5 Bek Kiri Termahal Chelsea: Ada Marc Cucurella

Aga Deta | 8 Agustus 2022, 12:20
Bek Chelsea Marc Cucurella. (c) AP Photo
Bek Chelsea Marc Cucurella. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea masih terus meningkatkan kekuatan skuatnya di bursa transfer musim panas ini. Terbaru, The Blues berhasil mendatangkan Marc Cucurella dari Brighton.

Cucurella datang ke Stamford Bridge dengan kontrak enam tahun. Dengan demikian, sang pemain akan membela Chelsea setidaknya hingga 30 Juni 2028.

Kedatangan Cucurella akan memperkuat barisan belakang Chelsea. Pemain asal Spanyol tersebut akan bersaing langsung dengan Ben Chilwell di posisi bek sayap kiri The Blues.

Tak disebutkan berapa yang dibayar Chelsea untuk mendapatkan pemain 24 tahun itu. Namun, Transfermarkt menyebut nilai transfer Cucurella mencapai 65,3 juta euro.

Nilai sebesar itu menjadikan Cucurella sebagai salah satu bek kiri termahal dalam sejarah Chelsea. Lantas, apakah ia menempati posisi teratas?

Berikut ini 5 bek kiri termahal yang pernah dibeli Chelsea.

1 dari 5 halaman

5. Yuri Zhirkov

Yuri Zhirkov (c) AFP

Yuri Zhirkov (c) AFP

Yuri Zhirkov didatangkan Chelsea dari CSKA Moskow pada musim panas 2009 dengan biaya transfer 21 juta euro. Zhirkov tercatat hanya membela The Blues selama dua musim hingga 2011.

Zhirkov mencatatkan 41 pertandingan di semua ajang bersama Chelsea. Dia berhasil mencetak satu gol dan membuat 11 assist dari penampilannya tersebut.

Selama berkarier di Stamford Bridge, Zhirkov ikut memenangkan Premier League dan Piala FA. Setelah bermain di Inggris, Zhirkov kemudian kembali ke Rusia dengan memperkuat Anzhi Makhachkala.

2 dari 5 halaman

4. Marcos Alonso

Marcos Alonso berduel dengan Diogo Dalot dalam laga Premier League antara Manchester United vs Chelsea di Old Trafford, Jumat (29/4/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Marcos Alonso berduel dengan Diogo Dalot dalam laga Premier League antara Manchester United vs Chelsea di Old Trafford, Jumat (29/4/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Marcos Alonso saat ini menjadi salah satu pemain terlama di skuat Chelsea. Dia bergabung dengan The Blues dari Fiorentina pada 2016 dengan biaya transfer 23 juta euro.

Alonso termasuk punya karier yang cukup sukses selama berada di Stamford Bridge. Dia telah membantu tim London Utara itu memenangkan Premier League, Liga Europa dan Liga Champions.

Kontrak Alonso dengan Chelsea akan habis pada tahun depan. Pemain belakang asal Spanyol tersebut sudah memainkan 211 penampilan untuk The Blues dengan mencetak 29 gol dan 23 assist.

3 dari 5 halaman

3. Baba Rahman

Baba Rahman (c) CFC

Baba Rahman (c) CFC

Baba Rahman bergabung dengan Chelsea pada tahun 2015. Pemain asal Ghana tersebut direkrut dari Ausgburg dengan biaya transfer sebesar 26 juta euro.

Sayang, Baba Rahman tidak pernah mendapat kesempatan untuk membuktikan kualitasnya di Stamford Bridge. Bek kiri berusia 28 tahun itu lebih sering menghabiskan waktunya di klub lain dengan status pinjaman.

Pada musim lalu, Baba Rahman menjalani masa peminjaman di klub Championship Reading. Sejauh ini ia baru mencatatkan 23 penampilan di semua kompetisi bersama Chelsea.

4 dari 5 halaman

2. Ben Chilwell

Ben Chilwell merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brentford pada pekan ke-8 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Ben Chilwell merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Brentford pada pekan ke-8 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Ben Chilwell merupakan salah satu rekrutan Chelsea pada musim panas 2020 lalu. Ia ditebus dengan biaya yang mencapai 50,2 juta euro dari Leicester City.

Kedatangan Chilwell diharapkan bisa menyelesaikan masalah di posisi bek kiri Chelsea. Sayangnya, pemain asal Inggris tersebut mendapat cedera ACL pada November 2021.

Sampai sejauh ini Chilwell sudah bermain dalam 55 laga di semua kompetisi bersama Chelsea. Ia sukses mencatatkan tujuh gol dan 12 assist dari penampilannya tersebut.

5 dari 5 halaman

Marc Cucurella

Marc Cucurella. (c) chelseafc.com

Marc Cucurella. (c) chelseafc.com

Marc Cucurella menunjukkan performa yang sangat mengesankan bersama Brighton. Chelsea kemudian membawanya ke Stamford Bridge pada musim panas 2022 ini.

Bek kiri asal Spanyol tersebut ditebus Chelsea dengan biaya yang mencapai 65,3 juta euro. Cucurella datang ke Stamford Bridge pada usia 24 tahun.

Cucurella punya kecepatan yang luar biasa dan performanya cukup konsisten. Kini ia pun memikul beban sebagai bek kiri termahal dalam sejarah Chelsea.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR