BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

11 Pemain yang Diboyong Unai Emery di Arsenal, Bagaimana Performa Mereka?

29-04-2021 13:18 | Aga Deta

11 Pemain yang Diboyong Unai Emery di Arsenal, Bagaimana Performa Mereka?
Manajer Arsenal, Unai Emery (c) AP Photo

Bola.net - Villarreal akan menjamu Arsenal pada leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat (30/4/2021) dinihari WIB. Laga itu bakal jadi ajang reuni bagi pelatih Villarreal, Unai Emery.

Ya, Emery pernah melatih Arsenal selama 18 bulan. Sayang, pelatih asal Spanyol itu gagal mempersembahkan trofi untuk The Gunners.

Prestasi terbaik Emery adalah mengantarkan Arsenal menjadi runner up Liga Europa musim 2018/19. Namun, dia kemudian dipecat pada November 2019 dan digantikan oleh Mikel Arteta.

Selama menjadi manajer Arsenal, Emery banyak mendatangkan pemain baru. Lantas, bagaimana performa para pemain tersebut selama membela The Gunners? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 11 halaman

Stephan Lichtsteiner

Stephan Lichtsteiner. (c) AFP Stephan Lichtsteiner. (c) AFP

Stephan Lichtsteiner bergabung dengan Arsenal pada Juni 2018. Dia direkrut secara gratis dari Juventus.

Lichtsteiner diharapkan bisa memainkan peran penting di Arsenal setelah memenangkan banyak gelar bersama Juventus. Namun, pemain asal Swiss itu ternyata jarang bermain di Emirates Stadium.

Mantan pemain Lazio itu hanya mencatatkan 23 penampilan di semua kompetisi bersama The Gunners. Dia akhirnya meninggalkan klub asal London tersebut pada musim berikutnya.

2 dari 11 halaman

Bernd Leno

Bernd Leno (c) Arsenal FC Bernd Leno (c) Arsenal FC

Arsenal merekrut Bernd Leno dari Beyer Leverkusen pada Juni 2018. The Gunners mengeluarkan 25 juta euro untuk memboyong kiper asal Jerman tersebut.

Pada musim pertamanya di Arsenal, Leno harus bersaing dengan Petr Cech di bwah mistar gawang. Namun, Leno akhirnya menjadi kiper utama The Gunners setelah Cech pensiun.

Leno sejauh ini sudah mencatatkan 111 penampilan di semua kompetisi untuk Arsenal. Namun, dia belakangan ini mendapat banyak kritik karena sering melakukan blunder.

3 dari 11 halaman

Sokratis Papastathopoulos

Bek Arsenal, Sokratis Papastathopoulos (c) AP Photo Bek Arsenal, Sokratis Papastathopoulos (c) AP Photo

Sokratis Papastathopoulos bergabung dengan Arsenal pada Juli 2018 dari Borussia Dortmund. The Gunners menebusnya dari klub Bundesliga itu sebesar 16 juta euro.

Pada musim pertamanya, Sokratis menjadi tulang punggung di jantung pertahanan Arsenal. Namun, dia mulai kehilangan tempatnya pada musim berikutnya.

Pemain asal Yunani itu hanya bertahan selama dua setengah musim di Arsenal dengan mencatatkan 69 penampilan. The Gunners memutus kontraknya pada januari 2021 dan sang pemain saat ini bermain di Olympiacos.

4 dari 11 halaman

Lucas Torreira

Lucas Torreira (c) AFP Lucas Torreira (c) AFP

Untuk memperkuat lini tengahnya, Arsenal merekrut Lucas Torreira pada Juli 2018. Gelandang asal Uruguay itu dibeli dari Sampdoria senilai 28,6 juta euro.

Torreira menunjukkan performa yang cukup impresif pada musim pertamanya di Arsenal. Namun, dia mulai tersingkir dari skuad The Gunners setelah kedatangan Mikel Arteta.

Torreira sekarang sudah tidak masuk dalam rencana Arteta di Arsenal. Dia pun akhirnya hijrah ke Atletico Madrid dengan status pinjaman pada musim panas lalu.

5 dari 11 halaman

Matteo Guendouzi

Matteo Guendouzi (c) AFP Matteo Guendouzi (c) AFP

Matteo Guendouzi didatangkan dari FC Lorient pada Juli 2018. Pada saat itu, banyak yang memprediksi Guendouzi akan menjadi pemain masa depan The Gunners.

Namun, gelandang berusia 22 tahun itu terkenal temperamental. Karena perilaku buruknya itu, Guendouzi sempat dibekukan oleh Mikel Arteta.

Guendouzi akhirnya dibuang ke Hertha Berlin dengan status pinjaman pada Oktober 2020. Pemain asal Prancis itu sepertinya sudah tidak punya masa depan di Emirates Stadium.

6 dari 11 halaman

Denis Suarez

Denis Suarez. (c) arsenal.com Denis Suarez. (c) arsenal.com

Denis Suarez bergabung ke Arsenal dengan status pinjaman pada Januari 2019. Namun, kepindahannya itu dengan cepat berubah menjadi bencana.

Karena cedera, Suarez jarang mendapat kesempatan bermain di Arsenal. Dia hanya mencatatkan enam penampilan bersama The Gunners di semua kompetisi.

Arsenal kemudian memulangkan Suarez ke Barcelona pada akhir musim. Gelandang berusia 27 tahun itu sekarang bermain bersama Celta Vigo.

7 dari 11 halaman

Gabriel Martinelli

Pemain Arsenal, Gabriel Martinelli. (c) AP Photo Pemain Arsenal, Gabriel Martinelli. (c) AP Photo

Gabriel Martinelli direkrut Arsenal pada tanggal 2 Juli 2019. Pemain berusia 19 tahun asal Brasil itu datang ke London Utara dari klub Ituano.

Martinelli menjalani musim perdana yang cukup bagus bersama Arsenal. Dia menyumbang 10 gol plus empat assist dari total 26 penampilan untuk Arsenal.

Sayang seribu sayang, cedera lutut parah menghambat kariernya di Arsenal. Martinelli saat ini sudah pulih sepenuhnya dan masih mencoba untuk menemukan kembali performa terbaiknya.

8 dari 11 halaman

William Saliba

Bek Arsenal, William Saliba (c) ARS Bek Arsenal, William Saliba (c) ARS

William Saliba direkrut Arsenal dari St Etienne pada musim panas 2019. Dia didatangkan dengan harapan bisa memperkuat barisan pertahanan The Gunners.

Salibat langsung dipinjamkan kembali ke St Etienne dan diharapkan bisa lebih matang saat kembali ke Arsenal. Namun, Saliba ternyata masih belum pernah membela tim senior The Gunners.

Saliba akhirnya meninggalkan Arsenal pada Januari 2021. Dia dipinjamkan kembali ke Liga Prancis untuk bermain bersama Nice yang dilatih Adrian Ursea.

9 dari 11 halaman

Nicolas Pepe

Pemain Arsenal, Nicolas Pepe, beranjak keluar dari lapangan usai mendapatkan kartu merah saat melawan Leeds United, Minggu (22/11/2020). (c) AP Photo Pemain Arsenal, Nicolas Pepe, beranjak keluar dari lapangan usai mendapatkan kartu merah saat melawan Leeds United, Minggu (22/11/2020). (c) AP Photo

Arsenal Nicolas Pepe dari Lille pada 1 Agustus 2019. Dia dikontrak dengan durasi 5 tahun di Emirates Stadium.

The Gunners harus membayar transfer 80 juta euro untuk pemain Pantai Gading itu. Nilai transfer Pepe memecahkan rekor trnasfer klub.

Namun, penampilan Pepe sampai sejauh ini masih jauh dari kata memuaskan. Pemain berusia 25 tahun itu baru mencetak 18 gol dan 15 assist dari 83 penampilan.

10 dari 11 halaman

Kieran Tierney

Bek Arsenal Kieran Tierney. (c) AP Photo Bek Arsenal Kieran Tierney. (c) AP Photo

Arsenal merekrut Kieran Tierney dari Celtic. Pemain berusia 23 tahun itu direkrut dengan nilai transfer 27 juta euro.

Tierney sudah tampil lumayan bagus dalam mengawal lini pertahanan Arsenal. Namun, serangkaian cedera membatasi penampilan pemain asal Skotlandia tersebut.

Tierney sudah memainkan 57 penampilan di semua kompetisi untuk Arsenal. Dari jumlah itu, dia berhasil mencatatkan tiga gol dan delapan assist.

11 dari 11 halaman

Dani Ceballos

Gelandang Arsenal Dani Ceballos. (c) AP Photo Gelandang Arsenal Dani Ceballos. (c) AP Photo

Dani Ceballos dipinjam Arsenal dari Real Madrid pada musim panas 2019 dengan masa peminjaman selama satu musim. Dia meninggalkan Los Blancos karena ingin mendapat kesempatan bermain reguler.

Cedera sempat mengganggu karier Ceballos di Arsenal. Meski begitu, gelandang asal Spanyol itu mampu mencatatkan 37 laga bersama Arsenal dalam semua ajang dan mencetak 2 gol serta 2 assist pada musim 2019/2020.

Setelah masa peminjamannya berakhir, Ceballos sempat kembali ke Real Madrid. Namun, pemain berusia 24 tahun itu akhirnya balik ke Arsenal pada musim panas lalu.

Sumber: berbagai sumber



KOMENTAR

Editorial Lainnya