5 Mantan Bintang Premier League yang Pernah Mengadu Nasib di Indonesia

Aga Deta | 18 Agustus 2022, 15:06
Michael Essien ketika berseragam Persib Bandung (c) Liputan6.com/ Kukuh Saokani
Michael Essien ketika berseragam Persib Bandung (c) Liputan6.com/ Kukuh Saokani

Bola.net - Premier League merupakan salah satu kompetisi yang sangat populer di dunia. Banyak pemain dari seluruh dunia yang tidak ingin melewatkan kesempatan bermain di Inggris.

Ada banyak pemain yang mampu menemukan kesuksesan setelah bermain di Premier League. Sebut saja Kevin de Bruyne, Cesar Azpilicueta hingga Cristiano Ronaldo.

Karena persaingan yang sangat ketat, tidak mudah bagi pemain untuk bertahan di Premier League dalam waktu yang sangat lama. Karena itu, banyak pemain yang harus menyingkir pada tahap akhir karier mereka.

Selain di Eropa, beberapa pemain kemudian memilih untuk melanjutkan kariernya di Amerika atau Australia. Bahkan India dan China juga mampu menarik mantan bintang Premier League dalam beberapa tahun terakhir

Meski begitu, Indonesia juga terbukti menjadi tujuan yang menarik. Banyak juga mantan pemain Premier League yang pernah mengadu nasib di Indonesia.

Lantas, siapa saja mantan pemain Premier League yang pernah berkiprah di Indonesia? Berikut ini lima di antaranya.

1 dari 5 halaman

Michael Essien

Michael Essien (c) Fitri Apriani

Michael Essien (c) Fitri Apriani

Michael Essien pernah meraih kesuksesan yang luar biasa di Chelsea. Dua juga pernah membela Real Madrid. Tapi gelandang asal Ghana tersebut juga pernah menghabiskan waktunya bersama Persib Bandung.

Setelah bermain di Eropa, Essien memperkuat Persib Bandung pada musim 2017-2018. Dia bermain dalam 29 pertandingan dengan mencetak lima gol untuk tim berjuluk Maung Bandung tersebut.

Setelah meninggalkan Indonesia, Essien masih terus bermain. Dia sempat menghabiskan dua musim di klub Azerbaijan Sabail sebelum gantung sepatu.

2 dari 5 halaman

Didier Zokora

Didier Zokora (c) Liga1

Didier Zokora (c) Liga1

Didier Zokora bermain di Premier League bersama Tottenham. Gelandang asal Pantai Gading tersebut juga pernah memperkuat klub Eropa lainnya seperti Saint-Etienne, Sevilla hingga Trabzonspor.

Setelah bermain untuk klub India North East United, Zokora datang ke Indonesia. Dia berlabuh ke Semen Padang pada 2017.

Sayangnya, kebersamaannya dengan Semen Padang tidak berlangsung lama. Dia dikontrak pada Maret 2017, dan selesai pada Agustus 2017.

3 dari 5 halaman

Peter Odemwingie

Peter Odemwingie (c) Fitri Apriani

Peter Odemwingie (c) Fitri Apriani

Peter Odemwingie punya karier yang panjang di Inggris. Klub yang dibelanya adalah West Bromwich Albion, Cardiff City, Stoke City, Bristol City, dan Rotherham United.

Selesai di Inggris, Peter Odemwingie lalu melanjutkan kariernya di Indonesia. Pemain asal Nigeria tersebut membela Madura United pada 2017/18.

Odemwingie mampu menunjukkan ketajamannya di Indonesia. Total 15 gol dan 8 assist dibukukan Odemwingie selama memperkuat Laskar Sape Kerrab.

4 dari 5 halaman

Carlton Cole

Carlton Cole (c) AFP

Carlton Cole (c) AFP

Carlton Cole memiliki rekam jejak yang cukup mentereng. Dia pernah tampil di sejumlah tim Inggris seperti Chelsea, Wolverhampton Wanderers, Charlton Athletic, Aston Villa, dan West Ham.

Cole paling lama membela West Ham pada 2006-2015. Total, mantan striker timnas Inggris tersebut bermain dalam 207 pertandingan dengan 47 gol.

Pada 2017, Cole mencoba tantangan baru di Indonesia bersama Persib. Namun, kebersamaannya dengan Maung Bandung hanya sebentar. Dia hanya bermain dalam lima laga dan tanpa mencetak gol.

5 dari 5 halaman

Lee Hendrie

Lee Hendrie bermain lebih dari satu dekade di Premier League. Dia pernah memperkuat sejumlah klub Inggris seperti Aston Villa, Leicester City hingga Brighton and Hove Albion.

Pada 2011, Lee Hendrie datang ke Indonesia. Dia memperkuat Bandung FC yang bermain di kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI).

Namun, karier Lee Hendrie di Indonesia tidak lama karena masalah dualisme liga saat itu. Dia membuat 15 penampilan dengan mencetak dua gol sebelum kembali ke Inggris.

Sumber: Daily Star

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR