5 Kiper Top yang Jadi Cadangan di Piala Dunia 2022

Aga Deta | 9 Desember 2022, 15:04
5 Kiper Top yang Jadi Cadangan di Piala Dunia 2022
Al Rihla, bola resmi Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Ashley Landis

Bola.net - Piala Dunia bisa dibilang merupakan turnamen sepak bola terbesar di dunia. Banyaknya pemain-pemain berbakat membuat mereka bersaing ketat untuk mendapatkan tempat.

Tiap tim di Piala Dunia 2022 memasukkan 26 nama pemain dalam skuad mereka. Itu termasuk kiper yang berjumlah tiga orang.

Kiper punya peran penting buat tim yang bertarung di Piala Dunia 2022. Ia menjadi benteng terakhir untuk menjaga gawang dari kebobolan.

Tiap tim di Piala Dunia 2022 biasanya membawa kiper-kiper yang berkualitas. Namun, tak semua pemain tersebut dimainkan pelatih pada turnamen ini.

Diandalkan klubnya masing-masing, lima kiper berikut ini hanya menjadi pelapis di timnya pada Piala Dunia 2022. Siapa saja mereka?

1 dari 5 halaman

Marc-Andre Ter Stegen (Jerman)

Kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen. (c) AP Photo

Kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen. (c) AP Photo

Marc-Andre Ter Stegen merupakan kiper utama Barcelona. Dia bermain untuk Barcelona sejak tahun 2014 setelah didatngkan dari Borussia Mochengladbach.

Ter Stegen kerap menunjukkan performa yang sangat mengesankan di bawah mistar gawang. Meski begitu, dia masih belum dipercaya untuk mengawal gawang timnas Jerman secara reguler.

Sampai sejauh ini Ter Stegen masih belum bisa menggeser Manuel Neuer sebagai kiper utama Der Panzer. Kiper berusia 30 tahun tersebut cuma berada di bangku cadangan pada tiga laga Jerman di Piala Dunia 2022.

2 dari 5 halaman

Ederson (Brasil)

Kiper Brasil Ederson di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Pavel Golovkin

Kiper Brasil Ederson di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Pavel Golovkin

Ederson merupakan salah satu dari tiga kiper yang dibawa Brasil ke Piala Dunia 2022. Dia menunjukkan performa yang sangat impresif saat mengawal gawang Manchester City.

Namun, Ederson sampai sejauh ini masih kalah bersaing dengan Alisson sebagai kiper utama Brasil. Alhasil, Ederson banyak menghabiskan waktunya di bangku cadangan pada Piala Dunia 2022.

Pelatih Tite sempat memberikan kesempatan bagi Ederson untuk tampil di bawah mistar gawang saat melawan Kamerun. Sayangnya, Brasil kalah dengan skor 0-1 dalam pertandingan tersebut.

3 dari 5 halaman

Aaron Ramsdale (Inggris)

Kiper Aaron Ramsdale dalam sesi latihan timnas Inggris jelang laga melawan Iran di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Abbie Parr

Kiper Aaron Ramsdale dalam sesi latihan timnas Inggris jelang laga melawan Iran di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Abbie Parr

Aaron Ramsdale tampil cukup mengesankan saat mengawal gawang Arsenal. Hal tersebut membuat pelatih timnas Inggris Gareth Southgate membawanya ke Piala Dunia 2022.

Setelah berada di Qatar, Ramsdale masih belum mendapat kesempatan bermain dalam empat pertandingan yang dilakoni Inggris. Pasalnya, gawang Inggris saat ini masih dikawal Jordan Pickford.

Berusia, 24 tahun Ramsdale baru mencatatkan tiga caps bersama Tim Tiga Singa. Dia masih punya kesempatan untuk menjadi kiper utama Inggris pada turnamen besar lainnya.

4 dari 5 halaman

Rui Patricio (Portugal)

Rui Patricio (c) AFP

Rui Patricio (c) AFP

Rui Patricio merupakan kiper yang cukup berpengalaman. Kiper yang bermain di AS Roma tersebut termasuk sudah lama menjadi kiper utama Timnas Portugal

Rui Patricio sudah membela Portugal dalam 105 pertandingan. Dia juga pernah mengawal gawang Portugal pada turnamen besar seperti Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Namun, Rui Patricio sekarang cuma jadi cadangan pada Piala Dunia 2022. Pelatih Fernando Santos memilih Diogo Costa sebagai kiper utama Portugal di Qatar.

5 dari 5 halaman

Robert Sanchez (Spanyol)

Kiper Timnas Spanyol Robert Sanchez di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Julio Cortez

Kiper Timnas Spanyol Robert Sanchez di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Julio Cortez

Robert Sanchez saat ini bermain untuk klub Premier League Brighton. Dia menunjukkan performa yang cukup bagus saat mengawal gawang The Seagulls.

Berusia 25 tahun, Sanchez baru punya dua caps bersama Timnas Spanyol. Meski begitu, pelatih Luis Enrique pun tak ragu untuk membawanya ke Piala Dunia 2022.

Namun, Sanchez tidak mendapat kesempatan untuk beraksi dengan seragam Spanyol selama berada di Qatar. Enrique selalu memainkan Unai Simon dalam empat pertandingan di turnamen empat tahunan tersebut.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR