BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

4 Klub Thomas Tuchel Sebelum Bergabung dengan Chelsea

27-01-2021 12:21 | Aga Deta

4 Klub Thomas Tuchel Sebelum Bergabung dengan Chelsea
Thomas Tuchel (c) Chelsea FC

Bola.net - Chelsea sudah resmi mengangkat Thomas Tuchel sebagai pelatih yang baru. Tuchel menggantikan Frank Lampard yang sebelumnya dipecat.

Chelsea mengumumkan penunjukan Tuchel disampaikan Chelsea lewat laman resmi mereka pada Rabu (27/1/2021) dini hari WIB. Tuchel meneken kontrak 18 bulan dengan opsi perpanjangan.

Tuchel merupakan pelatih Jerman pertama yang memimpin Chelsea. Dia tiba di Stamford Bridge setelah sebelumnya dipecat PSG.

Tuchel sendiri akan menjalani debutnya bersama Chelsea dalam laga lanjutan Premier League kontra Wolverhampton, Kamis (28/1/2021) dini hari WIB besok.

Sebelum datang ke Inggris, Tuchel pernah bekerja di Jerman dan Prancis. Lantas, bagaimana perjalanan karier Tuchel dengan klub-klub sebelumnya?

1 dari 4 halaman

Augsburg II

Thomas Tuchel (c) AP Thomas Tuchel (c) AP

Thomas Tuchel menjadi koordinator tim muda Augsburg II pada 2005. Dua tahun kemudian, Tuchel lantas dipromosikan ke tim senior.

Tuchel memimpin Augsburg II pada musim 2007/2008. Pria asal Jerman itu memimpin tim yang terdiri dari Julian Nagelsmann (pelatih RB Leipzig) itu selama 546 hari.

Kiprah Tuchel sebagai pelatih Augsburg II membuat terkesan banyak klub papan atas Jerman. Ia kemudian meninggalkan Augsburg II pada 2008.

2 dari 4 halaman

Mainz

Thomas Tuchel (c) AP Photo Thomas Tuchel (c) AP Photo

Thomas Tuchel awalnya datang ke Mainz dengan menjadi pelatih tim U-19 pada 2008. Namun, ia dipromosikan ke tim senior pada tahun berikutnya.

Kiprah Tuchel bersama Mainz tidak terlalu buruk. Ia melakoni 183 pertandingan dengan torehan 72 kemenangan, 45 imbang dan 66 kekalahan.

Tuchel menghabiskan lima musim sebagai pelatih Mainz. Meski begitu, ia gagal mempersembahkan trofi selama bekerja di Opel Arena.

3 dari 4 halaman

Borussia Dortmund

Thomas Tuchel (c) AFP Thomas Tuchel (c) AFP

Thomas Tuchel mendapatkan kesempatan menangani Borussia Dortmund pada 2015. Tuchel ditunjuk sebagai suksesor Jurgen Klopp.

Kiprah Tuchel di Signal Iduna Park bisa dibilang cukup baik. Ia berhasil mempersembahkan gelar DFB Pokal kepada Dortmund pada 2017.

Tuchel menjalani 107 pertandingan bersama Die Borussen. Dari jumlah itu, ia berhasil mencatatkan 96 kemenangan, 20 imbang dan 16 kekalahan.

4 dari 4 halaman

PSG

Pelatih PSG Thomas Tuchel menyaksikan timnya dalam pertandingan Ligue 1 antara PSG dan Nice di stadion Parc des Princes, Sabtu, 4 Mei 2019. (c) AP Photo Pelatih PSG Thomas Tuchel menyaksikan timnya dalam pertandingan Ligue 1 antara PSG dan Nice di stadion Parc des Princes, Sabtu, 4 Mei 2019. (c) AP Photo

Setelah menorehkan kesuksesan bersama Borussia Dortmund, Thomas Tuchel kemudian dipinang PSG pada musim panas 2018. Di klub Prancis itu Thucel mampu meraih kesuskesan yang lebih besar.

Tuchel berhasil mempersembahkan enam gelar kepada PSG. Itu adalah dua gelar Liga Prancis, satu gelar Piala Liga Prancis, satu gelar Piala Prancis dan dua gelar Piala Super Prancis.

Pria Jerman itu juga mampu membawa PSG tampil di final Liga Champions musim 2019-2020. Sayangnya, mereka gagal menjadi juara setelah kalah 0-1 dari Bayern Munchen.

Sumber: berbagai sumber



KOMENTAR

Editorial Lainnya