BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pemain Barcelona yang Bakal Terancam Dengan Kedatangan Frenkie De Jong

30-01-2019 14:32 | Aga Deta

5 Pemain Barcelona yang Bakal Terancam Dengan Kedatangan Frenkie De Jong
Frenkie de Jong dan Josep Maria Bartomeu (c) FCB

Bola.net - Bola.net - Barcelona merupakan salah satu klub yang cukup sibuk di bursa transfer musim dingin. Setelah secara mengejutkan mendatangkan Kevin-Prince Boateng secara pinjaman dari Sassuolo, Barca kemudian menggaet Frenkie de Jong.

Tak tanggung-tanggung, Barcelona mengeluarkan 75 juta euro, yang berpotensi jadi 86 juta euro untuk De Jong memboyong dari Ajax. Hal itu langsung membuat PSG dan Manchester City mundur dari persaingan.

Merekrut gelandang muda Belanda tersebut dinilai sebagai langkah brilian buat raksasa La Liga tersebut. Kedatangan pemain berusia 21 tahun itu pasti akan menambah kualitas lini tengah Barcelona.

Dengan biaya transfer sebesar itu, Barcelona tentu tidak akan menaruh De Jong di bangku cadangan. Karena itu, kedatangan sang pemain pada musim depan bisa memberikan dampak kepada beberapa gelandang Barcelona.

Berikut ini lima pemain Barcelona yang bakal terancam dengan kedatangan Frenkie De Jong seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 6 halaman

Denis Suarez

Denis Suarez (c) AFP Denis Suarez (c) AFP

Situasi Denis Suarez di Barcelona sudah sangat jelas. Gelandang asal Spanyol itu gagal menembus lini tengah Barcelona sejak ia kembali ke Catalan pada musim panas 2016.

Meski nasib buruknya dimulai di bawah mantan pelatih Luis Enrique, situasinya tidak berubah selama masa kepemimpinan Ernesto Valverde juga. Mantan bos Athletic Bilbao itu hanya memberinya delapan penampilan sejak awal musim ini.

Setelah merekrut Frenkie de Jong, situasi Denis Suarez di Barcelona akan semakin sulit pada musim depan. Gelandang serba bisa itu bisa dipaksa meninggalkan dan pindah ke Premier League di mana manajer Arsenal Unai Emery tertarik untuk menampung sang pemain.

2 dari 6 halaman

Rafinha Alcantara

Rafinha Alcantara (c) AFP Rafinha Alcantara (c) AFP

Pemain Barcelona lainnya yang bakal terancam dengan kedatangan Frenkie de Jong adalah Rafinha Alcantara. Ia saat ini juga kesulitan untuk mendapat tempat di lini tengah Barca.

Setelah dipinjamkan ke klub raksasa Serie A Inter Milan musim lalu, pemain asal Brasil itu kembali ke Camp Nou pada musim panas. Meski tampil cukup bagus pada awal musim ini, cedera yang dialaminya saat melawan Atletico Madrid langsung mengakhiri musimnya.

Seperti gelandang Barcelona lainnya, Rafinha kesulitan bersaing di lini tengah Barcelona. Mengingat Barcelona sangat tidak mungkin untuk mengabaikan Frenkie de Jong setelah mengeluarkan banyak untuk merekrutnya, Rafinha bisa dipaksa untuk memikirkan masa depannya di klub.

3 dari 6 halaman

Riqui Puig

Riqui Puig. (c) AP Riqui Puig. (c) AP

Barcelona melakukan pembelian jitu dengan menambah darah muda berbakat saat merekrut Frenkie de Jong dari Ajax. Meski transfer itu bisa meningkatkan lini tengah Barcelona, namun kedatangan De Jong bisa berdampak pada pemain muda binaan akademi Blaugrana.

Riqui Puig adalah salah satu bakat menarik yang muncul dari akademi Barcelona saat ini. Pemain berusia 19 tahun itu sudah mendapatkan kesempatan untuk beraksi di tim utama dan diharapkan bisa menjadi salah satu gelandang Barcelona pada masa depan.

Namun, persaingan untuk mendapatkan tempat di tim utama akan semakin ketat setelah kedatangan De Jong. Puig akan kesulitan mendapatkan menit bermain dan berpotensi meninggalkan klub lebih cepat.

4 dari 6 halaman

Carles Alena

Carles Alena usai mencetak gol perdananya di La Liga pada laga melawan Villarreal (3/12/2018) (c) AFP Carles Alena usai mencetak gol perdananya di La Liga pada laga melawan Villarreal (3/12/2018) (c) AFP

Gelandang muda berbakat lainnya yang muncul dari akademi Barcelona, Carles Alena saat ini berada dalam fase transisi dalam kariernya. Seperti Puig, ia juga menunjukkan bisa menjadi sosok berpengaruh di Camp Nou dengan beberapa penampilan yang menjanjikan belakangan ini.

Namun, meski produk La Masia itu menikmati menit bermain yang cukup di tim Ernesto Valverde musim ini, peluang itu bisa menjadi terbatas dengan kedatangan Frenkie de Jong. Pemain Belanda itu akan datang ke Catalan pada musim panas.

De Jong sudah membuktikan dirinya di level klub dan internasional sehingga mampu meyakinkan Barcelona untuk menggelontorkan banyak uang demi memboyongnya ke klub. Kedatangan De Jong bisa membuat Carles Alena tidak mendapat kesempatan bermain dan mengganggu perkembangannya.

5 dari 6 halaman

Ivan Rakitic

Ivan Rakitic (c) AFP Ivan Rakitic (c) AFP

Kedatangan Frenkie De Jong tidak hanya mengancam para pemain muda yang ada di skuat Barcelona. Namun, para pemain senior di tim asuhan Ernesto Valverde juga bisa mengalami nasib yang sama.

Ivan Rakitic adalah salah satu pemain reguler di Barcelona. Namun, posisinya bisa terancam oleh kedatangan De Jong pada musim panas mendatang.

De Jong adalah pemain dengan DNA Barcelona dan gaya permainannya dianggap lebih cocok dengan sistem Blaugrana daripada Raktic. Meski tidak ada jaminan bahwa pemain Belanda itu akan langsung menggulingkan Rakitic, sangat mungkin bahwa ia akan mengambil beberapa peluang dari mantan gelandang Sevilla itu di Camp Nou dan perlahan-lahan menyingkirkannya dari skuat.

6 dari 6 halaman

Video Pilihan

Gianluigi Buffon mencatatkan diri sebagai kiper termahal dunia pada 2001. Ketika itu, Juventus membelinya dari Parma seharga 32 juta pound sterling.


Para Bek Premier League yang Berbahaya pada Pekan Pertama

KOMENTAR

Editorial Lainnya