BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

10 Penjualan Termahal Manchester United di Era Ferguson, Termasuk Ronaldo

22-09-2021 17:14 | Aga Deta

10 Penjualan Termahal Manchester United di Era Ferguson, Termasuk Ronaldo
Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson. (c) AFP/Nicolas Asfouri

Bola.net - Sir Alex Ferguson merupakan salah satu pelatih terbaik yang pernah menangani Manchester United. Pria asal Skotlandia tersebut pernah membawa MU ke era kejayaan.

Ferguson menangani Setan Merah antara 1986 hingga 2013. Dia telah berhasil mempersembahkan banyak gelar bergengsi untuk MU selama bekerja di Old Trafford.

Kesuksesannya tersebut tentu tak lepas dari pemain-pemain berkualitas yang ada di skuad MU. Ferguson tercatat banyak mendatangkan pemain hebat selama berada di klub.

Di sisi lain, kadang Ferguson juga tak segan menjual pemain yang berlabel bintang dan menjadi kesayangan publik Old Trafford. Beberapa di antaranya bahkan dilepas dengan harga cukup tinggi.

Berikut ini 10 pemain termahal yang dijual Manchester United pada era Sir Alex Ferguson.

1 dari 10 halaman

Zoran Tosic

Zoran Tosic (c) AFP
Zoran Tosic (c) AFP

Zoran Tosic direkrut Manchester United dari Partizan Belgrade pada tahun 2009. Namun, pemain asal Serbia tersebut tak mampu menjadi pemain reguler selama berada di Old Trafford.

Tosic hanya mencatat dua penampilan di Premier League untuk Manchester United. Sang winger kemudian dijual ke CSKA Moskow dengan harga 9,5 juta euro pada 2010.

2 dari 10 halaman

Giuseppe Rossi

Giuseppe Rossi berlatih bersama Manchester United (c) Situs resmi Manchester United
Giuseppe Rossi berlatih bersama Manchester United (c) Situs resmi Manchester United

Manchester United merupakan klub profesional pertama yang dibela Giuseppe Rossi. Dia datang ke Old Trafford pada 2004 setelah bermain di tim junior Parma.

Namun, Rossi gagal menunjukkan kemampuan terbaiknya di Old Trafford. Setelah dipinjamkan ke Newcastle dan Parma, Rossi dilepas ke Villarreal seharga 10 juta euro.

3 dari 10 halaman

Paul Ince

Paul Ince (c) AFP
Paul Ince (c) AFP

Paul Ince sempat menjadi pemain kunci Sir Alex Ferguson di Manchester United. Dia memenangi dua gelar Premier League, dua Piala FA, dan Piala Winners.

Namun, hubungannya dengan Ferguson kemudian meruncing. Ince lalu dijual ke Inter Milan pada 1995 dengan banderol 10,5 juta euro.

4 dari 10 halaman

Gabriel Heinze

Gabriel Heinze bergabung dengan Manchester United dari PSG. Dia kemudian terpilih sebagai pemain terbaik MU pada musim 2004/2005.

Namun, Heinze menjadi pilihan kedua di sektor bek kiri setelah kedatangan Patrice Evra. Heinze akhirnya dijual ke Real Madrid pada 2007 dengan harga 12 juta euro.

5 dari 10 halaman

Andy Cole

Andy Cole merupakan salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Dia berhasil membantu Setan Merah memenangi treble pada 1999.

Namun, kepindahan Ruud van Nistelrooy ke Old Trafford pada 2001 memicu kepergian Cole. Dia dilepas ke Blackburn Rovers dengan biaya 12,2 juta euro.

6 dari 10 halaman

Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy (c) AFP
Ruud van Nistelrooy (c) AFP

Sir Alex Ferguson membeli Ruud van Nistelrooy pada 2001 dari PSV Eindhoven. Pemain Belanda itu tampil cukup tajam selama bermain di Manchester United.

Van Nistelrooy menghabiskan lima musim di Old Trafford dengan mencetak 95 gol dari 150 penampilan. Dia berpisah dengan MU pada 2006 setelah ditebus Real Madrid sebesar 15 juta euro.

7 dari 10 halaman

Juan Sebastian Veron

Manchester United membeli Juan Sebastian Veron dari Lazio pada 2001. Namun, karier gelandang asal Argentina itu bersama Setan Merah ternyata tidak berjalan mulus.

Veron kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Setelah membuat 82 penampilan di semua kompetisi, Veron dijual ke Chelsea pada 2003 seharga 21,8 juta euro.

8 dari 10 halaman

Jaap Stam

Jaap Stam menjadi andalan lini belakang Mancheser United sejak kedatangannya pada 1998. Dia membantu Setan Merah menjuarai tiga gelar Premier League secara beruntun dan juga treble winners pada 1999.

Namun, Sir Alex Ferguson secara mengejutkan menjual sang bek ke Lazio pada 2001 dengan banderol 25,7 juta euro. Stam dijual karena Ferguson tidak suka dengan pernyataan sang pemain di autobiografinya.

9 dari 10 halaman

David Beckham

David Beckham (c) AP Photo
David Beckham (c) AP Photo

David Beckham menjadi salah satu pemain kesayangan penggemar Manchester United. Namun, Beckham dilepas ke Real Madrid pada awal musim 2003/2004.

Beckham dijual karena tak akur dengan manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson. MU melepas Beckham ke Santiago Bernabeu dengan banderol 37,5 juta euro.

10 dari 10 halaman

Cristiano Ronaldo

Reaksi Cristiano Ronaldo ketika membela Manchester United pada 15 April 2009 melawan Porto di leg kedua perempat final Liga Champions 2009. (c) AP Photo
Reaksi Cristiano Ronaldo ketika membela Manchester United pada 15 April 2009 melawan Porto di leg kedua perempat final Liga Champions 2009. (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo menjelma menjadi pemain terbaik dunia saat bermain di Manchester United. Bintang Portugal itu menjadi pilar penting MU saat meraih juara Liga Champions dan Premier League.

Namun, Manchester United harus berpisah dengan Ronaldo pada bursa transfer musim panas 2009. Ronaldo memutuskan pindah ke Real Madrid dengan biaya yang mencapai 94 juta euro.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR

Editorial Lainnya