3 Pelatih asal Argentina yang Beradu Taktik di Piala Dunia 2022

Aga Deta | 9 Desember 2022, 15:45
3 Pelatih asal Argentina yang Beradu Taktik di Piala Dunia 2022
Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni dalam sesi latihan tim jelang laga perdana Piala Dunia 2022, Sabtu (19/11/2022) waktu setempat. (c) AP Photo/Jorge Saenz

Bola.net - Piala Dunia edisi 2022 saat ini digelar di negara Qatar. Tercatat ada tiga pelatih asal Argentina yang menangani tiga tim berbeda di turnamen sepak bola akbar tahun ini.

Argentina merupakan salah satu peserta Piala Dunia 2022. Tim berjuluk La Albiceleste itu termasuk tim yang diunggulkan untuk meraih juara pada Piala Dunia tahun ini.

Saat ini ada banyak bintang asal Argentina yang meramaikan Piala Dunia 2022. Di antaranya adalah Lionel Messi, Angel Di Maria, Lautaro Martinez, hingga Lisandro Martinez.

Tak hanya pemain, Argentina juga menyumbang pelatih untuk beradu taktik di Piala Dunia 2022. Tercatat, ada tiga pelatih asal Argentina yang menangani tiga tim berbeda di Qatar.

Berikut ini tiga pelatih Argentina di Piala Dunia 2022.

1 dari 3 halaman

Gustavo Alfaro (Ekuador)

Pelatih Timnas Ekuador, Gustavo Alfaro (c) AP Photo

Pelatih Timnas Ekuador, Gustavo Alfaro (c) AP Photo

Gustavo Alfaro ditunjuk menjadi pelatih timnas Ekuador pada Agustus 2020. Saat itu, Gustavo menggantikan Jordi Cruyff yang hanya bertahan selama setengah tahun sebagai juru taktik Ekuador.

Prestasi terbaik Gustavo adalah mampu membawa La Tri kembali berlaga di Piala Dunia. Gustavo berhasil membawa Ekuador finis di posisi empat pada zona CONMEBOL.

Sayangnya, Gustavo gagal meloloskan anak asuhnya ke babak gugur pada Piala Dunia 2022. Enner Valencia dan kolega harus rela menempati posisi ketiga grup A.

2 dari 3 halaman

Gerardo Martino (Meksiko)

Pelatih timnas Meksiko, Gerardo Martino. (c) AP Photo/Themba Hadebe

Pelatih timnas Meksiko, Gerardo Martino. (c) AP Photo/Themba Hadebe

Gerardo Martino menjadi arsitek timnas Meksiko dari tahun 2019. Dia berhasil membawa timnas Meksiko lolos ke Piala Dunia 2022 meski Hirving Lozano dan kolega sempat terseok-seok.

Di Piala Dunia 2022, Meksiko masuk Grup C bersama Argentina, Arab Saudi, dan Polandia. Namun, El Tri tidak mampu berbuat banyak di Qatar.

Meksiko gagal melewati fase grup setelah finis di posisi ketiga dengan koleksi empat poin. Setelah gagal melaju ke babak 16 besar, Martino memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Meksiko.

3 dari 3 halaman

Lionel Scaloni (Argentina)

Piala Dunia 2022: Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni (c) AP Photo/Alessandra Tarantino

Piala Dunia 2022: Pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni (c) AP Photo/Alessandra Tarantino

Lionel Scaloni menjabat sebagai pelatih timnas Argentina pada Agustus 2018. Pelatih asal Argentina ini berhasil mencatatkan prestasi gemilang selama menjadi juru taktik Tim Tango.

Gelar Copa Amerika tahun 2021 adalah satu prestasi terbaik Scaloni bersama anak asuhnya. Scaloni juga membawa Argentina memenangkan Piala UEFA-CONMEBOL Champions tahun 2022 setelah mengalahkan Italia di partai puncak.

Pada Piala Dunia 2022, Scalono berhasil meloloskan Lionel Messi dan kolega hingga babak perempat final. Tim Tango akan menghadapi Belanda pada fase delapan besar.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR