BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

3 Calon Klub Baru Lionel Messi Jika Tinggalkan Barcelona

09-09-2019 13:11 | Aga Deta

3 Calon Klub Baru Lionel Messi Jika Tinggalkan Barcelona
Superstar Barcelona, Lionel Messi. (c) Laliga Santander

Bola.net - Lionel Messi mungkin adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola. Ia sangat diandalkan oleh Barcelona untuk memenangkan berbagai trofi dalam satu dekade terakhir.

Messi dan Barcelona sering dianggap sebagai dua komponen yang tak bisa dipisahkan. Namun, menurut laporan El Pais, superstar Argentina itu punya klausul khusus di kontraknya yang membuatnya bisa pergi dari klub pada akhir musim ini.

Klausul tersebut membuat Messi tidak perlu untuk meminta persetujuan Barcelona jika memang ingin pindah, meski sang pemain juga punya klausul pelepasan sebesar 700 juta euro di kontraknya.

Presiden Josep Maria Bartomeu pun sudah membenarkan hal tersebut. Namun, klub masih tetap tenang menyikapi kelanjutan masa depan La Pulga.

Barcelona pastinya menginginkan Messi untuk tetap bertahan sampai pensiun. Namun, jika Messi memilih meninggalkan klub, klub mana yang bisa dia perkuat?

Berikut ini tiga klub yang bisa jadi tujuan Lionel Messi seperti dilansir Madaboutepl.

1 dari 3 halaman

Manchester City

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola. (c) AP Photo Pelatih Manchester City, Josep Guardiola. (c) AP Photo

Pilihan yang jelas untuk Messi adalah Manchester City karena manajer klub saat ini Josep Guardiola memiliki pengaruh besar pada perkembangan karier Messi sebagai pemain selama menjadi pelatih Barcelona. Selain itu, kehadiran mantan direktur Barcelona Ferran Soriano dan Txiki Begiristain juga bisa meyakinkan bintang Argentina itu untuk bergabung dengan mereka.

City juga memainkan sepakbola yang mengasyikkan dan merupakan salah satu tim yang paling menyenangkan untuk ditonton di Eropa. Hal itu juga bisa menggoda Messi untuk datang ke Etihad dan membantu City mendominasi Eropa.

2 dari 3 halaman

PSG

Neymar rayakan golnya ke gawang Liverpool. (c) AFP Neymar rayakan golnya ke gawang Liverpool. (c) AFP

PSG mungkin adalah salah satu dari sedikit klub di Eropa yang bisa merekrut superstar seperti Lionel Messi. Mereka memiliki kekuatan finansial untuk melakukan transfer yang sangat besar.

Messi mungkin bisa pindah ke klub Prancis untuk mencari tantangan baru karena ia sudah meraih segalanya di Spanyol. Sementara itu, PSG masih memiliki satu tantangan besar untuk dicapai yaitu menjuarai Liga Champions.

Klub Prancis itu belum mampu memenangkan kompetisi bergengsi itu atau bahkan membuat dampak positif meski sudah merekrut mantan rekan setim Messi, Neymar. Mereka sangat menginginkan trofi Eropa setelah berinvestasi besar di bursa transfer.

3 dari 3 halaman

Klub MLS

Zlatan Ibrahimovic merayakan gol debutnya bersama LA Galaxy (c) LA Galaxy Twitter Zlatan Ibrahimovic merayakan gol debutnya bersama LA Galaxy (c) LA Galaxy Twitter

Sebelum liga China, MLS adalah liga bagi pemain berpengalaman untuk mendapatkan banyak uang dan meningkatkan jangkauan komersial mereka. Messi bisa mengikuti pemain seperti David Beckham, Kaka, Wayne Rooney, dan Zlatan Ibrahimovic apabila pindah ke Amerika Serikat.

Meski tantangan yang dimiliki liga-liga top Eropa mungkin tidak ada di MLS, itu tentu saja merupakan pilihan yang lebih baik daripada liga China. MLS sekarang juga sudah meningkat selama sekitar sepuluh tahun terakhir.

Meski Amerika Serikat bisa memberikan tantangan baru, namun Messi sepertinya tidak akan mengambil pilihan tersebut dalam 3-4 tahun lagi.

Sumber: Madaboutepl


Real Madrid Ditahan PSG di Santiago Bernabeu

KOMENTAR

Editorial Lainnya