5 Pemain Belgia Terbaik dalam Sejarah Premier League

Aga Deta | 26 September 2022, 05:02
Eden Hazard merayakan gol ke gawang Arsenal di final Liga Europa 2018-19 (c) AP Photo
Eden Hazard merayakan gol ke gawang Arsenal di final Liga Europa 2018-19 (c) AP Photo

Bola.net - Sejak dimulai pada tahun 1992, Premier League sangat terbuka dengan kedatangan pemain asing. Itu termasuk pemain yang berasal dari negara Belgia.

Ada banyak pemain Belgia yang mendapat kesempatan memperkuat klub-klub besar Premier League. Sebagai contoh Eden Hazard dan Romelu Lukaku yang pernah menjadi bagian dari Chelsea.

Pemain seperti Mousa Dembele dan Toby Alderweireld juga pernah menginjakkan kakinya di Premier League. Mereka bermain untuk Tottenham.

Tapi siapa lima pesepak bola Belgia terhebat yang pernah bermain di Premier League? Berikut ini lima di antaranya.

1 dari 5 halaman

Thibaut Courtois

Thibaut Courtois Yang Gagal Menghalau Tembakan Bebas Lasse Schone (c) AP Photo

Thibaut Courtois Yang Gagal Menghalau Tembakan Bebas Lasse Schone (c) AP Photo

Thibaut Courtois bergabung dengan Chelsea pada tahun 2011. Namun, kiper asal Belgia tersebut kemudian dipinjamkan ke Atletico Madrid selama tiga musim.

Penampilan Courtois di Spanyol begitu impresif sehingga Chelsea membawanya kembali menjelang musim 2014-15. Courtois kemudian menjadi kiper nomor satu di Stamford Bridge.

Courtois turut membantu Chelsea memenangkan gelar Premier League pada musim debutnya. Dia kemudian menunjukkan performa impresif lagi untuk membantu The Blues memenangkan gelar liga lagi di musim 2016-17.

2 dari 5 halaman

Romelu Lukaku

Aksi penyerang Chelsea, Romelu Lukaku, dalam laga Premier League melawan Leicester City hari Jumat (20/5/2022). (c) AP Photo

Aksi penyerang Chelsea, Romelu Lukaku, dalam laga Premier League melawan Leicester City hari Jumat (20/5/2022). (c) AP Photo

Romelu Lukaku tiba di Premier League dengan bergabung Chelsea dari Anderlecht pada musim panas 2011. Namun, dia gagal masuk ke starting XI The Blues dan hanya membuat 10 penampilan liga selama waktunya di klub.

Chelsea akhirnya meminjamkannya ke West Brom dan Everton sebelum menjualnya secara permanen ke The Toffees pada tahun 2014. Lukaku menikmati masa paling suksesnya selama waktunya di Goodison Park. Dia mencetak 53 gol dalam 110 penampilan liga untuk tim Merseyside setelah transfer permanennya pada 2014.

Lukaku kemudian meninggalkan Everton untuk bergabung dengan Manchester United pada 2017. Ia menghabiskan dua musim bersama Setan Merah, mencetak 28 gol dalam 66 penampilan sebelum pindah ke Inter Milan pada 2019.

Pencetak gol terbanyak dalam sejarah Belgia itu kemudian kembali ke Chelsea sebelum dimulainya musim 2021-22. Namun, dia kesulitan membuat dampak di Stamford Bridge dan kemudian dipinjamkan kembali ke Inter pada musim ini.

3 dari 5 halaman

Vincent Kompany

Vincent Kompany (c) AP Photo

Vincent Kompany (c) AP Photo

Vincent Kompany adalah salah satu bek terbaik yang pernah bermain di Premier League. Bek tengah asal Belgia itu bergabung dengan Manchester City dari Hamburger SV pada musim panas 2008.

Kompany memainkan 265 pertandingan untuk Man City dengan mencetak 18 gol. Dia juga dipercaya menjadi kapten klub dan membantu timnya merebut banyak gelar.

Kompany membantu The Citizens merebut empat gelar Premier League, dua Piala FA, empat Piala EFL, dan dua Community Shield. Dia kemudian meninggalkan Man City untuk bergabung dengan Anderlecht pada 2019 sebelum pensiun pada 2020.

4 dari 5 halaman

Eden Hazard

Eden Hazard saat memperkuat Chelsea melawan Frankfurt di leg kedua semifinal Liga Europa, Jumat (10/5). (c) AP Photo

Eden Hazard saat memperkuat Chelsea melawan Frankfurt di leg kedua semifinal Liga Europa, Jumat (10/5). (c) AP Photo

Eden Hazard tiba dari klub Prancis Lille pada 2012. Di Chelsea, Hazard membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Hazard tampil dalam 245 pertandingan liga untuk Chelsea dengan mencetak 85 gol dan 54 assist. Dia memenangkan dua gelar Premier League, satu Piala FA, satu Piala EFL, dan dua trofi Liga Europa pada masanya di Stamford Bridge.

Setelah meraih kesuksesan bersama Chelsea, Hazard bergabung dengan Real Madrid pada 2019. The Blues mendapatkan lebih dari 100 juta euro dari penjualan Hazard.

5 dari 5 halaman

Kevin de Bruyne

Kevin De Bruyne (c) Manchester City

Kevin De Bruyne (c) Manchester City

Kevin De Bruyne pertama kali tiba di Inggris bersama Chelsea pada tahun 2012. Namun dia tidak banyak mendapat kesempatan di Stamford Bridge sebelum akhirnya dijual ke Vfl Wolfsburg.

Di Bundesliga, De Bruyne berhasil memamerkan bakatnya. Manchester City kemudian memecahkan rekor transfer untuk mendapatkan tanda tangannya pada musim panas 2015.

Di Man City, De Bruyne telah membuat lebih dari 200 penampilan dengan mencetak lebih dari 50 gol dan memberikan hampir 100 assist. Selain itu, De Bruyne telah memenangkan lebih dari 10 trofi, termasuk empat gelar Premier League.

Sumber: Sportskeeda

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR