BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

3 Alasan Liverpool Bisa Balikkan Keadaan atas Atletico di Anfield

20-02-2020 12:15 | Aga Deta

3 Alasan Liverpool Bisa Balikkan Keadaan atas Atletico di Anfield
Atletico Madrid vs Liverpool. (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool mengawali perjalanan mereka di babak knockout Liga Champions dengan kekalahan. Mereka harus tumbang di markas Atletico Madrid.

Leg pertama babak 16 besar Liga Champions Atletico Madrid vs Liverpool berlangsung di Wanda Metropolitano Stadium, Madrid, Rabu (19/2/2020) dinihari WIB. Dalam pertandingan tersebut The Reds menyerah dengan skor 1-0.

Saul Niguez berhasil menjebol gawang Liverpool yang dikawal Alisson Becker pada menit ke-4. Namun, hingga peluit akhir dibunyikan, Liverpool tidak mampu menyamakan kedudukan.

Liverpool mendominasi jalannya pertandingan dan menguasai bola hingga 72,5%. Namun, tim asuhan Jurgen Klopp itu tidak mampu mencatat satu tembakan tepat sasaran.

Kendari demikian, Kans Liverpool untuk lolos ke perempat final masih terbuka lebar. Pasalnya, masih ada leg kedua yang akan dimainkan di Anfield pada bulan Maret mendatang.

Berikut ini tiga alasan Liverpool bisa membalikkan keadaan di Anfield seperti dilansir Sportskeeda.

1 dari 3 halaman

Sejarah Bisa Berulang

Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone (c) AP Photo Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone (c) AP Photo

Kubu Atletico Madrid tentu saja merasa sangat senang dengan kemenangan tipis 1-0 atas Liverpool pada leg pertama. Kemenangan ini membuka kesempatan Atletico untuk lolos ke perempat final.

Akan tetapi, Atletico tidak boleh lupa. Mereka mereka pernah mengalami nasib buruk ketika berada dalam situasi seperti ini.

Atletico berhasil mengalahkan Juventus dengan skor 2-0 di Wanda Metropolitano pada duel leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim lalu. Alih-alih lolos ke babak berikutnya, Atletico justru tersingkir pada leg kedua.

Juventus berhasil bangkit di Turin dan mampu menggilas tim asuhan Diego Simeone dengan tiga gol tanpa balas. Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan Bianconeri dengan mencetak hattrick.

Atletico mungkin senang dengan kemenangan di leg pertama. Namun, itu bukan jaminan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya dan tim asuhan Simeone pernah kolaps setelah memiliki keunggulan seperti sebelumnya.

2 dari 3 halaman

Anfield Adalah Benteng

Suporter Liverpool bersorak-sorai sebelum laga FA Cup antara Liverpool dan Shrewsbury Town di Stadion Anfield, Selasa, 4 Februari 2020. (c) AP Photo Suporter Liverpool bersorak-sorai sebelum laga FA Cup antara Liverpool dan Shrewsbury Town di Stadion Anfield, Selasa, 4 Februari 2020. (c) AP Photo

Liverpool sangat kuat ketika bermain di Anfield. Kerumunan fans dan atmosfer yang tercipta di Anfield selalu membantu Liverpool meraih kemenangan.

Jika tidak percaya tanya saja Barcelona. Mereka unggul 3-0 di leg pertama semifinal Liga Champions musim lalu. Namun, Blaugrana kemudian digilas dengan skor 4-0 di Anfield.

Atletico asuhan Diego Simeone mungkin adalah tim yang tangguh. Namun, dengan dukungan penuh dari suporter setianya, Liverpool tidak bisa dianggap enteng pada pertemuan kedua nanti.

3 dari 3 halaman

Liverpool Selalu Mencetak Gol

Dua bomber Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane. (c) AP Photo Dua bomber Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane. (c) AP Photo

Liverpool memang gagal mencetak gol ke gawang Atletico Madrid di Wanda Metropolitano. Namun, sebelum pertandingan itu, The Reds tidak bisa menjebol gawang lawan hanya satu kali saja pada 2019-20 yaitu saat tandang melawan Napoli di babak grup Liga Champions.

Liverpool punya rekor mencetak gol yang luar biasa di Anfield. Pasukan Jurgen Klopp hanya dua kali mencetak kurang dari dua gol dalam 16 pertandingan terakhir kandang sendiri yaitu saat imbang 1-1 dengan Napoli pada November dan menang 1-0 atas Wolves pada bulan Desember.

Apakah satu gol tandang saja sudah cukup bagi Atletico untuk memenangkan pertandingan? Mungkin, tetapi The Reds sekarang juga juga sudah agak jarang mencetak dua gol di kandang. Liverpool mencetak 3 gol atau lebih di Anfield dalam 6 dari 13 pertandingan Primer League musim ini, dan secara keseluruhan, mereka telah mencetak 99 gol dalam 43 pertandingan kompetitif di sana pada 2019-20.

Liverpool punya penyerang luar biasa seperti Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane dan kemungkinan Atletico hanya bertahan seperti pada pertandingan pertama. Atletico mungkin belum aman dengan keunggulan 1-0 saat berkunjung ke Anfield.

Sumber: Sportskeeda



KOMENTAR

Editorial Lainnya