BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pelatih yang Dipecat Usai Meraih Juara

10-08-2020 13:56 | Aga Deta

5 Pelatih yang Dipecat Usai Meraih Juara
Mantan pelatih Juventus, Maurizio Sarri. (c) AP Photo

Bola.net - Juventus secara mengejutkan memutuskan untuk memecat Maurizio Sarri. Keputusan itu diambil hanya beberapa hari setelah mereka meraih gelar Scudetto kesembilan berturut-turut.

Pelatih asal Italia itu sebenarnya tiba di Turin setahun yang lalu dari Chelsea. Namun, ia dibebaskan dari tugasnya setelah Juventus tersingkir dari Liga Champions.

Memenangkan trofi bisa dianggap sebagai musim yang bagus bagi sebuah klub. Namun, itu tidak berlaku bagi Juventus, yang mengincar trofi Liga Champions.

Kehadiran Sarri diharapkan bisa membantu Juventus berjaya di Eropa. Namun, mantan pelatih Napoli itu gagal melakukannya sehingga harus angkat kaki dari klub.

Ternyata, bukan hanya Sarri saja yang dipecat usai meraih juara. Ada beberapa pelatih yang juga bernasib sama.

Berikut ini lima pelatih yang dipecat setelah meraih juara setelah dilansir Sportskeeda.

1 dari 5 halaman

Maurizio Sarri - Juventus

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. (c) AP Photo Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. (c) AP Photo

Maurizio Sarri didatangkan Juventus untuk menggantikan Massimilian Allegri. Dia tiba dengan harapan besar untuk meraih kesuksesan di Allianz Stadium.

Sarri mampu memenangkan 14 dari 15 pertandingan kandang pertamanya di semua kompetisi. Namun, pelath berusia 61 tahun itu membutuhkan waktu lebih banyak untuk menerapkan filosofinya di klub.

Mantan pelatih Chelsea itu berhasil membawa Bianconeri meraih gelar Serie A kesembilan berturut-turut. Namun, tersingkirnya Juventus dari Liga Champions di tangan Olympique Lyon pada babak 16 besar membuat Sarri dipecat.

2 dari 5 halaman

Unai Emery - PSG

Unai Emery (c) AP Photo Unai Emery (c) AP Photo

Unai Emery tiba di PSG dari Sevilla pada 2016 setelah menjuarai tiga gelar Liga Europa. Klub asal Prancis itu berharap Emery bisa memberikan kesuksesan serupa di pentas Eropa.

Namun di musim pertamanya di Prancis, PSG malah gagal meraih gelar juara liga untuk pertama kalinya dalam empat tahun. Tak hanya sampai di situ, PSG juga menelan kekalahan telak dari Barcelona dengan skor 6-1 di Liga Champions.

Emery berhasil memenangkan Ligue 1 pada musim keduanya tetapi harus PSG tersingkir di babak 16 besar Liga Champions. Emery akhirnya harus angkat kaki setelah berhasil meraih gelar liga dan empat piala domestik.

3 dari 5 halaman

Antonio Conte - Chelsea

Antonio Conte (c) CFC Antonio Conte (c) CFC

Antonio Conte berhasil mempersembahkan gelar pada musim pertamanya sebagai manajer Chelsea. Mantan pelatih Juventus itu mampu mengantarkan klub meraih gelar Premier League.

Namun, performa Chelsea pada musim berikutnya tidak terlalu konsisten. Alhasil, The Blues hanya sanggup finis di posisi kelima di Premier League.

Meskipun begitu, Conte berhasil memenangkan Piala FA setelah mengalahkan Manchester United di final. Namun, Conte tetap dipecat dan posisinya digantikan Maurizio Sarri.

4 dari 5 halaman

Louis van Gaal - Manchester United

Louis Van Gaal (c) Ist Louis Van Gaal (c) Ist

Louis van Gaal tiba di Manchester United pada tahun 2014 setelah mengantarkan Belanda finis ketiga di Piala Dunia 2014. Ia diharapkan bisa membangkitkan performa Setan Merah yang meredup setelah ditangani David Moyes.

Namun, Van Gaal justru gagal menjalankan tugasnya. Setan Merah hanya mampu finis di posisi empat pada musim pertamanya bekeja di Old Trafford.

Pria asal Belanda itu berhasil memenangkan Piala FA 2015/16. Namun, performa buruknya di Premier League membuat Setan Merah mendepaknya pada akhir musim.

5 dari 5 halaman

Vicente del Bosque - Real Madrid

Vicente Del Bosque (c) AFP Vicente Del Bosque (c) AFP

Del Bosque adalah salah satu pelatih paling sukses dalam sejara Real Madrid. Ia berhasil mempersembahkan banyak gelar untuk Los Blancos.

Pelatih asal Spanyol itu menghadirkan tujuh trofi juara, dan dua di antaranya merupakan gelar Liga Champions. Prestasi itu diraihnya hanya dalam rentang empat tahun.

Di musim terakhirnya menangani Madrid, Del Bosque masih mampu mempersembahkan gelar La Liga. Namun ternyata, manajemen Los Blancos justru mendepaknya pada akhir musim 2002-2003.

Sumber: Sportskeeda



KOMENTAR

Editorial Lainnya