BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

3 Pelatih yang Berjaya di Premier League, La Liga, dan Serie A

28-11-2018 16:17 | Aga Deta

3 Pelatih yang Berjaya di Premier League, La Liga, dan Serie A
Jose Mourinho (c) AFP

Bola.net - Bola.net - Premier League, La Liga dan Serie A sudah dianggap sebagai liga terbaik di Eropa saat ini. Mereka mampu menarik pemain hebat untuk bermain di sana.

Tak hanya itu, banyak juga pelatih hebat yang tertarik berkarier di sana. Premier League, La Liga dan Serie A jelas punya tantangan tersendiri bagi pelatih mana pun.

Ada beberapa pelatih yang berkesempatan merasakan hebatnya tiga liga tersebut. Namun, hanya sedikit yang terbilang sukses di sana.

Berikut ini tiga pelatih yang mampu meraih kesuksesan di Premier League, La Liga dan Serie A seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 4 halaman

Jose Mourinho

Jose Mourinho (c) AFP Jose Mourinho (c) AFP

Jose Mourinho sudah melatih di tiga liga top Eropa dengan kesuksesan besar. Setelah memenangkan Liga Champions bersama Porto, Mourinho membangun warisannya di Chelsea dengan memimpin klub meraih kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia membangun tim yang sangat kuat dengan pemain seperti Didier Drogba, Ricardo Carvalho, Michael Ballack, Michael Essien, Frank Lampard dan John Terry.

Dengan Mourinho, Chelsea memenangkan dua gelar Premier League dan satu FA Cup pada periode pertamanya di klub. Dia kembali ke Chelsea pada 2013 dan memenangkan gelar liga lainnya di sana sebelum menjadi manajer Manchester United.

Mourinho juga pernah melatih di Serie A bersama Inter Milan dan memenangkan dua gelar Serie A di sana. Dia juga berhasil memenangkan Liga Champions bersama Inter pada musim 2009-10. Itu merupakan kesuksesan pertama Inter di Eropa sejak tahun 1965. Inter punya pertahanan yang sangat kuat yang terdiri dari pemain seperti Walter Samuel, Javier Zanetti, Cristian Chivu, dan Esteban Cambiasso.

Mourinho kemudian menangani Real Madrid dari 2010 hingga 2013 dan memenangkan gelar LaLiga pada 2011-12. Mourinho merupakan pelatih yang merekrut Luka Modric ke Santiago Bernabeu, yang kini menjadi kandidat untuk memenangkan Ballon d’Or tahun ini, dari Tottenham pada tahun 2012.

2 dari 4 halaman

Rafael Benitez

Rafael Benitez (c) NUFC Rafael Benitez (c) NUFC

Benitez pernah meraih kesuksesan ketika melatih di tiga liga top Eropa. Dia memulai karir kepelatihannya di Spanyol dan menarik perhatian dunia sepakbola dengan karyanya di Valencia.

Benitez memenangkan dua gelar La Liga bersama Valencia dari 2001 hingga 2004 dan juga memenangkan Piala UEFA pada 2003-04. Dia kemudian ditunjuk sebagai manajer Liverpool pada tahun 2004. Benitez memang tidak bisa memenangkan gelar Premier League untuk Liverpool, tetapi mampu mempersembahkan Liga Champions pada musim 2004-05 setelah mengalahkan AC Milan di Istanbul. Dia juga memenangkan FA Cup bersama Liverpool.

Liverpool asuhan Benitez memiliki pemain hebat seperti Vladimir Smicer, Sami Hyypia, Steven Gerrard, dan Xabi Alonso. Dia merekrut pemain seperti Xabi Alonso, Ryan Babel dan Fernando Torres, yang bermain bagus untuk Liverpool. Benitez sempat menangani Chelsea dan berhasil mempersembahkan Liga Europa pada 2013.

Benitez kemudian pergi ke Italia untuk menangani Inter dan Napoli dan memenangkan Coppa Italia dengan mereka. Dia juga berhasil membangkitkan Napoli dengan mendatangkan pemain seperti Raul Albiol dan Jose Callejon. Benitez sekarang sudah kembali ke Premier League dengan menangani Newcastle.

3 dari 4 halaman

Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti (c) AFP Carlo Ancelotti (c) AFP

Ancelotti sudah melatih sejumlah klub dalam sepanjan kariernya yang sukses. Sangat sedikit pelatih dalam sejarah sepak bola yang bisa menyamai kesuksesan Ancelotti. Dia melatih AC Milan dari 2001 hingga 2009.

Sebelum itu, dia juga pernah melatih Juventus. Ancelotti berhasil meraih kesuksesan bersama Milan dengan pemain-pemain seperti Kakhaber Kaladze, Andrea Pirlo, Gennaro Gattuso, Kaka dan Andriy Shevchenko di skuatnya.

Milan memenangkan Serie A satu kali di bawah Ancelotti. Mereka juga memenangkan Liga Champions pada 2002-03 dan 2006-07, mengalahkan Juventus dan Liverpool di final.

Ancelotti kemudian meraih kesuksesan di Premier League saat memimpin Chelsea dari 2009 hingga 2011 dan memenangkan gelar Premier League dan FA Cup pada 2009-10. Dia juga merekrut pemain seperti Torres dan David Luiz selama masa jabatannya di Chelsea.

Ancelotti menjadi pelatih Real Madrid pada tahun 2013 dan memenangkan gelar Liga Champions ke-10 Los Blancos pada musim 2013-14. Selama di Santiago Bernabeu, pelatih Italia itu menangani bintang-bintang seperti Cristiano Ronaldo, Sergio Ramos, Iker Casillas, dan Karim Benzema.

4 dari 4 halaman

Video Menarik

Jadwal Liga Champions 2018-2019 matchday ke-5. PSG ditantang Liverpool, Kamis (29/11/2018).


Jadwal Liverpool vs Chelsea di UEFA Super Cup 2019

KOMENTAR

Editorial Lainnya