BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

12 Pemain yang Bisa Diboyong Jose Mourinho ke AS Roma

05-05-2021 12:32 | Aga Deta

12 Pemain yang Bisa Diboyong Jose Mourinho ke AS Roma
Manajer Tottenham, Jose Mourinho (c) AP Photo

Bola.net - Jose Mourinho akan menangani AS Roma pada musim depan. Pelatih asal Portugal itu akan menggantikan posisi Paulo Fonseca.

Mourinho dipecat oleh Tottenham Hotspur beberapa waktu lalu. Tak butuh waktu lama menganggur, pria Portugal itu langsung resmi diumumkan sebagai juru taktik anyar AS Roma.

Mourinho telah menyetujui kontrak tiga tahun dengan Giallorossi. Dengan demikian, mantan pelatih Inter Milan itu akan berada di Olimpico setidaknya sampai hingga 30 Juni 2024.

Untuk mendongkrak prestasi Roma, Mourinho jelas butuh tambahan pemain baru. Siapa saja pemain yang bakal diboyong Mourinho?

Bukan tak mungkin, mayoritas pemain yang dibawa Mourinho merupakan mantan anak asuhnya. Siapa saja?

1 dari 12 halaman

Nemanja Matic

Gelandang Manchester United, Nemanja Matic (c) AP Photo Gelandang Manchester United, Nemanja Matic (c) AP Photo

Jasa Jose Mourinho untuk Nemanja Matic bisa dibilang sangat besar. Mourinho adalah orang yang merekrutnya kembali untuk Chelsea pada 2014 dari Benfica.

Waktu berlalu, Matic kemudian menjelma menjadi pemain kunci Chelsea. Dia berhasil memenangkan sejumlah gelar selama berada di Stamford Bridge.

Setelah Mourinho bekerja di Manchester United, Matic kemudian mengikutinya ke Old Trafford. Matic bisa kembali bereuni dengan Mourinho di Olimpico.

2 dari 12 halaman

Eric Dier

Pemain Tottenham, Eric dier (kanan), berduel dengan pemain Chelsea. (c) AP Photo Pemain Tottenham, Eric dier (kanan), berduel dengan pemain Chelsea. (c) AP Photo

Eric Dier merupakan salah satu pemain kunci Jose Mourinho di Tottenham. Gelandang asal Inggris itu tampil reguler di bawah Mourinho.

Saat di Spurs, Dier mencatatkan 57 penampilan di semua kompetisi dengan mencetak dua assist bersama Mourinho.

Dier merupakan pemain serba bisa. Selain gelandang, pemain berusia 27 tahun itu juga mampu bermain sebagai bek tengah.

3 dari 12 halaman

Diogo Dalot

Diogo Dalot (c) MUFC Official Diogo Dalot (c) MUFC Official

Jose Mourinho mendatangkan Diogo Dalot ke Manchester United pada 2018. Setan Merah mengeluarkan 22 juta euro untuk mendapat tanda tangan Dalot.

Meski sering diganggu cedera, Mourinho masih memberikan kesempatan bermain kepada Dalot. Dia mencatatkan enam penampilan dengan mengemas satu assist di bawah Mourinho.

Dalot saat ini tidak masuk dalam rencana Ole Gunnar Solskjaer di Old Trafford. Dia bisa kembali bermain di Italia pada musim depan bersama AS Roma.

4 dari 12 halaman

Juan Mata

Playmaker Manchester United, Juan Mata (c) AP Photo Playmaker Manchester United, Juan Mata (c) AP Photo

Kedatangan Jose Mourinho di Manchester United pada 2016, sempat menimbulkan tanda tanya atas masa depan Juan Mata. Pasalnya, Mourinho pernah menjual Mata saat di Chelsea sebelumnya.

Namun, Mata justru bersinar di Old Trafford bersama Mourinho. Mata mencetak 17 gol dan 15 assist dari 100 penampilan di bawah pelatih asal Portugal tersebut.

Kontrak Mata bersama Setan Merah akan habis pada akhir musim. AS Roma bisa merekrut gelandang asal Spanyol itu secara gratis.

5 dari 12 halaman

Pierre-Emile Hojbjerg

Gelandang Tottenham, Pierre-Emile Hojbjerg, tetap bermain walau dengan jahitan di kepala (c) AP Photo Gelandang Tottenham, Pierre-Emile Hojbjerg, tetap bermain walau dengan jahitan di kepala (c) AP Photo

Jose Mourinho mendatangkan sejumlah pemain saat menangani Tottenham. Salah satunya adalah Pierre-Emile Hojbjerg.

Gelandang asal Denmark itu direkrut dari Southampton dengan biaya 16,6 juta euro. Hojbjerg kemudian menjadi pemain reguler di bawah Mourinho.

Hojbjerg memainkan 46 pertandingan dengan mencetak satu gol dan empat assist di bawah Mourinho. Namun, Spurs sepertinya tidak akan melepas Hojbjerg dengan harga murah.

6 dari 12 halaman

Aleksandar Kolarov

Bek sayap AS Roma, Aleksandar Kolarov (c) AP Photo Bek sayap AS Roma, Aleksandar Kolarov (c) AP Photo

Aleksandar Kolarov baru pindah ke Inter Milan pada bursa transfer musim panas. Namun, pemain asal Serbia itu jarang mendapat kesempatan bermain di bawah Antonio Conte.

Kolarov memang sudah berusia 35 tahun. Kembali ke AS Roma bisa jadi kesempatan yang bagus bagi sang pemain untuk mengakhiri kariernya.

Kontrak Kolarov di Giuseppe Meazza akan berakhir pada musim panas ini. Namun, Inter sepertinya tidak akan memperpanjang masa baktinya.

7 dari 12 halaman

Erik Lamela

Winger Tottenham, Erik Lamela, merayakan gol ke gawang Chelsea di Carabao Cup 2020/21. (c) AP Photo Winger Tottenham, Erik Lamela, merayakan gol ke gawang Chelsea di Carabao Cup 2020/21. (c) AP Photo

Erik Lamela menunjukkan performa yang bagus saat memperkuat AS Roma. Pemain asal Argentina itu kemudian hengkang ke Tottenham pada tahun 2013.

Namun, karier Lamela bersama Spurs tidak terlalu mentereng. Mantan pemain River Plate tersebut tidak pernah menjadi pilihan utama di klub Premier League tersebut.

Lamela memainkan 54 pertandingan di bawah Jose Mourinho dengan koleksi lima gol dan tiga assist. Kontraknya di Spurs akan habis pada tahun depan.

8 dari 12 halaman

Diego Costa

Diego Costa (c) PA via AP Photo Diego Costa (c) PA via AP Photo

Diego Costa sempat dikaitkan dengan Wolverhampton dan Tottenham pada Januari lalu. Namun, kepindahannya tersebut pada akhirnya tidak terwujud.

Costa pernah bekerja sama dengan Jose Mourinho di Chelsea. Tepatnya di tahun 2013 sampai 2015.

Di bawah Mourinho, Costa berhasil mencetak 24 Gol dari 57 pertandingan di semua kompetisi. Dia juga berhasil memenangkan Premier League dan Carabao Cup.

9 dari 12 halaman

Ashley Young

Pemain Inter Milan Ashley Young (kiri) dalam pertandingan melawan Real Madrid di Liga Champions, Rabu (4/11/2020) dini hari WIB.  (c) AP Photo Pemain Inter Milan Ashley Young (kiri) dalam pertandingan melawan Real Madrid di Liga Champions, Rabu (4/11/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Ashley Young bekerja sama dengan Jose Mourinho di Manchester United. Dia memainkan 77 pertandingan dengan mencetak tiga gol dan 11 assist bersama pelatih asal Portugal tersebut.

Young saat ini sudah berusia 35 tahun. Namun, pemain asal Inggris itu merupakan pemain berpengalaman dan bisa menularkan mental juara kepada para pemain AS Roma.

Kontrak Young bersama Inter akan habis pada akhir musim. Mantan pemain Watford itu dikabarkan ingin meninggalkan klub setelah musim ini berakhir.

10 dari 12 halaman

Marouane Fellaini

Marouane Fellaini (c) AFP Marouane Fellaini (c) AFP

Marouane Fellaini menjadi pemain reguler Manchester United pada era Jose Mourinho. Dia tampil dalam 89 pertandingan di bawah Mourinho.

Namun, di bawah kendali Ole Gunnar Solskjaer, Fellaini tak dibutuhkan United. Pada Februari 2019, Fellaini dilepas ke klub China, Shandong Taishan.

Kontrak pemain Belgia itu tersisa tujuh bulan lagi. Dia mungkin bersedia kembali ke Eropa dengan bekerja sama lagi bersama Jose Mourinho.

11 dari 12 halaman

David Luiz

Bek Arsenal, David Luiz (c) AP Photo Bek Arsenal, David Luiz (c) AP Photo

David Luiz sudah pernah bekerja sama dengan Jose Mourionho saat di Chelsea pada muism 2013-2014. Saat itu bek asal Brasil itu memainkan 34 laga sebelum akhirnya dijual ke PSG musim berikutnya.

Pada musim lalu, Luiz memutuskan untuk meninggalkan Chelsea dan kemudian melanjutkan kariernya bersama Arsenal. Namun, pemain berusia 34 tahun itu dikabarkan akan meninggalkan klub pada akhir musim.

Kontrak Luiz bersama The Gunners akan habis pada musim panas tahun ini. AS Roma bisa merekrutnya secara gratis dan bermain di Italia akan jadi pengalaman pertama buat Luiz.

12 dari 12 halaman

Sami Khedira

Sami Khedira (c) HBSC Sami Khedira (c) HBSC

Sami Khedira merupakan anak buah Jose Mourinho saat di Real Madrid. Gelandang asal Jerman tersebut direkrut dari Stuttgart.

Khedira saat ini bermain untuk Hertha Berlin. Dengan kontraknya yang akan habis di musim panas, dia mungkin tengah mencari klub baru.

Bereuni dengan Mourinho bisa jadi opsi yang menarik buat Khedira. Pemain berusia 34 tahun itu sebelumnya sudah pernah bermain di Italia bersama Juventus.

Sumber: berbagai sumber



KOMENTAR

Editorial Lainnya