BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Klub yang Menghasilkan Banyak Uang dari Penjualan Pemain Sejak 2014

01-08-2019 11:52 | Aga Deta

5 Klub yang Menghasilkan Banyak Uang dari Penjualan Pemain Sejak 2014
Antoine Griezmann diperkenalkan sebagai pemain baru Barcelona. (c) AP Photo

Bola.net

Atletico Madrid merupakan salah satu klub terboros di bursa transfer musim panas ini. Mereka sudah menggelontorkan lebih dari 240 juta euro untuk membeli pemain baru.

Joao Felix menjadi pembelian termahal Los Rojiblancos sejauh ini. Bintang muda Portugal itu ditebus dengan biaya yang mencapai 126 juta euro.

Tak hanya membeli pemain, Atletico juga menjual sejumlah pemainnya di bursa transfer musim panas ini. Bahkan, tim asuhan Diego Simeone itu sejauh ini mendapatkan lebih dari 300 juta euro dari penjualan pemain.

Penjualan Antoine Griezmann menjadi pemasukan terbesar Atletico pada musim panas ini. Pemain Prancis itu hijrah ke Barcelona dengan biaya 120 juta euro.

Atletico juga mendapat keuntungan besar saat menjual Lucas Hernandez. Bek berusia 23 tahun itu dijual ke Bayern Munchen sebesar 80 juta euro.

Penjualan pemain memang harus dilakukan oleh klub pada bursa transfer. Hal itu untuk menyeimbangkan neraca keuangan setelah belanja pemain baru.

Namun, siapa saja klub yang mendapat pemasukan terbesar dari penjualan pemain sejak 2014? Berikut ini daftarnya seperti dilansir Fox Sports Asia.

1 dari 5 halaman

Juventus - €650,4 juta

Paul Pogba (c) AFP Paul Pogba (c) AFP

Forbes menempatkan Juventus di peringkat kesembilan dalam daftar klub sepakbola terkaya di dunia dan dalam beberapa tahun terakhir mereka menghabiskan banyak uang untuk merekrut bintang seperti Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain dan Matthijs de Ligt. Jadi, mungkin sedikit mengejutkan bisa melihat mereka di antara klub dengan pemasukan terbesar dari transfer.

Juventus adalah salah satu klub yang dikelola dengan baik di dunia dan karena perencanaan yang cermat mereka bisa memiliki sumber daya keuangan yang luar biasa saat ini. Beberapa tahun yang lalu, mereka tidak berdaya untuk menghentikan aset terbaik mereka pergi tetapi mereka cukup pintar untuk menginvestasikan kembali uang penjualan tersebut dengan bijak.

Beberapa penjualan terbesar yang dilakukan raksasa Serie A itu sejak 2014 termasuk Paul Pogba dengan rekor transfer dunia 105 juta euro, Leonardo Bonucci (€42 juta), Arturo Vidal (€37,5 juta), Mattia Caldara (€35 juta) dan Alvaro Morata (€30 juta) ).

Juve juga menghasilkan banyak uang melalui kesepakatan kepemilikan bersama yang sudah dilarang pada akhir musim 2014/15. Mereka juga memiliki sejumlah pemain yang dipinjamkan setiap tahun dan banyak dari mereka dijual untuk mendapat keuntungan ketika nilai pasar mereka meroket.

2 dari 5 halaman

Benfica - €722,53 juta

Joao Felix (c) AP Photo Joao Felix (c) AP Photo

Tiga klub terbesar Portugal Benfica, Porto dan Sporting dikenal dengan pencari bakat yang sangat baik dan ketiga klub itu menghasilkan banyak uang dari penjualan pemain hampir setiap tahunnya. Namun, sejak 2014, Benfica sudah menghasilkan uang lebih banyak dari dua klub itu dan juga memenangkan gelar liga empat kali dalam lima musim terakhir.

Selama bursa transfer ini saja, mereka sudah menjual pemain senilai 188,2 juta euro di mana 126 juta euro berasal dari penjualan Joao Felix ke Atletico Madrid. Selain Felix, Benfica sudah menjual beberapa produk akademi mereka sejak 2014 dan itu termasuk Bernardo Silva, Renato Sanches, Nelson Semedo, Joao Cancelo dan Andre Gomes.

Benfica juga sudah menjual banyak superstar sepakbola yang mereka rekrut dengan harga murah dalam beberapa tahun terakhir dan beberapa di antara mereka adalah Ederson Moraes, Jan Oblak, Victor Lindelof, Raul Jimenez dan Rodrigo Moreno.

3 dari 5 halaman

Chelsea - €732,7 juta

Eden Hazard saat memperkuat Chelsea melawan Frankfurt di leg kedua semifinal Liga Europa, Jumat (10/5). (c) AP Photo Eden Hazard saat memperkuat Chelsea melawan Frankfurt di leg kedua semifinal Liga Europa, Jumat (10/5). (c) AP Photo

Berkat investasi besar Roman Abramovich, Chelsea sudah menjadi salah satu klub terbesar di Eropa dan mereka sudah menghabiskan banyak uang di bawah kepemilikannya. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, mereka bisa mendapatkan kembali sebagian besar uang yang mereka habiskan.

Chelsea juga dikenal mengirim lusinan pemain dengan status pinjaman di setiap musim panas. Kecuali Thibaut Courtois dan Andreas Christensen, tidak ada pemain yang mereka pinjamkan kembali ke klub untuk menjadi pemain tim utama.

The Blues menunggu pemain yang mereka pinjamkan memiliki musim yang luar biasa dan kemudian mereka menjual pemain tersebut dengan keuntungan besar. Beberapa bintang yang berhasil mereka jual termasuk Kevin De Bruyne, Mohamed Salah, Romelu Lukaku, Thorgan Hazard, dan Nathan Ake.

Alasan lain di balik penjualan pemain Chelsea adalah pergantian manajer yang sangat sering karena pemain tertentu yang didatangkan di bawah satu manajer mungkin tidak cocok dengan manajer berikutnya dan mereka harus pindah. Ini bisa menjadi alasan mengapa pemain populer seperti Oscar, Cesc Fabregas dan Ramires dijual.

4 dari 5 halaman

Atletico Madrid - €752,8 juta

Antoine Griezmann (c) AP Photo Antoine Griezmann (c) AP Photo

Diego Simeone menjadikan Atletico Madrid salah satu tim paling tangguh di Eropa dan bisa bertahan saat klub harus melepas pemain kuncinya hampir di setiap tahun. Pada bursa transfer musim panas ini saja, mereka sudah menjual pemain senilai 311,1 juta euro dan kepergian pemain yang terkenal termasuk Antoine Griezmann, Lucas Hernandez, Rodri dan Diego Godin.

Menariknya, Atletico tetap kompetitif di Spanyol dan di Eropa meskipun kehilangan begitu banyak pemain penting sepanjang tahun dan banyak yang bertanya-tanya apa yang bisa mereka capai jika mereka berhasil mempertahankan para pemain terbaik mereka.

Pada 2014, mereka memenangkan La Liga tetapi di bursa transfer musim panas berikutnya, mereka menjual pemain-pemain kunci seperti Diego Costa, Filipe Luis dan David Villa.

5 dari 5 halaman

AS Monaco - €866,5 juta

Kylian Mbappe (c) AFP Kylian Mbappe (c) AFP

Pada bulan Desember 2011, miliarder Rusia Dmitry Rybolovlev membeli AS Monaco dan dia berinvestasi besar-besaran di skuat setelah mereka memenangkan promosi ke Ligue 1 pada 2013. Monaco adalah salah satu klub yang belanja jor-joran di musim panas itu dan merekrut superstar seperti Radamel Falcao dan James Rodriguez.

Belanja jor-joran Monaco itu berakhir setelah musim panas tersebut karena mereka menyadari bahwa itu bukan model bisnis yang berkelanjutan. Jadi, sebaliknya, mereka mulai membeli pemain muda bertalenta dari seluruh dunia, mengembangkan mereka dan menjualnya ke klub-klub top Eropa dengan biaya besar. Model bisnis ini memberikan keajaiban bagi Monaco karena mendapat pemasukan lebih banyak dari klub lain sejak 2014 dan juga memenangkan Ligue 1 pada 2017.

Beberapa penjualan terbesar Monaco selama beberapa tahun terakhir termasuk superstar seperti Kylian Mbappe (€135 juta), James Rodriguez (€75 juta), Thomas Lemar (€70 juta), Anthony Martial (€60 juta), Benjamin Mendy (€57,5 juta), Bernado Silva (€50 juta), Fabinho (€45 juta), Youri Tielemans (€45 juta) dan Tiemoue Bakayoko (€40 juta).



KOMENTAR

Editorial Lainnya