5 Pemain Bintang yang Gagal Diboyong Chelsea Pada Era Roman Abramovich, Termasuk Messi

Aga Deta | 4 Maret 2022, 16:24
5 Pemain Bintang yang Gagal Diboyong Chelsea Pada Era Roman Abramovich, Termasuk Messi
Logo Chelsea di salah satu sudut stadion Stamford Bridge, kandang Chelsea. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea menjadi klub yang luar biasa di bawah kepemilikan Roman Abramovich. Mereka tercatat sebagai klub yang disegani dan diperkuat pemain-pemain bintang dari berbagai negara.

Abramovich resmi mengakuisisi Chelsea tahun 2003. Dia menghabiskan dana 140 juta poundsterling untuk memiliki Tim London Biru sepenuhnya.

Selama memimpin Chelsea, Abramovich telah mengucurkan dana hingga 2 miliar poundsterling (Rp 38,3 triliun). Hal itu untuk memboyong pemain bintang ke Stamford Bridge.

Walau punya dana yang melimpah, tidak semua pemain bisa didapatkan Chelsea. Terdapat beberapa pemain bintang yang gagal diboyong The Blues pada era kepemimpinan Abramovich.

Berikut ini lima pemain bintang yang gagal pindah ke Chelsea di era Roman Abramovich.

1 dari 5 halaman

Lionel Messi

Selebrasi Lionel Messi setelah mencetak gol untuk PSG (c) AP Photo

Selebrasi Lionel Messi setelah mencetak gol untuk PSG (c) AP Photo

Lionel Messi hampir meninggalkan Barcelona pada tahun 2014. Manajer Chelsea saat itu, Jose Mourinho sudah melakukan pembicaraan lewat video call untuk membujuk Messi meninggalkan Barca.

Saat itu, Chelsea sudah setuju untuk membayar klausul pelepasan Messi yang berada di angka 224 juta pounds. The Blues juga bersedia memberi gaji Messi sebesar 50,5 juta pounds setahun.

Meski sudah mencapai kesepakatan pribadi, kepindahan Messi ke Stamford Bridge pada akhirnya tidak pernah terjadi. Messi tetap bertahan di Barcelona sampai tahun 2021.

2 dari 5 halaman

Roberto Carlos

Roberto Carlos (c) Real Madrid

Roberto Carlos (c) Real Madrid

Roberto Carlos merupakan salah satu bek kiri terbaik di dunia saat berseragam Real Madrid. Sebenarnya, pemain asal Brasil tersebut berkesempatan untuk membela Chelsea.

Carlos akan meninggalkan Santiago Bernabeu pada 2007. Chelsea ingin merekrut Carlos dan bahkan pemilik klub, Roman Abramovich sudah melakukan pembicaraan yang serius dengan sang pemain.

Namun sayang, transfer Carlos akhirnya tidak bisa terwujud hanya karena satu klausul yang ingin dimasukkan oleh Chelsea. Gagal bergabung dengan The Blues, Carlos memutuskan untuk menerima pinangan klub Turki, Fenerbahce.

3 dari 5 halaman

Neymar

Aksi Neymar pada duel PSG vs Real Madrid di leg pertama babak 16 Besar Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Aksi Neymar pada duel PSG vs Real Madrid di leg pertama babak 16 Besar Liga Champions 2021/2022 (c) AP Photo

Neymar sekarang merupakan bintang Paris Saint-Germain. Namun, pemain asal Brasil tersebut sebenarnya pernah hampir bergabung dengan Chelsea.

Nama Neymar mencuat saat membela Santos. Chelsea kemudian ingin merekrut penyerang asal Brasil tersebut pada tahun 2010.

Saat itu, manajemen Chelsea menawar Neymar yang masih berusia 18 tahun di angka 25 juta pounds. Akan tetapi, sang pemain menolak pindah ke Inggris dan tetap membela Santos hingga 2013.

4 dari 5 halaman

Luka Modric

Luka Modric usai mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao pada final Supercopa de Espana 2021/2022 (c) AP Photo

Luka Modric usai mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao pada final Supercopa de Espana 2021/2022 (c) AP Photo

Talenta seorang Luka Modric sudah terdeteksi sejak dirinya memperkuat Tottenham. Performa cemerlangnya itu membuat Chelsea kepincut merekrutnya pada tahun 2011.

Berbagai cara dilakukan Chelsea untuk merekrut gelandang asal Kroasia tersebut. Pemilik The Blues Roman Abramovich sampai menggelar pertemuan langsung dengan Modric di yacht-nya.

Namun, Modric pada akhirnya tak jadi merapat ke Chelsea karena ketua Tottenham Daniel Levy menolak menjualnya. Pada tahun 2012, sang pemain akhirnya dilepas Spurs ke klub LaLiga Spanyol, Real Madrid.

5 dari 5 halaman

Jules Kounde

Pemain Sevilla Jules Kounde. (c) AP Photo

Pemain Sevilla Jules Kounde. (c) AP Photo

Chelsea ingin memperkuat lini belakangnya pada bursa transfer musim panas 2021. Klub asuhan Thomas Tuchel tersebut bermaksud untuk mengontrak bek Sevilla Jules Kounde.

Kounde senang dengan tawaran Chelsea dan bersedia pindah ke Stamford Bridge. Akan tetapi, kedua klub tidak pernah mencapai kesepakatan perihal harga transfer bek asal Prancis tersebut.

Chelsea gagal memboyong Kounde lantaran Sevilla mematok harga kelewat mahal, yaitu 80 juta euro. Melihat harga Kounde yang tak masuk akal, The Blues pun memilih untuk menutup negosiasi.

Sumber: Fabrizio Romano

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR