BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

5 Debut dalam Karier Cristiano Ronaldo: Tidak Selalu Menang

10-09-2021 16:46 | Aga Deta

5 Debut dalam Karier Cristiano Ronaldo: Tidak Selalu Menang
Cristiano Ronaldo bergabung dengan Manchester United (c) MUFC

Bola.net - Cristiano Ronaldo mungkin akan menjalani debut kedua untuk Manchester United pada akhir pekan ini. Dia berpeluang tampil saat MU menghadapi Newcastle United di Old Trafford.

Ronaldo kembali bergabung dengan Manchester United pada musim panas ini. MU memboyong bintang Portugal tersebut dari raksasa Serie A Juventus.

Setan Merah hanya mengeluarkan uang sebesar 15 juta euro plus biaya tambahan senilai 8 juta euro untuk memulangkan Ronaldo. CR7 kemudian dikontrak dua tahun oleh The Red Devils

Ronaldo sudah mulai mengikuti sesi latihan bersama United. Dia diperkirakan akan melakoni debut keduanya pada laga kontra Newcastle akhir pekan ini.

Berikut ini lima debut Ronaldo bersama tim yang pernah dibelanya.

1 dari 5 halaman

Sporting CP

Cristiano Ronaldo mendapatkan promosi ke tim utama Sporting CP pada Agustus 2002. Ketika itu, Ronaldo baru berusia 17 tahun.

Ronaldo melakukan debut kompetitifnya saat melawan Inter Milan di kualifikasi Liga Champions. Dia masuk dari bangku cadangan pada menit ke-58 di Stadion Jose Alvalade.

Ronaldo ternyata mampu membuat pemain Inter kerepotan. Namun, laga Sporting vs Inter ini berakhir imbang tanpa gol.

2 dari 5 halaman

Manchester United

Cristiano Ronaldo pada periode pertamanya memperkuat Manchester United (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo pada periode pertamanya memperkuat Manchester United (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo bergabung dengan Manchester United pada tahun 2003. Pada 16 Agustus 2003, Ronaldo pertama kali bermain dengan seragam Setan Merah melawan Bolton.

Saat itu, Ronaldo mengawali laga dari bangku cadangan. Pemain asal Portugal tersebut baru masuk di menit ke-61 dengan menggantikan Nicky Butt.

Ronaldo memenangkan penalti yang gagal dieksekusi Ruud van Nistelrooy dan terlibat dalam gol kedua Ryan Giggs. Dia membantu MU menutup pertandingan ini dengan skor 4-0.

3 dari 5 halaman

Timnas Portugal

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo menjalani debut dengan timnas Portugal pada 20 Agustus 2003. Usianya saat itu baru menginjak 18 tahun.

Ronaldo sebenarnya baru menjalani 10 laga bersama Manchester United. Pelatih Portugal saat itu Luiz Felipe Scolari langsung jatuh hati dengan performa CR7.

Ronaldo membela timnas Portugal untuk pertama kalinya saat melawan Kazakhstan. Dia dipercaya untuk menggantikan sang kapten Luis Figo dan membantu A Selecao memenangi laga itu dengan skor tipis 1-0.

4 dari 5 halaman

Real Madrid

Cristiano Ronaldo saat mengeksekusi penalti. (c) uefa
Cristiano Ronaldo saat mengeksekusi penalti. (c) uefa

Cristiano Ronaldo berkembang menjadi salah satu pemain terbaik di dunia di Mancheter United. Dia kemudian pindah ke Real Madrid dengan status pemain termahal dunia pada musim panas 2009.

Tidak seperti tiga debutnya sebelumnya, Ronaldo langsung masuk dalam starting Xl Real Madrid di laga kontra Deportivo La Coruna di La Liga. Dia bermain bersama Raul Gonzalez dan Karim Benzema di lini depan Los Blancos.

Ronaldo mencetak satu gol saat El Real menang 3-2 di Santiago Bernabeu. Gol Ronaldo berasal dari eksekusi penalti setelah Raul Gonzalez dilanggar kiper Daniel Aranzubia.

5 dari 5 halaman

Juventus

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo.  (c) AP Photo
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo. (c) AP Photo

Setelah sembilan musim di Real Madrid, Cristiano Ronaldo kemudian pindah ke Juventus pada musim 2018/2019. Bianconeri menebusnya dari Santiago Bernabeu seharga 117 juta euro.

Ronaldo membuat debut bersama Juventus saat bertandang ke markas Chievo Verona dalam ajang Serie A. Ronaldo dimainkan sebagai ujung tombak dalam formasi 4-2-3-1.

Ronaldo tidak mencetak gol atau assist dalam pertandingan melawan Chievo. Namun, tim asuhan Massimiliano Allegri saat itu berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-2.

Sumber: Berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya