BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Thomas Tuchel Bingung dengan Formasi Real Madrid: Mau Pakai 5-3-2 Atau 4-3-3?

05-05-2021 10:43 | Asad Arifin

Liga Champions, Chelsea vs Real Madrid (c) Bola.net Liga Champions, Chelsea vs Real Madrid (c) Bola.net

Bola.net - Manajer Chelsea, Thomas Tuchel, bingung dengan formasi yang mungkin dipakai Real Madrid saat meladeni timnya. Namun, Tuchel tidak ingin larut dengan dua kemungkinan itu dan fokus pada rencana sendiri.

Chelsea akan memainkan laga krusial melawan Real Madrid pada leg kedua babak semifinal Liga Champions, Kamis (6/5/2021) dini hari WIB. Duel ini bakal digelar di Stamford Bridge, markas Chelsea.

Kedua tim bermain imbang 1-1 pada leg pertama di Stadion Alfredo Di Stefano. Artinya, jika ingin melaju ke final, Chelsea minimal harus menahan Real Madrid dengan skor 0-0 pada duel leg kedua.

1 dari 2 halaman

Binggung dengan Formasi Real Madrid

Pada leg pertama, Madrid membuat kejutan dengan tampil memakai tiga bek sejajar. Selama ini, Madrid lebih sering memakai formasi 4-3-3. Namun, Zinedine Zidane memilih turun dengan formasi 3-5-2 saat menjadi tuan rumah.

Kini, Tuchel pun bingung dalam menebak formasi yang akan dipakai Madrid.

"Saya tidak yakin apakah mereka akan bermain dengan 5-3-2 lagi atau mereka akan beralih ke 4-3-3 yang lebih familiar. Itu mungkin tergantung pada Ferland Mendy dan Sergio Ramos," buka Tuchel.

Menurut Tuchel, mengidentifikasi formasi dan rencana bermain lawan sangat penting. Sebab, jika salah mengambil keputusan, maka Chelsea bisa kesulitan. Tuchel pun harus menyiapkan banyak opsi taktik yang akan dipakai.

"Keputusan Real Madrid memakai formasi apa akan membuat segala sesuatunya berubah, tentu saja. Secara alami, karena formasi apa pun memiliki kekuatan dan kelemahannya," tegas mantan pelatih PSG.

2 dari 2 halaman

Fokus Rencana Sendiri

Tuchel tidak ingin larut dengan misteri strategi yang mungkin dipakai Madrid. Pelatih asal Jerman menilai akan lebih baik bagi Chelsea untuk fokus pada rencana sendiri dan mencoba memegang kendali permainan.

"Pada akhirnya di semifinal Liga Champions, ini bukan tentang formasi, ini bukan tentang apa yang dimainkan Real Madrid, ini tentang bagaimana kami bermain," kata Tuchel.

"Ini tentang intensitas yang kami miliki, keyakinan apa yang kami miliki, apakah kami cukup berani, apakah kami ingin bermain? Cukup berani dan apakah kami bermain di level teratas dengan formasi kami," tegas Tuchel.

Sumber: Football London

KOMENTAR