5 Jebolan Akademi Barcelona Yang Justru Sukses di Klub Lain

Bola.net | 9 Januari 2018, 10:08
Mauro Icardi (c) AFP
Mauro Icardi (c) AFP

Bola.net - memiliki salah satu akademi paling terkenal dan sukses di dunia sepak bola. Akademi tersebut dikenal banyak orang dengan sebutan La Masia.

Akdemi Barcelona sudah menghasilkan banyak pemain hebat di dunia sepak bola. Lionel Messi, Xavi Hernadez, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets semuanya produk dari La Masia.

Namun, tidak semua pemain lulusan La Masia bisa menembus tim utama Barcelona. Bahkan mereka harus meninggalkan Camp Nou agar mendapat kesempatan bermain reguler.

Banyak yang berhasil membuktikan kalau meninggalkan Barcelona bukanlah akhir dari segalanya. Berikut ini 5 lulusan akademi Barcelona yang justru sukses di klub lain seperti dilansir Sportskeeda. (skd/ada)

1 dari 5 halaman

Mikel Arteta

Mikel Arteta

Arteta merupakan produk dari La Masia yang bergabung dengan Barcelona pada usia 15 tahun. Meskipun bertalenta, pemain Spanyol itu gagal masuk ke tim utama dan kemudian dipinjamkan ke PSG pada tahun 2000. Setelah masa peminjamannya berakhir pada tahun 2002, Arteta dijual ke raksasa Skotlandia Rangers dengan biaya transfer 6 juta pounds.

Dia kemudian kembali ke kampung halamannya Real Sociedad setelah menjalani masa yang sangat sukses selama dua tahun di Skotlandia. Dia menjalani awal karir yang buruk di Sociedad dan kemudian dipinjamkan ke Everton pada bulan Januari. Arteta membantu Everton ke meraih posisi keempat di Premier League dan statusnya dibuat permanen pada musim panas 2005.

Musim 2005/06 adalah musim yang cukup sukses dalam karirnya setelah ia meraih penghargaan Everton Player of the Season. Musim 2006/07 bahkan berjalan lebih baik. Dia mencetak sembilan gol dan membuat sembilan assist dalam 39 penampilan. Setelah enam setengah tahun sukses di Everton, Arteta pindah ke Arsenal pada tahun 2011.

Dia menjalani tiga musim yang hebat dengan Arsenal namun cedera mengurangi waktu bermainnya selama musim 2014/15 dan 2015/16. Dia akhirnya meninggalkan Arsenal pada 2016, setelah tampil di 149 penampilan.
2 dari 5 halaman

Pepe Reina

Pepe Reina

Pepe Reina bergabung dengan La Masia pada usia enam tahun. Reina membuat debut di La Liga pada musim 2000-01 saat berusia 18 tahun. Ketika Barcelona menandatangani kiper asal Jerman Robert Enke pada tahun 2002, Reina harus meninggalkan klub.

Dia bergabung dengan Villarreal pada bulan Juli 2002 dan tampil 136 kali untuk klub tersebut dalam tiga tahun. Dia membantu mereka menembus semifinal Piala UEFA pada tahun 2004 dan meraih tempat ketiga di La Liga pada 2004/05. Penampilannya yang hebat bersama Villarreal menarik perhatian beberapa klub papan atas Eropa dan Liverpool merekrutnya pada tahun 2005.

Reina kemudian menjadi kiper pilihan pertama Liverpool selama delapan tahun dan membuat 394 penampilan untuk raksasa Inggris tersebut. Dia mengangkat beberapa trofi selama hari-hari suksesnya di Anfield.

Reina sempat bermain di Jerman bersama Bayern Munchen selama setahun dan kemudian pindah ke Napoli pada tahun 2015. Dia saat ini menjadi kiper utama Napoli.
3 dari 5 halaman

Hector Bellerin

Hector Bellerin

Bek kanan Spanyol itu memulai karir sepak bolanya di akademi Barcelona pada usia 8 tahun. Setelah 8 tahun bersama raksasa Spanyol tersebut, Bellerin pindah ke Arsenal pada tahun 2011.

Pindah ke Inggris membuat sang pemain berkembang. Pada usia 19 tahun, Hector Bellerin menjadi pemain reguler di Emirates. Dia saat ini adalah salah satu bek kanan terbaik di Premier League dan menarik perhatian beberapa klub papan atas Eropa, termasuk Barcelona.

Bellerin sudah membuat 132 penampilan untuk Arsenal dan tahun-tahun terbaiknya ada di depannya. Baru berusia 22 tahun, dia memiliki potensi untuk menjadi salah satu bek terbaik di dunia.
4 dari 5 halaman

Cesc Fabregas

Cesc Fabregas

Cesc Fabregas adalah bagian dari La Masia sejak berusia 10 tahun. Meski penampilannya brilian La Masia, Fabregas tidak berhasil mendapatkan kesempatan bermain untuk tim utama di Camp Nou.

Setelah 6 tahun bersama raksasa Catalan, Fabregas pindah ke Arsenal pada tahun 2003. Dia tidak menyia-nyiakan waktunya di Inggris dan menjadi pemain reguler pada usia 17. Dia menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia di Arsenal dan Barcelona merekrutnya kembali pada tahun 2011. Fabregas membuat 303 penampilan untuk Arsenal selama 8 tahun di sana.

Dia bermain di Camp Nou selama tiga musim namun kembali dijual, kali ini ke rival Arsenal, Chelsea. Pemain Spanyol itu mengangkat gelar Premier League bersama Chelsea. Fabregas juga membuat 110 penampilan untuk tim nasional Spanyol dan ikut mengangkat Piala Dunia 2010.
5 dari 5 halaman

Mauro Icardi

Mauro Icardi

Pemain Argentina terserbut saat ini adalah salah satu striker papan atas di dunia sepak bola. Kapten Inter Milan itu sudah menolak tawaran dari klub top Eropa seperti Liverpool, Arsenal, dan Real Madrid untuk bergabung dengan Barcelona pada 2008 lalu di usia 15 tahun.

Dia bermain di akademi Barcelona dari 2008-2011, namun tidak dapat membuat kemajuan yang diharapkan. Ia kemudian bergabung dengan Sampdoria pada 2011 dan membuat 33 penampilan. Icardi kemudian pindah ke Inter Milan dengan biaya 6,5 juta euro pada musim 2013/14.

Pemain berusia 24 tahun itu telah mencetak 96 gol dalam 168 penampilan untuk Inter Milan. Dengan 18 gol di Serie A, Mauro Icardi saat ini berada di posisi kedua dalam perlombaan penghargaan Golden Boot Eropa untuk musim 2017/18.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR