5 Jebolan Akademi Chelsea yang Kini Berkarier di Serie A

Aga Deta | 22 September 2022, 14:33
Logo Chelsea di salah satu sudut stadion Stamford Bridge, kandang Chelsea. (c) AP Photo
Logo Chelsea di salah satu sudut stadion Stamford Bridge, kandang Chelsea. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea dikenal sebagai salah satu klub besar di Inggris. Klub berjuluk The Blues tersebut juga memiliki akademi sepak bola yang hebat.

Akademi Chelsea sering melahirkan talenta-talenta pesepakbola terbaik dunia. Beberapa alumnusnya banyak yang bermain di Premier League.

Ada beberapa pemain didikan akademi Chelsea yang menjadi bagian dari skuat The Blues pada musim 2022/2023. Sebut saja Mason Mount, Reece James, Trevoh Chalobah dan Armando Broja hingga Conor Gallagher.

Di sisi lain, banyak juga pemain dari akademi Chelsea yang tidak mendapat kesempatan untuk unjuk gigi di tim utama. Alhasil, mereka kemudian memilih untuk bermain bersama klub lain, seperti di Serie A.

Berikut ini pemain akademi Chelsea yang berkarier di Serie A.

1 dari 5 halaman

Jacopo Sala

Jacopo Sala sempat menimba ilmu di akademi Chelsea pada tahun 2007 hingga 2011. Sesuai itu, Sala hengkang ke Jerman bersama Hamburger SV.

Sala sempat bermain untuk tim utama Hamburger selama tiga tahun. Dia kemudian kembali ke Italia dengan memperkuat Hellas Verona pada 2013.

Setelah membela Sampdoria dan SPAL, Sala saat ini bermain untuk Spezia. Dia sudah mencatatkan 33 pertandingan di semua kompetisi untuk klub Serie A tersebut.

2 dari 5 halaman

Tammy Abraham

Tammy Abraham dikawal pemain lawan di laga AS Roma vs Cremonese, Serie A 2022/23 (c) AP Photo

Tammy Abraham dikawal pemain lawan di laga AS Roma vs Cremonese, Serie A 2022/23 (c) AP Photo

Setelah menimba ilmu di akademi Chelsea, Tammy Abraham dipinjamkan ke beberapa klub Inggris. Dia sempat menjadi pilihan utama di lini depan The Blues pada era Frank Lampard.

Namun, Abraham tersisih dari skuat Chelsea setelah kedatangan Thomas Tuchel. Striker asal Inggris tersebut kemudian memutuskan untuk meninggalkan Stamford Bridge dan bermain bersama AS Roma.

Abraham sampai sejauh ini sudah mencetak 29 gol dari 61 pertandingan untuk Roma. Dia juga ikut membantu Giallorossi menjadi juara UEFA Conference League pada musim lalu.

3 dari 5 halaman

Fikayo Tomori

Fikayo Tomori coba mencegah pergerakan lawan di laga Salzburg vs AC Milan, Liga Champions 2022/23 (c) AP Photo

Fikayo Tomori coba mencegah pergerakan lawan di laga Salzburg vs AC Milan, Liga Champions 2022/23 (c) AP Photo

Fikayo Tomori mendapatkan promosi ke tim senior Chelsea pada tahun 2016. Tomori kemudian diberi banyak kesempatan bermain di Stamford Bridge saat masih diasuh oleh Frank Lampard.

Namun, kehadiran Thomas Tuchel membuat karier Tomori di Chelsea harus berakhir. Tomori memutuskan untuk hengkang ke AC Milan pada Januari 2021 untuk mendapat kesempatan bermain reguler.

Tomori tampil apik dan menjadi bek utama di pertahanan Rossoneri asuhan Stefano Pioli. Tomori berhasil mengantarkan timnya meraih gelar Serie A pada musim 2021/22.

4 dari 5 halaman

Ola Aina

Ola Aina bergabung di akademi Chelsea pada tahun 2007. Ia berhasil mencatatkan debut di tim utama The Blues pada tahun 2016.

Meskipun begitu, Aina tak mampu menjadi pemain reguler di Stamford Bridge. Pemain asal Nigeria tersebut cuma mencatatkan enam pemampilan bersama The Blues.

Selama memperkuat Chelsea, Aina pernah dipinjamkan ke Hull City dan Torino. Dia dilepas permanen ke Torino pada 2019 dan saat ini sudah memainkan 99 pertandingan untuk Il Toro.

5 dari 5 halaman

Jeremie Boga

Pemain Atalanta Jeremie Boga. (c) AP Photo

Pemain Atalanta Jeremie Boga. (c) AP Photo

Setelah menimba ilmu di akademi Chelsea, Jeremie Boga lebih banyak menghabiskan waktu di klub lain dengan status pinjaman. Dia pernah dipinjamkan ke Rennes, Granada, dan Birmingham City.

Pada 2018 lalu, Jeremie Boga pindah ke Sassuolo dengan harga transfer 3,9 juta euro. Sejak kepindahan tersebut, winger 25 tahun tahun tersebut tampil bagus dan menjadi pilihan utama Sassuolo.

Pada Januari 2022, Boga memutuskan pindah ke Atalanta dengan status pinjaman. La Dea kemudian menebusnya secara permanen dan sampai sejauh ini sudah memainkan 24 pertandingan untuk klub.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR