BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

10 Calon Pelatih Newcastle Setelah Jadi Klub Sultan: Dari Conte Hingga Mourinho

08-10-2021 12:28 | Aga Deta

10 Calon Pelatih Newcastle Setelah Jadi Klub Sultan: Dari Conte Hingga Mourinho
Logo Newcastle. (c) AP Photo

Bola.net - Newcastle saat ini punya pemilik baru. Klub berjuluk The Magpies tersebut telah resmi diakuisisi oleh Public Investment Fund (PIF), sebuah konsorsium dari Arab Saudi.

PIF adalah konsorsium milik pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Mereka menggelontorkan dana hingga 300 juta pounds untuk mendapatkan 100 persen saham Newcastle.

PIF jelas bertekad menyulap Newcastle menjadi tim papan atas Premier League. Untuk melakukannya, The Magpies butuh pelatih jempolan.

Newcastle saat ini dilatih oleh Steve Bruce. Namun, pelatih berusia 60 tahun tersebut bisa diganti dengan pelatih yang lebih baik untuk memulai era baru di St James' Park.

Lalu, siapa saja pelatih yang bisa dipertimbangkan oleh Newcastle? Berikut ini nama-namanya.

1 dari 10 halaman

Antonio Conte

Pelatih Inter Milan Antonio Conte. (c) AP Photo
Pelatih Inter Milan Antonio Conte. (c) AP Photo

Antonio Conte berhasil mempersembahkan gelar Serie A kepada Inter Milan pada musim lalu. Namun, kebersamaan mereka pada akhirnya harus berakhir pada musim panas.

Conte sempat didekati Tottenham. Namun, mantan pelatih timnas Italia tersebut gagal berlabuh di klub London tersebut.

Conte sebelumnya sudah punya berpengalaman menukangi tim Inggris. Dia berhasil memenangkan Premier League dan FA Cup saat menukangi Chelsea.

2 dari 10 halaman

Rafael Benitez

Rafael Benitez resmi menjadi manajer Everton untuk musim 2021/2022 (c) Everton official site
Rafael Benitez resmi menjadi manajer Everton untuk musim 2021/2022 (c) Everton official site

Rafael Benitez sekarang sedang menangani Everton. Dia berhasil membawa The Toffees bertengger di posisi kelima dengan torehan 14 poin dari 7 laga.

Benitez tentu sudah tidak asing dengan publik St James' Park. Pelatih asal Spanyol tersebut pernah menangani Newcastle selama tiga musim.

Mantan pelatih Real Madrid tersebut juga punya prestasi yang bagus saat menangani tim Inggris. Dia pernah mengangkat Liga Champions di Liverpool dan meraih Liga Europa di Chelsea.

3 dari 10 halaman

Jose Mourinho

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho (c) AP Photo
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho (c) AP Photo

Jose Mourinho sudah malang melintang di sejumlah klub top Inggris. Dia pernah menukangi Chelsea, Manchester United, dan juga Tottenham Hotspur.

Mourinho berhasil menjuarai tiga gelar Premier League bersama The Blues. Dia juga memenangkan Liga Europa saat memimpin Setan Merah.

Mourinho saat ini berada di Italia bersama AS Roma. The Special One membawa klub Ibu Kota Italia itu bertengger di peringkat ke-4 dengan koleksi 15 poin dari 7 laga.

4 dari 10 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane pada laga Real Madrid vs Real Betis di pekan ke-32 La Liga 2020/2021 (c) AP Photo
Zinedine Zidane pada laga Real Madrid vs Real Betis di pekan ke-32 La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Zinedine Zidane sebelumnya menangani Real Madrid. Namu, dia gagal mempersembahkan gelar juara untuk Los Blancos pada musim 2020/2021.

Zidane akhirnya memutuskan untuk mundur dari kursi pelatih Real Madrid pada akhir musim. Ini adalah kali kedua pelatih berusia 48 tahun itu mundur dari Los Blancos.

Arsitek asal Prancis tersebut punya prestasi yang bagus bersama El Real. Dia berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga dan tiga Liga Champions.

5 dari 10 halaman

Roberto Mancini

Roberto Mancini. (c) AP Photo
Roberto Mancini. (c) AP Photo

Roberto Mancini saat ini sedang melatih timnas Italia. Dia pun berhasil mempersembahkan trofi Euro 2020 untuk negaranya tercinta.

Newcastle bisa jadi tantangan yang menarik untuk Mancini apabila ingin kembali menangani klub. Terlebih, Mancini punya prestasi yang bagus saat bekerja di Inggris.

Mancini pernah melatih Manchester City selama lima musim. Dengan sokongan dana Sheikh Mansour, Mancini berhasil meraih gelar Premier League pada 2011/2012.

6 dari 10 halaman

Joachim Loew

Pelatih timnas Jerman di Euro 2020, Joachim Loew. (c) AP Photo
Pelatih timnas Jerman di Euro 2020, Joachim Loew. (c) AP Photo

Setelah meninggalkan timnas Jerman, Joachim Loew sekarang bebas untuk mencari klub baru. Loew sebelumnya punya prestasi bagus bersama Die Mannschaft.

Loew berhasil memimpin Jerman ke final Euro 2008. Puncaknya, Loew sukses merebut trofi Piala Dunia 2014.

Di level klub, Loew pernah melatih Stuttgart, Tirol Innsbruck dan Austria Wien. Dia berhasil memenangkan gelar bersama ketiga klub tersebut.

7 dari 10 halaman

Steven Gerrard

Steven Gerrard (c) PA via AP Photo
Steven Gerrard (c) PA via AP Photo

Saat ini, Steven Gerrard masih berstatus sebagai manajer Rangers. Menangani Rangers sejak April 2018, mantan pemain Liverpool itu berhasil membawa dampak positif.

Pada musim lalu, Rangers suskes meraih gelar Liga Skotlandia. Tak hanya itu, Gerrard membawa Rangers menyelesaikan musim tanpa kekalahan.

Sementara itu pada musim ini, Rangers masih kukuh di puncak klasemen liga Skotlandia. Sayangnya, mereka gagal menebus fase grup Liga Champions.

8 dari 10 halaman

Arsene Wenger

Arsene Wenger (c) AFP
Arsene Wenger (c) AFP

Arsene Wenger punya sejarah yang panjang bersama Arsenal. Dia menangani klub berjuluk The Gunners tersebut selama 22 tahun.

Selama berada di London utara, Wenger berhasil menjadikan Arsenal sebagai klub yang disegani. Mereka berhasil memenangkan Premier League dan juga FA Cup.

Wenger meninggalkan Arsenal pada akhir musim 2017/2018. Sejak saat itu, pria asal Prancis tersebut masih belum kembali melatih.

9 dari 10 halaman

Brendan Rodgers

Manajer Leicester City Brendan Rodgers. (c) AP Photo
Manajer Leicester City Brendan Rodgers. (c) AP Photo

Brandan Rodgers punya prestasi yang cukup bagus bersama Leicester City. Dia berhasil membuat The Foxes bersaing di posisi Big Six Premier League.

Rodgers memang gagal membawa Leicester finis di empat besar Premier League musim lalu. Namun, dia masih bisa mengantar The Foxes meraih gelar FA Cup.

Prestasi apik juga diraih oleh Rodgers saat melatih Celtic. Pelatih asal Irlandia Utara tersebut sukses memenangkan dua Liga Skotlandia dan tiga Piala Liga.

10 dari 10 halaman

Andrea Pirlo

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. (c) AP Photo
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo. (c) AP Photo

Andrea Pirlo merupakan pelatih Juventus pada musim lalu. Dia berhasil mengantarkan Bianconeri meraih gelar Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

Namun, Juventus gagal mempertahankan gelar Serie A. Hal tersebut membuat kontrak Pirlo diputus pada akhir musim.

Pirlo saat ini masih menganggur setelah meninggalkan Juventus. Namun, nama Pirlo belakangan ini dikaitkan dengan Barcelona.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya