BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Fakta Menarik Liga Champions 2019/20 yang Harus Diketahui

16-09-2019 14:05 | Aga Deta

5 Fakta Menarik Liga Champions 2019/20 yang Harus Diketahui
Liga Champions. (c) UEFA

Bola.net - Kompetisi Liga Champions akan kembali bergulir pada pekan ini. Setiap tim yang berlaga di kompetisi tersebut siap memperebutkan trofi Si Kuping Besar.

Perjalanan menuju final masih sangat panjang. Persaingan antar klub akan semakin sulit untuk meraih gelar juara.

Musim lalu, Liverpool keluar sebagai juara setelah menaklukan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0. Besar harapan bagi The Reds mampu mempertahankan trofi yang sudah mereka raih musim lalu.

Bagaimana dengan musim ini? Berikut fakta menarik Liga Champions musim 2019-2020.

1 dari 5 halaman

Aturan 12 pemain cadangan

Para pemain Liverpool merayakan kemenangannya sementara para pemain Tottenham tampak lesu. (c) AP Photo Para pemain Liverpool merayakan kemenangannya sementara para pemain Tottenham tampak lesu. (c) AP Photo

Setiap klub dapat memasukan 12 pemain ke dalam bangku cadangan. Manajer klub mendapatkan banyak pilihan untuk melakukan pergantian pemain.

Penerapan 12 pemain cadangan di Liga Champions sebenarnya sudah dilakukan saat final Liga Champions yang mempertemukan Liverpool dan Tottenham Hotspur. Aturan ini akan dilanjutkan pada Liga Champions musim ini.

Pada fase grup, setiap klub hanya dapat melakukan tiga pergantiaan saja. Namun, pada fase gugur, setiap klub dapat melakukan pergantian keempat saat memasuki tambahan waktu.

2 dari 5 halaman

Aturan gol tandang

Para pemain Chelsea merayakan gol perdana Mason Mount di Premier League kontra Leicester City. (c) AP Photo Para pemain Chelsea merayakan gol perdana Mason Mount di Premier League kontra Leicester City. (c) AP Photo

Chelsea, Manchester City, bahkan Manchester United pernah merasakan sakitnya tersingkir dari fase gugur Liga Champions karena aturan gol tandang. Aturan ini terkesan tidak adil karena memberikan kemenangan bagi tim yang mencetak gol di kandang lawan.

Asal muasal aturan ini dibuat karena tim yang bertandang ke kandang lawan harus melalui perjalanan yang cukup jauh. Belum lagi setiap tim membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk bertandang ke kandang lawan. Sekarang teknologi transportasi sudah berkembang sangat pesat. Setiap tim dapat melakukan penerbangan langsung ke kota yang mereka tuju.

UEFA sedang membahas kemungkinan untuk menghapus aturan gol tandang pada musim ini. Namun, aturan ini sedang dalam kajian UEFA.

3 dari 5 halaman

Aturan baru dari FIFA

Barcelona vs Valencia: Ansu Fati merayakan golnya bersama Antoine Griezmann. (c) AP Photo Barcelona vs Valencia: Ansu Fati merayakan golnya bersama Antoine Griezmann. (c) AP Photo

Banyak aturan baru yang sudah diterapkan sejak Piala Dunia Wanita 2019. Kini aturan tersebut sudah diterapkan pada beberapa kompetisi yang telah bergulir.

FIFA memang telah merilis bebrapa aturan baru dalam pertandingan sejak Juni 2019. Beberapa aturan baru tersebut wajib dilakukan oleh seluruh pemain yang bertanding.

Tim yang mengambil eksekusi tendangan bebas, pemainnya tidak boleh mengganggu dan harus sejauh satu meter dari pagar betis lawan.

Kiper tidak harus melakukan tendangan gawang atau bebas dari kotak penalti agar bola dianggap masih dalam permainan.

Gol akan dianulis jika mengenai tangan, baik disengaja maupun tidak.

4 dari 5 halaman

Klub debut di Liga Champions

Atalanta (c) AP Photo Atalanta (c) AP Photo

Ada beberapa klub baru yang akan bersaing di Liga Champions musim ini. Dari Italia ada Atalanta yang baru pertama kali berpartisipasi di Liga Champions musim ini. Atalanta akan tergabung di Grup C bersama Manchester City, Shakthar Donetsk dan Dinamo Zagreb.

5 dari 5 halaman

Venue Final

Jurgen Klopp mengangkat trofi juara Liga Champions 2018-19. (c) AP Photo Jurgen Klopp mengangkat trofi juara Liga Champions 2018-19. (c) AP Photo

Final Liga Champions musim ini akan digelar di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul. Stadion tersebut merupakan tempat yang bersejarah bagi Liverpool.

Liverpool meraih gelar kelima Liga Champions pada tahun 2005 saat menaklukan AC Milan setelah tertinggal tiga gol pada babak pertama.

Steven Gerrard cs mampu menyamakan keadaan sebelum 90 menit berakhir. Laga tersebut dilanjutkan ke babak tambahan. Namun, tidak ada satu gol pun terjadi pada babak tambahan. Liverpool keluar sebagai juara lewat adu penalti.

Sumber: Squawka
Disadur dari: Bola.com/Penulis Ario Yosia/Editor Ario Yosia
Published: 15 September 2019


Aksi Bocah Indonesia Main Sepak Bola Disorot Bintang AC Milan

KOMENTAR

Editorial Lainnya