BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Gelandang Mahal yang Bapuk di Liverpool, Termasuk Naby Keita

21-04-2021 16:47 | Aga Deta

5 Gelandang Mahal yang Bapuk di Liverpool, Termasuk Naby Keita
Naby Keita. (c) Pool AFP via AP Photo

Bola.net - Liverpool adalah salah satu klub besar dalam dunia sepak bola. Tidak mengherankan kalau The Reds punya banyak pemain bintang di skuadnya.

Liverpool juga termasuk salah satu klub yang cukup aktif di bursa transfer. Mereka tidak segan mengeluarkan banyak uang untuk membangun skuadnya.

Selama bertahun-tahun, ada banyak pemain yang didatangkan Liverpool dengan harga mahal. Itu termasuk pemain yang berposisi sebagai gelandang.

Sayang, tidak semua gelandang mahal yang dibeli Liverpool punya karier yang sukses di Anfield. Beberapa dari mereka terlihat kesulitan menunjukkan performa terbaiknya.

Lantas siapa saja gelandang mahal yang mendadak butut saat berkostum Liverpool? Berikut ini lima di antaranya.

1 dari 5 halaman

Joe Allen

Joe Allen memperkuat Liverpool mulai tahun 2012. Saat itu dia dibeli dari Swansea City dengan biaya yang mencapai 19 juta euro.

Meski demikian, Allen tidak pernah benar-benar menunjukkan potensi terbaiknya di Liverpool. Dia lebih banyak menjadi pemain pelapis di lini tengah The Reds.

Selama empat musim bermain di Anfield, Allen tampil 132 kali dan bikin tujuh gol. Dia meninggalkan Liverpool dan bergabung dengan Stoke City pada 2016.

2 dari 5 halaman

Alberto Aquilani

Alberto Aquilani (c) AFP
Alberto Aquilani (c) AFP

Alberto Aquilani direkrut Liverpool dari AS Roma pada musim panas 2008. The Reds mengeluarkan 20 juta euro untuk merekrut gelandang asal Italia tersebut.

Aquilani disiapkan sebagai pengganti Xabi Alonso di lini tengah Liverpool. Namun, potensi Aquilani yang sesungguhnya tak pernah terlihat di Anfield.

Aquilani lebih banyak mengalami cedera selama bermain untuk Liverpool. Setelah mencatatkan 28 penampilan, Aquilani meninggalkan The Reds secara permanen pada 2012.

3 dari 5 halaman

Stewart Downing

Stewart Downing (c) AFP
Stewart Downing (c) AFP

Stewart Downing datang ke Liverpool pada 2011 setelah diboyong dari Aston Villa. Dia saat itu dibeli dengan harga 22,8 juta euro.

Downing akhirnya menjadi pemain yang terbuang di Anfield. Dia kesulitan memberikan kontribusi nyata bagi Liverpool meskipun sudah didatangkan dengan harga mahal.

Selama tiga musim di Liverpool, Downing mencatatkan 91 penampilan dan tujuh gol. Dia meninggalkan Liverpool pada 2013 dengan bergabung West Ham.

4 dari 5 halaman

Alex Oxlade-Chamberlain

Alex Oxlade-Chamberlain saat bermain di laga Genk vs Liverpool di Liga Champions. (c) AP Photo
Alex Oxlade-Chamberlain saat bermain di laga Genk vs Liverpool di Liga Champions. (c) AP Photo

Liverpool mendatangkan Alex Oxlade-Chamberlain dari Arsenal pada 2017. Gelandang asal Inggris tersebut ditebus dengan biaya yang mencapai 38 juta euro.

Namun, Oxlade-Chamberlain kesulitan menunjukkan performa terbaiknya sejak dibeli Arsenal. Gelandang berusia 27 tahun tersebut dibekap cedera melulu.

Akibat cedera tersebut, Oxlade-Chamberlain jarang tampil di atas lapangan dan lebih sering menghabiskan waktunya di ruang perawatan. Selama hampir empat musim, Oxlade-Chamberlain sudah bermain 101 kali untuk The Reds.

5 dari 5 halaman

Naby Keita

Naby Keita. (c) AP Photo
Naby Keita. (c) AP Photo

Naby Keita mendarat di Liverpool pada awal musim 2018/2019. The Reds mengeluarkan kocek sebesar 60 juta euro untuk mendatangkan pemain asal Guinea tersebut.

Kedatangan gelandang 23 tahun itu diiringi dengan harapan tinggi. Pasalnya, Keita tampil cemerlang saat memperkuat RB Leipzig.

Namun, Keita mengalami penurunan performa setelah datang ke Anfield. Serangkaian cedera sepertinya membuat Keita kesulitan menunjukkan performa terbaiknya.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya