5 Bomber Manchester United yang Pernah Menyabet Sepatu Emas Premier League

Aga Deta | 5 Agustus 2022, 15:28
Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo
Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United menjadi tim tersukses dalam sejarah Premier League. Klub berjuluk Setan Merah tersebut punya koleksi 13 gelar Premier League.


Kesuksesan MU tersebut tak lepas dari jasa para mesin golnya. Setan Merah selalu punya bomber garang yang senang merobek gawang lawan.

Beberapa pemain mampu menyumbang banyak gol untuk Setan Merah dalam ajang Premier League. Keganasan mereka bisa berbuah penghargaan Sepatu Emas Premier League.

Sampai sejauh ini ada lima pemain MU yang berhasil meraih penghargaan Sepatu Emas Premier League. Siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya.

1 dari 5 halaman

Dwight Yorke

Dwight Yorke dan Andy Cole (c) MUFC Official

Dwight Yorke dan Andy Cole (c) MUFC Official

Manchester United membeli Dwight Yorke dari Aston Villa pada musim panas 1998. Striker asal Trinidad & Tobago ini langsung menjadi andalan di lini depan Setan Merah.

Yorke berhasil mencetak 18 gol di Premier League pada musim pertamanya di Old Trafford. Dia menjadi pemain tersubur di liga bersama Michael Owen dan Jimmy Floyd Hasselbaink.

Yorke pun menjadi pemain MU pertama yang berhasil meraih Sepatu Emas Premier League. Dia juga membantu MU meraih treble winners di musim tersebut.

2 dari 5 halaman

Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy dan Sir Alex Ferguson (c) AP Photo

Ruud van Nistelrooy dan Sir Alex Ferguson (c) AP Photo

Ruud van Nistelrooy adalah salah satu striker top yang pernah bermain untuk Manchester United. Pemain asal Belanda itu tercatat membela Setan Merah selama lima musim.

Setelah tiba dari PSV Eindhoven pada musim panas 2001, Van Nistelrooy langsung beraksi di Old Trafford. Van Nistelrooy mencetak banyak gol, termasuk 25 gol di Premier League 2002/03.

Ketajamannya itu mengantarkan Van Nistelrooy menjadi pencetak gol terbanyak di Premier League. Setan Merah juga keluar sebagai juara liga pada musim itu.

3 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo

Selebrasi gol pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Selebrasi gol pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo tampil sangat hebat untuk Manchester United pada musim 2007/08. Bintang asal Portugal tersebut berhasil mencetak 42 gol di semua kompetisi.

Di ajang Premier League, Ronaldo berhasil menyumbang 31 gol. Mantan pemain Real Madrid itu pun sukses menjadi pemain tersubur Premier League pada musim tersebut.

Bukan hanya itu saja, Ronaldo membawa MU memenangi trofi Premier League dan Liga Champions. Berkat kesuksesannya itu, Ronaldo menyabet Ballon d'Or pertamanya.

4 dari 5 halaman

Dimitar Berbatov

Sir Alex Ferguson dan Dimitar Berbatov saat di Manchester United. (c) AP Photo

Sir Alex Ferguson dan Dimitar Berbatov saat di Manchester United. (c) AP Photo

Dimitar Berbatov juga menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di Premier League. Pemain asal Bulgaria ini berseragam Manchester United pada tahun 2008 hingga 2012.

Berbatov membela Setan merah dalam 108 pertandingan di Premier League dengan catatan 48 gol. Mantan pemain Tottenham tersebut juga menyumbang 21 assist.

Pada musim 2010/11, Berbatov menjadi pencetak gol terbanyak Premier League dengan koleksi 20 gol. MU juga mengakhiri musim dengan trofi Premier League.

5 dari 5 halaman

Robin van Persie

Robin Van Persie (c) AFP

Robin Van Persie (c) AFP

Pada tahun 2012, Manchester United membajak Robin van Persie dari Arsenal. Striker Timnas Belanda itu menjadi top skor Premier League bersama Arsenal pada musim sebelumnya.

Van Persie langsung memberikan dampak instan bagi MU. Dia membuat Setan Merah memenangkan gelar Premier League setelah datang ke Old Trafford.

Pada musim itu, Van Persie berhasil mencetak 26 gol di liga. Dia pun menjadi pemain MU terakhir yang sukses menjadi top skor Premier League.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR