BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Kesalahan Ernesto Valverde Lawan Liverpool

09-05-2019 12:43 | Aga Deta

5 Kesalahan Ernesto Valverde Lawan Liverpool
Ernesto Valverde (c) AFP

Bola.net - Bola.net - Barcelona sudah tersingkir dari Liga Champions setelah dipermalukan Liverpool. Ernesto Valverde pun dianggap bertanggung jawab atas kegagalan Barcelona di kompetisi tersebut.

Langkah Barcelona dihentikan Liverpool pada babak semifinal usai kalah dengan agregat 3-4. Padahal mereka punya keuntungan yang sangat besar sebelum bertanding di Anfield.

Barcelona menang 3-0 pada leg pertama di Camp Nou. Namun, Liverpool berhasil membalikkan keadaan pada leg kedua.

Dua gol masing-masing dari Divock Origi dan Gerginio Wijnaldum membuat pasukan Jurgen Klopp menang 4-0. Dengan demikian, mereka berhak tampil di final Liga Champions.

Valverde melakukan lima kesalahan di Anfield sehingga Barcelona kolaps di Anfield. Apa saja itu? Berikut ini penjabarannya seperti dilansir Marca.

1 dari 5 halaman

Starting XI yang Sama Seperti Leg Pertama

Skuat Barca setelah dikalahkan Liverpool (c) AP Photo Skuat Barca setelah dikalahkan Liverpool (c) AP Photo

Barcelona memang menang 3-0 di Camp Nou tetapi sebenarnya Liverpool yang lebih mendominasi. Barca bisa menang karena tertolong Lionel Messi yang tampil gemilang dengan mencetak dua gol.

Pendekatan yang diterapkan Jurgen Klopp lebih baik dari Barcelona. Itu kembali dibuktikan lagi pada pertandingan leg kedua.

2 dari 5 halaman

Coutinho dan Kesempatan yang Terus Didapatkan

Philippe Coutinho (c) AP Photo Philippe Coutinho (c) AP Photo

Ousmane Dembele tidak bisa bermain karena cedera dan Malcom belum menemukan tempatnya. Namun, Coutinho seharusnya tidak berada di lapangan.

Pemain Brasil itu memperlihatkan sikap yang buruk dan bahkan penampilannya jauh lebih buruk lagi. Dia dianggap tidak pantas mendapat tempat di tim ini.

3 dari 5 halaman

Pemain-pemain Pengganti yang Tidak Berguna

Malcom (c) AFP Malcom (c) AFP

Aneh ketika Barcelona menurunkan tim yang sama seperti minggu sebelumnya, terutama ketika mereka terlihat jauh lebih baik dengan Nelson Semedo daripada Coutinho di Camp Nou.

Pergantian pemain yang sama juga terjadi di markas Liverpool. Arthur Melo menggantikan Arturo Vidal, sebelum Malcom masuk menggantikan Ivan Rakitic tanpa membuat dampak.

4 dari 5 halaman

Tenggelam dalam Tekanan

Gerard Pique Dan Arturo Vidal Kala Barcelona Menghadapi Valladolid (c) AFP Gerard Pique Dan Arturo Vidal Kala Barcelona Menghadapi Valladolid (c) AFP

Barcelona tak mampu menghadapi tekanan Liverpool. Vidal kalah dan kehilangan bola baik di kandang maupun tandang.

Arthur, yang direkrut untuk peristiwa-peristiwa seperti ini, tidak bermain sampai menit ke-74 sekalipun dia adalah gelandang terbaik dalam penguasaan bola.

5 dari 5 halaman

Pemain-Pemain yang Diganti Selalu Sama

Pergerakan Wijnaldum berusaha dihentikan Pique dan Vidal sekaligus. (c) AP Photo Pergerakan Wijnaldum berusaha dihentikan Pique dan Vidal sekaligus. (c) AP Photo

Di menit ke-74, Valverde menarik Vidal. Pemain Chile itu adalah satu-satunya gelandang Barca tanpa kartu kuning, dan satu-satunya pemain yang bisa memulihkan posisi yang kurang diuntungkan dengan melakukan pelanggaran.

Sergio Busquets dan Ivan Rakitic tidak dalam performa bagus, tapi malah Vidal yang ditarik keluar.


Misi Berat Chelsea dan Pembuktian Kiper Kedua Liverpool di Piala Super Eropa

KOMENTAR

Editorial Lainnya