BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

10 Penjualan Termahal Borussia Dortmund, Jadon Sancho Posisi Berapa?

02-08-2021 17:24 | Aga Deta

10 Penjualan Termahal Borussia Dortmund, Jadon Sancho Posisi Berapa?
Jadon Sancho (c) MUFC Official

Bola.net - Borussia Dortmund merupakan salah satu klub besar yang ada di Jerman. Klub yang bermarkas di Signal Iduna Park itu sudah mengoleksi delapan gelar Bundesliga.

Sebagai klub besar, Dortmund punya banyak pemain berkualitas di skuadnya. Akan tetapi, mereka sering menjual pemain terbaiknya ke klub lain.

Yang terbaru adalah Jadon Sancho. Pemain asal Inggris tersebut dilepas ke klub raksasa Premier League Manchester United.

Dortmund melepas Sancho ke MU dengan biaya transfer sebesar 85 juta euro. Nominal tersebut membuat Sancho masuk dalam jajaran penjualan termahal Dortmund.

Berikut 10 penjualan termahal dalam sejarah Borussia Dortmund.

1 dari 10 halaman

Paco Alcacer

Paco Alcacer (c) DFL
Paco Alcacer (c) DFL

Paco Alcacer membela Borussia Dortmund selama dua musim. Dia mencatatkan 26 gol dan empat assist dari 47 penampilan di semua kompetisi untuk Dortmund.

Namun, bomber asal Spanyol tersebut meninggalkan Signal Iduna Park pada tahun 2020. Dia dijual ke Villarreal seharga 23 juta euro.

2 dari 10 halaman

Ilkay Gundogan

Ilkay Gundogan (c) AFP
Ilkay Gundogan (c) AFP

Ilkay Gundogan bergabung dengan Borussia Dortmund dari Nurnberg pada tahun 2011. Dia kemudian berhasil mengantarkan klub tersebut meraih gelar Bundesliga dan DFB-Pokal.

Penampilan impresif Gundogan bersama Dortmund membuat Manchester City kepincut untuk memakai jasanya. Gundogan akhirnya pindah ke Premier League pada 2016 dengan transfer 27 juta euro.

3 dari 10 halaman

Abdou Diallo

Abdou Diallo cuma bermain satu musim di Borussia Dortmund pada musim 2018/2019. Pemain asal Senegal itu mencatatkan 38 penampilan di semua kompetisi.

Diallo akhirnya hengkang ke PSG pada musim berikutnya. Gelandang berusia 25 tahun tersebut datang ke Paris dengan biaya transfer sebesar 32 juta euro.

4 dari 10 halaman

Mats Hummels

Mats Hummels kembali bermain untuk Borussia Dortmund pada musim 2019/2020, setelah tiga musim membeli Bayern Munchen. (c) Bundesliga
Mats Hummels kembali bermain untuk Borussia Dortmund pada musim 2019/2020, setelah tiga musim membeli Bayern Munchen. (c) Bundesliga

Mats Hummels merupakan pemain didikan akademi Bayern Munchen. Namun, pemain belakang asal Jerman itu berkembang pesat saat bermain di Borussia Dortmund.

Bayern kemudian menebus Hummels seharga 35 juta euro pada tahun 2016. Setelah bermain tiga musim di Allianz Arena, Hummels kembali ke Dortmund pada 2019.

5 dari 10 halaman

Mario Gotze

Mario Gotze. (c) AFP
Mario Gotze. (c) AFP

Mario Gotze menunjukkan performa yang sangat impresif bersama Borussia Dortmund. Bayern Munchen kemudian membajaknya dengan nominal transfer 37 juta euro.

Gotze cuma bertahan di Allianz Arena selama tiga tahun. Setelah kontraknya di Bayern habis, gelandang asal Jerman itu kembali ke Signal Iduna Park.

6 dari 10 halaman

Henrikh Mkhitaryan

Henrikh Mkhitaryan (c) AFP
Henrikh Mkhitaryan (c) AFP

Henrikh Mkhitaryan enjadi andalan lini serang Dortmund selama tiga musim. Pemain asal Armenia itu membukukan 41 gol dan 49 asisst dalam 140 pertandingan bersama Die Borussen.

Manchester United kemudian menebus Mkhitaryan dari Dortmund dengan biaya sebesar 42 juta euro pada 2016. Bersama Setan Merah, Mkhitaryan hanya mampu mencatatkan 13 gol dan 11 asisst dalam 63 laga.

7 dari 10 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang (c) AFP
Pierre-Emerick Aubameyang (c) AFP

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi salah satu striker yang menakutkan di Eropa bersama Borussia Dortmund. Selama lima musim, dia mencatatkan 141 gol dan 36 asisst dari 213 pertandingan.

Setelah bermain di Jerman, Aubameyang pindah ke Arsenal pada bursa transfer musim dingin 2018. Kepindahannya ke Emirates Stadium memakan biaya transfer sebesar 63,75 juta euro.

8 dari 10 halaman

Christian Pulisic

Christian Pulisic (c) AFP
Christian Pulisic (c) AFP

Christian Pulisic menembus tim senior Borrussia Dortmund pada pertengahan musim 2015/2016. Dia kemudian mencatatkan 19 gol dan 26 asisst dari 127 laga bersama Die Borussen.

Dortmund pada akhirnya menjual Pulisic ke Chelsea dengan biaya 64 juta euro. Pemain Amerika Serikat itu baru saja meraih trofi Liga Champions bersama dengan Chelsea.

9 dari 10 halaman

Jadon Sancho

Jadon Sancho (c) AP Photo
Jadon Sancho (c) AP Photo

Borussia Dortmund memboyong Jadon Sancho dari Manchester City pada 2015. Selama empat tahun di Signal Iduna Park, Sancho tampil sangat impresif dengan mengoleksi 50 gol dan 64 asis dari 137 pertandingan.

Manchester United pada akhirnya berhasil mendapatkan Sancho di bursa transfer musim panas ini. Dortmund melepasnya ke Old Trafford dengan biaya transfer sebesar 85 juta euro.

10 dari 10 halaman

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele (c) AFP
Ousmane Dembele (c) AFP

Ousmane Dembele digaet dari Stade Rennais pada tahun 2016. Namun, baru satu musim membela Dortmund, Dembele langsung diboyong Barcelona.

Barcelona mengeluarkan 135 juta euro untuk memboyong pemain asal Prancis tersebut ke Camp Nou. Dembele sampai sejauh ini sudah mencatatkan 118 penampilan di semua kompetisi untuk Blaugrana.

Sumber: transfermarkt

KOMENTAR

Editorial Lainnya