van Dijk. (c) AP Photo
Bek Liverpool Virgil Van Dijk. (c) AP Photo

Bola.net - Virgil van Dijk merupakan sosok yang tidak tergantikan di jantung pertahanan Liverpool. Bek asal Belanda tersebut sering disebut sebagai bek terbaik di dunia saat ini.

Van Dijk bergabung Liverpool saat ia berusia 26 tahun. Ia direkrut The Reds dari Southampton pada bulan Januari 2018 silam.

Sampai sejauh ini, Van Dijk telah memainkan 192 pertandingan di semua kompetisi untuk Liverpool. Sebagai pemain belakang, ia mampu menyumbang 17 gol dan 11 assist.

Selain itu, Van Dijk juga telah membantu tim Merseyside memenangkan beberapa trofi. Itu termasuk satu gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions.

Van Dijk mengenakan nomor punggung 4 sejak awal bergabung ke Liverpool hingga saat ini. Sebelum Van Dijk, tentunya ada beberapa pemain The Reds yang juga pernah memakai nomor tersebut.

Berikut ini lima pemain Liverpool yang memakai nomor punggung 4 sebelum Van Dijk.

1 dari 5 halaman

Kolo Toure

Kolo Toure (c) AFP

Kolo Toure (c) AFP

Untuk memperkuat lini belakangnya, Liverpool mendatangkan Kolo Toure pada 2013. The Reds mendapatkan sang pemain secara gratis dari Manchester City.

Toure memperkuat Liverpool selama tiga tahun. Pemain belakang asal Pantai Gading tersebut membuat 71 penampilan di semua kompetisi bersama The Reds.

Selama tiga tahun di Anfield, Toure memakai nomor punggung 4. Mantan pemain Arsenal tersebut memutuskan hengkang ke Celtic pada tahun 2016.

2 dari 5 halaman

Nuri Sahin

Nuri Sahin (c) LFC

Nuri Sahin (c) LFC

Nuri Sahin bergabung ke Liverpool pada musim panas 2012 sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid. Namun, Sahin hanya bertahan selama setengah musim bersama The Reds.

Pada musim dingin 2013, Sahin dikembalikan ke Real Madrid. Gelandang asal Turki tersebut kesulitan menunjukkan penampilan terbaiknya bersama Liverpool.

Sahin memakai nomor punggung 4 selama enam bulan di Liverpool. Dia mencatatkan 12 pertandingan bersama The Reds dengan torehan tiga gol dan tiga assist di semua kompetisi.

3 dari 5 halaman

Raul Meireles

Pada musim panas 2010, Raul Meireles dibeli Liverpool dari FC Porto seharga 13 juta euro. Dia memilih nomor punggung 4 setelah datang ke Anfield.

Selama berseragam Liverpool, Meireles tampil reguler di lini tengah. Dia mencatatkan 44 pertandingan dengan menyumbang lima gol dan enam assist.

Meireles ternyata hanya setahun saja membela Liverpool. Gelandang asal Portugal tersebut kemudian diboyong oleh Chelsea pada jendela transfer musim panas 2011.

4 dari 5 halaman

Alberto Aquilani

Alberto Aquilani (c) AFP

Alberto Aquilani (c) AFP

Sejak didatangkan pada tahun 2009, Alberto Aquilani langsung mewarisi nomor punggung 4. Namun, penampilannya di Anfield tidak bisa memenuhi ekspektasi.

Aquilani tercatat hanya dua musim saja bermain untuk Liverpool. Dia kemudian sempat dipinjamkan ke Juventus dan AC Milan.

Aquilani akhirnya hengkang ke Fiorentina pada tahun 2012. Mantan pemain AS Roma tersebut memainkan 28 pertandingan di semua kompetisi untuk Liverpool.

5 dari 5 halaman

Sami Hyypia

Sami Hyypia saat masih di Liverpool. (c) AFP/Tony Spencer

Sami Hyypia saat masih di Liverpool. (c) AFP/Tony Spencer

Sami Hyypia didatangkan Liverpool dari klub Belanda Willem II pada tahun 1999. Namun, dia baru menggunakan nomor punggung 4 pada tahun 2001.

Hyypia merupakan salah satu pemain penting di Liverpool kala itu. Dia memainkan 464 pertandingan selama 10 musim di Anfield.

Bek asal Finlandia tersebut juga memenangkan banyak gelar bersama Livepool. Itu termasuk trofi Liga Champions dan Piala UEFA.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR