4 Pemain Portugal yang Mencetak Hattrick di Piala Dunia, Ada Ronaldo Lho!

Aga Deta | 8 Desember 2022, 15:42
4 Pemain Portugal yang Mencetak Hattrick di Piala Dunia, Ada Ronaldo Lho!
Cristiano Ronaldo saat Portugal melawan Uruguay dalam laga Grup H Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Abbie Parr

Bola.net - Fernando Santos mengambil keputusan besar saat Portugal menghadapi Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (7/12/2022) Dia menaruh Cristiano Ronaldo di bangku cadangan.

Keputusan berani ini terbukti sangat tepat. Bruno Fernandes dan kawan-kawan mampu mengalahkan Swiss dengan skor telak 6-1 di Lusail Stadium.

Goncalo Ramos, striker muda yang dipercaya menggantikan peran Ronaldo, tampil luar biasa. Pemain Benfica tersebut membuat hattrick di laga ini.

Dengan torehan tersebut, Goncalo Ramos bukan satu-satunya pemain Portugal yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Lalu siapa saja pada pendahulunya?

1 dari 4 halaman

1. Eusebio

Eusebio menjadi pemain Portugal pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Eusebio melakukannya pada edisi 1966 yang berlangsung di Inggris.

Eusebio memborong empat gol ketika timnya mengalahkan Korea Utara 5-3 di perempat final. Berkat penampilan apil Eusebio, Portugal pun berhak melaju ke semifinal.

Portugal pada akhirnya berhasil merebut tempat ketiga di Piala Dunia 1966. Eusebio pun meraih gelar top skor turnamen setelah mengemas sembilan gol.

2 dari 4 halaman

2. Pauleta

Portugal tampil sangat buruk di Piala Dunia 2002. Tim yang diarsiteki Antonio Oliveira itu tak mampu lolos dari fase grup.

Tergabung di Grup D, Portugal menelan kekalahan dari Amerika Serikat dan Korea Selatan. Satu-satunya kemenangan yang berhasil diraih Portugal adalah saat berhadapan dengan Polandia.

Pada pertandingan tersebut, Portugal mampu mengalahkan Polandia dengan skor telak 4-0. Seleccao das Quinas menang berkat tiga gol dari Pauleta serta tambahan satu gol dari Rui Costa.

3 dari 4 halaman

3. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo merayakan gol pembuka Portugal di laga Piala Dunia 2022 versus Uruguay, Selasa (29/11/2022) (c) AP Photo/Aijaz Rahi

Cristiano Ronaldo merayakan gol pembuka Portugal di laga Piala Dunia 2022 versus Uruguay, Selasa (29/11/2022) (c) AP Photo/Aijaz Rahi

Piala Dunia 2018 di Rusia menyajikan begitu banyak kisah. Salah satunya adalah hattrick sensasional Cristiano Ronaldo di laga pertama Portugal.

Kapten Portugal tersebut mencetak hat-trick itu pada babak penyisihan Grup B, tepatnya ketika melawan Spanyol pada laga pertama. Laga itu berlangsung sengit dan berkesudahan imbang 3-3.

Ronaldo memborong tiga gol ke gawang David De Gea pada usia 33 tahun 130 hari. Hal itu membuat Ronaldo jadi pencetak hattrick tertua dalam sejarah Piala Dunia.

4 dari 4 halaman

4. Goncalo Ramos

Selebrasi Goncalo Ramos dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022 Portugal vs Swiss, Rabu (7/12/2022). (c) AP Photo/Alessandra Tarantino

Selebrasi Goncalo Ramos dalam laga 16 besar Piala Dunia 2022 Portugal vs Swiss, Rabu (7/12/2022). (c) AP Photo/Alessandra Tarantino

Goncalo Ramos menjadi pemain Portugal terbaru yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Dia melakukannya saat Portugal berhadapan dengan Swiss pada babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Didapuk sebagai pengganti Cristiano Ronaldo, Goncalo Ramos mampu tampil apik kontra Swiss. Striker andalan Benfica tersebut berhasil mencetak tiga gol dalam kemenangan 6-1 atas Swiss.

Setelah menyingkirkan Swiss, Portugal akan menghadapi Swiss di babak perempat final. Ramos berpeluang besar kembali menjadi starter dalam pertandingan ini.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR