BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Pemain Juventus yang Dibeli dari Lazio, Nedved Menang Ballon d'Or

06-11-2020 15:47 | Aga Deta

5 Pemain Juventus yang Dibeli dari Lazio, Nedved Menang Ballon d'Or
Mantan pemain Juventus, Pavel Nedved. (c) Juventus FC

Bola.net - Juventus akan menantang Lazio pada pekan ketujuh Serie A 2020-2021. Duel panas ini akan berlangsung di Olimpico Stadium, Minggu (08/11/2020) malam WIB.

Juventus masih belum menemukan performa terbaiknya sejak ditangani Andrea Pirlo. Mereka saat ini menghuni peringkat ketiga klasemen Serie A dengan koleksi 12 poin dari enam laga.

Sementara itu, Lazio tengah terdampar di papan tengah klasemen. Tim asuhan Simone Inzaghi itu berada di posisi ke-10 dengan torehan 10 poin dari enam laga.

Bianconeri punya modal yang bagus menjelang lawatan mereka ke markas Lazio. Cristiano Ronaldo dkk menang 4-1 atas Ferencvaror di Liga Champions.

Sebaliknya, Biancoceleste hanya meraih hasil imbang di Liga Champions. Mereka bermain 1-1 melawan tuan rumah Zenit st Petersburg.

Dalam sepanjang sejarah kedua klub, Juventus ternyata cukup sering membeli pemain dari Lazio. Berikut ini lima pemain di antaranya.

1 dari 5 halaman

Stephan Lichtsteiner

Stephan Lichtsteiner (c) AFP
Stephan Lichtsteiner (c) AFP

Stephan Lichtsteiner bergabung dengan Juventus pada tahun 2011. Ia dibeli dari Lazio dengan biaya yang mencapai 10 juta euro.

Pemain Austria itu kemudian menjadi salah satu pemain penting di Turin. Ia mencatatkan 259 penampilan dengan mencetak 15 gol.

Bukan hanya itu, Lichtsteiner juga ikut mengantarkan Juventus menjuarai tujuh gelar Serie A. Setelah tujuh musim yang sukses di Turin, Lichtsteiner melanjutkan kariernya di Premier League bersama Arsenal.

2 dari 5 halaman

Marcelo Salas

Marcelo Salas pernah menjadi bintang saat membela Lazio. Ia mencetak 48 gol dalam 117 penampilan di semua kompetisi dan membawa klub itu menjuarai Serie A 1999/2000.

Juventus kemudian merekrut Salah pada tahun 2001. Striker asal Chile itu ditebus dengan biaya yang mencapai 25 juta euro saat itu.

Namun, Salas gagal menunjukkan penampilan terbaiknya di Turin karena serangkaian cedera. Ia hanya bermain dalam 32 laga dengan koleksi cuma empat gol selama dua musim.

3 dari 5 halaman

Pavel Nedved

Pavel Nedved di Serie A 2004 (c) AFP
Pavel Nedved di Serie A 2004 (c) AFP

Nama Pavel Nedved melambung bersama Lazio. Ia berhasil meraih scudetto dan mencetak 51 gol dalam 208 penampilan.

Juventus pun kepincut dan meminang Nedved pada musim panas 2001 dengan biaya 45 juta euro. Karier pemain Republik Ceko itu ternyata semakin meroket di Turin.

Nedved berhasil memenangkan dua gelar Serie A selama delapan tahun membela Si Nyonya Tua. Nedved bahkan menyabet gelar Ballon d'Or pada tahun 2003.

4 dari 5 halaman

Alen Boksic

Alen Boksic menjadi andalan Lazio setelah diboyong dari Marseile pada 1993. Striker Kroasia itu kemudian hijrah ke Juventus tiga tahun kemudian.

Namun, Boksic tidak mampu menampilkan performa terbaiknya di Turin. Ia hanya mencetak tujuh gol dari 33 penampilan bersama Si Nyonya Tua pada musim 1996–97.

Meski begitu, Boksic ikut memenangkan Scudetto dan Piala Intercontinental pada musim itu. Musim berikutnya Boksic kembali ke Lazio sebelum pensiun di Middlesbrough pada 2003.

5 dari 5 halaman

Paolo Di Canio

Paolo Di Canio memulai kariernya di Serie A bersama Lazio di tahun 1985. Striker asal Italia itu kemudian memutuskan hengkang ke Juventus pada tahun 1990.

Di Canio memperkuat Juventus selama tiga musim. Ia hanya berhasil mencetak tujuh gol dari 112 penampilan di semua kompetisi bersama Si Nyonya Tua.

Mantan pemain AC Milan itu juga berhasil memenangkan Piala UEFA selama masa tinggalnya di Turin. Di Canio akhirnya meninggalkan Bianconeri pada 1993 dengan bergabung Napoli.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya