BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Klub Peraih Gelar La Liga Terbanyak, Real Madrid Ungguli Barcelona

31-03-2021 12:39 | Aga Deta

5 Klub Peraih Gelar La Liga Terbanyak, Real Madrid Ungguli Barcelona
Real Madrid juara La Liga 2019-2020. (c) AP Photo

Bola.net - La Liga merupakan kompetisi kasta tertinggi dalam sepak bola Spanyol. Kompetisi ini pertama kali digulirkan pada tahun 1929.

Selama 92 tahun bergulir, tentu saja terdapat banyak tim yang pernah menjadi juara La Liga. Tim yang punya gelar juara terbanyak di kompetisi ini adalah Real Madrid.

Los Blancos juga menjadi juara La Liga pada musim kemarin. Mereka sekarang tengah berjuang untuk mempertahankan gelarnya pada musim ini.

Namun, perjalanan tim asuhan Zinedine Zidane untuk kembali meraih juara tidak mudah. Atletico dan Barcelona siap menjegal ambisi Los Merengues tersebut.

Berikut ini 5 klub peraih gelar La Liga terbanyak hingga saat ini.

1 dari 5 halaman

Valencia

Valencia (c) AP Photo
Valencia (c) AP Photo

Saat ini, Valencia berkutat di papan tengah klasemen La Liga. Namun, Los Che bisa dibilang adalah salah satu klub terbaik di La Liga pada era 1940-an.

Total sudah enam trofi yang dimenangkan Valencia di ajang La Liga sejauh ini. Trofi pertama dimenangkan pada musim 1941–42, sedangkan trofi terakhir dimenangkan pada musim 2003–04.

Sekarang, sulit bagi Valencia untuk kembali memenangkan titel La Liga. Musim kemarin, mereka bahkan hanya mampu finish di posisi ke-9 pada klasemen akhir La Liga.

2 dari 5 halaman

Athletic Bilbao

Athletic Bilbao pertama kali memenangkan La Liga pada musim 1929–30. Sejak saat itu, klub berjuluk Los Leones tersebut sudah mengoleksi 8 gelar liga.

Athletic Bilbao terakhir kali memenangkan gelar La Liga pada musim 1983–84. Ketika itu mereka berhasil menjadi juara dengan finis di atas Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid.

Hingga kini kejayaan Athletic Bilbao masih belum kembali. Jangankan juara, mereka saat ini sering kesulitan untuk bisa finis di posisi empat besar.

3 dari 5 halaman

Atletico Madrid

Dua pemain Atletico Madrid, Luis Suarez dan Marcos Llorente (c) AP Photo
Dua pemain Atletico Madrid, Luis Suarez dan Marcos Llorente (c) AP Photo

Atletico Madrid menjadi klub yang kerap menyulitkan Real Madrid dan Barcelona dalam beberapa tahun terakhir. Hingga saat ini, Atletico telah merengkuh gelar La Liga sebanyak 10 kali.

Atletico pertama kali menenangkan trofi La Liga pada musim 1939–40. Sementara itu, trofi terakhir dimenangkan pada musim 2013–14.

Los Rojiblancos saat ini tengah memimpin klasemen La Liga. Tim asuhan Diego Simeone berpeluang besar menjadi juara pada akhir musim nanti.

4 dari 5 halaman

Barcelona

Barcelona melaju ke final Copa del Rey usai menang dengan skor 3-0 atas Sevilla (c) AP Photo
Barcelona melaju ke final Copa del Rey usai menang dengan skor 3-0 atas Sevilla (c) AP Photo

Barcelona pertama kali menjadi juara La Liga pada 1929. Setelah itu klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut sudah mengoleksi 26 gelar juara di ajang La Liga.

Hingga kini, Barcelona masih mampu bersaing dalam perburuan gelar. Mereka terakir kali menjadi juara di kompetisi ini pada musim 2018–19.

Barcelona saat ini berada di posisi kedua pada klasemen semetara La Liga. Mereka masih punya kans yang cukup besar untuk kembali meraih juara pada musim ini.

5 dari 5 halaman

Real Madrid

Pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Toni Kroos saat menghadapi Valencia dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (14/2/2021). (c) AP Photo
Pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak Toni Kroos saat menghadapi Valencia dalam laga lanjutan La Liga hari Minggu (14/2/2021). (c) AP Photo

Real Madrid didirikan pada 6 Maret 1902. Klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut punya prestasi yang mengagumkan di pentas La Liga.

Real Madrid menjadi klub peraih gelar terbanyak dalam ajang La Liga. Los Merengues hingga saat ini sudah mengoleksi 34 gelar liga.

Los Blancos pertama kali menjuarai gelar La Liga pada 1931–32. Sementara itu, mereka terakhir kali melakukannya pada musim kemarin.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya