BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Mantan Pemain Chelsea Yang Bermain di China

05-10-2018 13:11 | Aga Deta

5 Mantan Pemain Chelsea Yang Bermain di China
Chelsea (c) AP

Bola.net - Bola.net - Chelsea merupakan salah satu klub besar di Premier League. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau The Blues memiliki banyak pemain dari berbagai penjuru dunia.

Akan tetapi, tidak semua pemain Chelsea mendapat kesempatan bermain secara reguler. Akibatnya, mereka harus meninggalkan Stamford Bridge lebih cepat.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak para pemain Chelsea yang melanjutkan kariernya di China. Tawaran uang berlimpah ternyata membuat mereka rela bermain di kompetisi yang kelasnya tidak terlalu mentereng.

Berikut ini adalah lima mantan pemain Chelsea yang kini bermain di China seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 5 halaman

Alexandre Pato (Tianjin Quanjian)

Pemain asal Brasil itu pernah dianggap sebagai salah satu prospek paling cemerlang dalam sepakbola dan masa depan tim nasional Brasil setelah menerima penghargaan bergengsi Golden Boy pada 2009. Namun, serangkaian cedera membuatnya tidak bisa mengeluarkan semua potensinya.

Pato bergabung dengan Chelsea dengan status pinjaman pada paruh kedua musim 2015/16 dan cuma bermain dalam dua pertandingan untuk The Blues. Dia hanya bisa mencetak satu gol dengan kostum Chelsea meski dari titik penalti.

Dia kemudian bergabung dengan Villarreal secara permanen setelah bermain singkat di Premier League sebelum bergabung dengan klub Liga Super China Tianjin Quanjian pada Januari 2017. Pemain berusia 29 tahun itu sudah mencetak 31 gol dalam 53 pertandingan untuk klub China.

2 dari 5 halaman

Demba Ba (Shanghai Shenhua)

Demba Ba (c) AFP Demba Ba (c) AFP

Demba Ba berada di Chelsea selama satu setengah musim. Dia bermain 51 pertandingan dan mencetak 14 gol meski pada musim 2013/14 hanya bermain sebagai striker pilihan ketiga Chelsea di belakang Fernando Torres dan Samuel Eto'o.

Pada musim terakhirnya bersama Chelsea, ia terkenal karena mencetak gol pada menit ke-87 melawan PSG di Liga Champions untuk membawa Chelsea lolos ke semifinal dan juga ketika melawan Liverpool di Anfield saat Steven Gerrard terpeleset sehingga menghancurkan harapan Liverpool untuk menjuarai Premier League.

Dia meninggalkan Chelsea untuk bergabung dengan raksasa Turki Besiktas sebelum bergabung dengan Shanghai Shenhua pada 2015. Dia kembali ke Turki untuk bermain untuk Besiktas dan Goztepe sebelum kembali ke Shanghai Shenhua pada Juni 2018.

Pemain berusia 33 tahun itu mencetak 31 gol dalam 43 pertandingan untuk Shanghai Shenhua selama dua periode terpisah.

3 dari 5 halaman

John Obi Mikel (Tianjin TEDA)

John Obi Mikel (c) AFP John Obi Mikel (c) AFP

Hampir keseluruhan karier John Obi Mikel di Eropa dihabiskan dengan Chelsea. Ia bergabung dengan The Blues pada 2006 dari klub Norwegia Lyn.

Mikel memainkan 374 pertandingan untuk Chelsea selama sepuluh setengah musim tetapi tidak bisa menjadi starter reguler di sana. Namun, ia memainkan peran penting saat Chelsea memenangkan Liga Champions pada tahun 2012 dan bermain selama 120 menit di final.

Kontrak pemain Nigeria itu berakhir pada akhir musim 2016/17 dan Chelsea memilih untuk tidak memperpanjangnya. Pada Januari 2017, dia meninggalkan Chelsea dengan status bebas transfer untuk bergabung TEDA Tianjin.

Pemain berusia 31 tahun itu sekarang menjadi pemain reguler untuk klub CSL dan juga terpilih sebagai wakil kapten mereka saat ini.

4 dari 5 halaman

Ramires (Jiangsu Suning)

Ramires (c) AFP Ramires (c) AFP

Ramires adalah gelandang lainnya yang memainkan peran penting saat Chelsea memenangkan Liga Champions. Dia mencetak gol penting di semifinal Liga Champions melawan Barcelona di Camp Nou untuk membuat The Blues lolos ke babak berikutnya dengan gol tandang meski bermain dengan 10 pemain.

Gelandang Brasil itu bergabung dengan Chelsea dari Benfica sebelum pemain-pemain seperti David Luiz dan Nemanja Matic mengikuti jejaknya.

Ramires bersama Chelsea selama lima setengah musim dengan memainkan 246 pertandingan dan mencetak 33 gol. Selama bermain dengan Chelsea, dia memenangkan Premier League, Piala FA, Piala Liga, Liga Champions, dan Liga Europa sebelum pergi pada bulan Januari 2016.

Pemain berusia 31 tahun itu sekarang bermain bersama Jiangsu Suning dan sudah mencetak 17 gol dalam 71 pertandingan untuk mereka.

5 dari 5 halaman

Oscar (Shanghai SIPG)

Oscar (c) AFP Oscar (c) AFP

Masih sulit dipahahi mengapa pemain berbakat seperti Oscar meninggalkan Eropa untuk bermain di China pada puncak kariernya ketika dia mendapat tawaran dari Atletico Madrid dan Italia. Namun, menurut pengakuan sang pemain, tawaran dari China memang sulit ditolak.

Oscar bergabung dengan Chelsea pada tahun 2012 dan dia mencetak 23 gol dalam dua musim pertamanya bersama The Blues. Ketika Oscar meninggalkan klub dua setengah tahun kemudian, dia cuma bisa menambah 15 gol lagi.

Pergantian manajer yang cukup sering merupakan salah satu alasan mengapa karier Oscar di Chelsea tidak berkembang. Namun, sang pemain seperti sudah senang bermain di China bersama Shanghai SIPG.

Pemain berusia 27 tahun itu sudah tampil dalam 72 pertandingan di China dengan mencetak 25 gol dan bermain bersama rekan senegaranya Hulk. Dia berpeluang memenangkan gelar liga perdananya di China pada tahun ini.



KOMENTAR

Editorial Lainnya