BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Termasuk Son Heung Min dan Luis Suarez, Ini Nomine Puskas Award 2020

27-11-2020 12:29 | Gia Yuda Pradana

Puskas Award (c) FIFA Puskas Award (c) FIFA

Bola.net - FIFA akhirnya mengumumkan daftar nomine untuk memenangi Puskas Award 2020. Ada sebelas nama yang dinominasikan untuk meraih penghargaan atas gol indah yang mereka cetak dalam pertandingan.

Dalam daftar ini, ada sejumlah pemain tenar, seperti Luis Suarez dan Son Heung Min. Mereka berbagi peluang dengan pesepak bola lain yang namanya familiar, dan beberapa pesepak bola wanita.

Nama-nama nomine ini dikumpulkan oleh panel yang terdiri dari para pakar sepak bola.

FIFA sendiri membuka peluang bagi para pencinta sepak bola untuk memilih gol-gol tercantik, yang layak memenangi Puskas Award pada 2020 ini. Para pencinta sepak bola bisa mengikuti voting di situs FIFA.

Hasil dari voting ini, bersama dengan pertimbangan dari panel ahli akan menentukan gol terbaik yang layak memenangi Puskas Award pada 2020 ini. Sementara, pengumuman pemenang akan dihelat di Zurich, Swiss pada 17 Desember mendatang.

Siapa saja yang masuk dalam daftar nomine Puskas Award? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 11 halaman

Shirley Cruz (Kosta Rika) vs Panama

Cruz mencetak gol indah ketika menghadapi Panama pada kualifikasi Olimpiade Zona Concacaf, 28 Januari 2020. waktu itu, pemain OL Reign ini menyambut umpan sepak pojok dengan sepakan voli yang keras dan terarah ke gawang Panama. Gol Cruz ini membuat kedudukan menjadi 3-1 bagi keunggulan Kosta Rika.

2 dari 11 halaman

Giorgian de Arrascaeta (Flamengo) vs Ceara SC

Pada 25 Agustus 2020, De Arrascaeta mencetak gol indah yang membawanya masuk ke daftar nomine penerima Puskas Award. Gol ini dicetak gelandang serang Flamengo ini ke gawang Ceara SC.

De Arrascaeta berada dalam posisi yang kurang baik ketika menerima umpan silang yang justru menjauhi gawang Ceara SC. Namun, alih-alih berbalik menghadap gawang lawan, De Arrascaeta langsung melepas tendangan salto yang melesak tipis di bawah mistar gawang Ceara SC.

3 dari 11 halaman

Jordan Flores (Dundalk) vs Shamrock Rovers

Gol Jordan Flores memang gagal menyelamatkan klubnya Dundalk dari kekalahan kala bertandang ke kandang Shamrock Rovers. Pada laga yang dihelat pada 28 Februari 2020 ini, Dundalk kalah dengan skor 2-3.

Namun, gol ini mampu membawa gelandang asal Inggris tersebut masuk ke dalam daftar nomine penerima Puskas Award 2020.

Menerima umpan sepak pojok, Flores yang tak terkawal di area tiang jauh melepas sepakan voli keras ke gawang Shamrock. Banyak yang menyamakan sepakan Flores ini dengan sepakan Zinedine Zidane ke gawang Bayer Leverkusen beberapa waktu lalu.

4 dari 11 halaman

Andre-Pierre Gignac (Tigres) vs Pumas UNAM

Gignac mencetak hattrick pada laga antara timnya, Tigres, dan Pumas UNAM. Pada laga yang dihelat pada 1 Maret 2020 ini, Tigres menang tiga gol tanpa balas.

Namun, yang paling istimewa dari tiga gol Gignac tersebut adalah gol pamungkasnya. Mendapat kawalan ketat pemain belakang UNAM kala menerima umpan diagonal di kotak penalti lawan, penyerang asal Prancis ini langsung melepas sepakan voli keras sambil membelakangi gawang.

5 dari 11 halaman

Sophie Ingle (Chelsea) vs Arsenal

Tim putri Chelsea sukses mengalahkan tim putri Arsenal pada derby London di ajang Women Super League. Dalam pertandingan yang dihelat di Meadow Park, 19 Januari 2020 silam tersebut, mereka menang 4-1.

Namun, yang paling istimewa dari gol-gol Chelsea ini adalah gol ketiga mereka yang dicetak Sophie Ingle pada menit 20.

Memanfaatkan bola liar di muka kotak penalti, Ingle melepas sepakan first time yang mengarah ke pojok kiri atas gawang Arsenal. Gol yang membawa namanya masuk daftar nomine penerima Puskas Award 2020.

6 dari 11 halaman

Zlatko Junuzovic (Red Bull Salzburg) vs Rapid Wina

RB Salzburg meraih kemenangan telak kala menghadapi Rapid Wina. Dalam laga yang dihelat pada 24 Juni 2020 ini, mereka menang dengan skor 7-2.

Yang membuat laga ini adalah gol keenam Salzburg, yang dicetak Zlatko Junuzovic pada menit 65. Menerima umpan sepak pojok di luar kontak penalti Rapid Wina, gelandang asal Serbia ini langsung menghujamkan bola melalui sepakan volinya ke pojok kiri atas gawang Rapid Wina.

7 dari 11 halaman

Hlompho Kekana (Mamelodi Sundowns) vs Cape Town City

Hlompho Kekana mencetak gol dari sepakan jarak jauh pada laga kontra Cape Town City yang dihelat 19 Agustus 2019 silam. Sepakannya dari jarak sekitar 36 meter melesak ke gawang Cape Town City.

Gol Kekana ini memang tak bisa membawa timnya menang pada laga itu. Mereka harus puas bermain imbang 1-1 lawan Cape Town City. Namun, gol ini membawa nama gelandang bertahan berusia 35 tahun ini masuk dalam daftar nomine penerima Puskas Award 2020.

8 dari 11 halaman

Son Heung-Min (Totenham Hotspur) vs Burnley

Son Heung-Min sukses mencetak gol ketiga Spurs pada laga kontra Burnley. Dalam laga yang dihelat pada 7 Desember 2019 ini, Spurs menang lima gol tanpa balas dari tamunya tersebut.

Gol Son bisa dibilang sangat istimewa. Menerima bola di sepertiga area sendiri, gelandang asal Korea Selatan ini menggiring bola dan mengecoh para pemain Burnley. Kemudian, ia menyempurnakan aksi itu dengan menaklukkan kiper Burnley, Nick Pope.

9 dari 11 halaman

Leonel Quinonez (CSD Macara) vs Universidad Catolica

Quinonez mencetak gol luar biasa pada laga kontra Universidad Catolica. Gol gelandang berusia 27 tahun ini membawa Macara menang 3-1 pada laga tersebut.

Dalam pertandingan yang dihelat pada 19 Agustus 2019 ini, Quinonez mencetak gol melalui sepakan bebas. Istimewanya, sepakan bebas ini dilakukan lebih dari separuh lapangan.

Kiper Universidad Catolica yang terlanjur maju tak menyangka bola akan diarahkan langsung ke gawang. Ia pun tak kuasa mengantisipasi bola yang meluncur deras ke gawangnya yang tak terkawal.

10 dari 11 halaman

Caroline Weir (Manchester City) vs Manchester United

Derby Manchester selalu berlangsung seru. Demikian pula yang terjadi pada Women Super League kala Manchester City bertemu dengan Manchester United. Pada laga ini, City menang dari tim rivalnya tersebut dengan skor 1-0 melalui gol Caroline Weir.

Tak hanya menjadi gol kemenangan, gol Weir ini sangat istimewa karena dicetak melalui sepakan keras dari luar kotak penalti United. Kiper United, Mary Earps sudah berusaha menghalau bola. Namun, upayanya sia-sia karena bola meluncur deras menghujam gawangnya.

11 dari 11 halaman

Luis Suarez (Barcelona) vs Mallorca

Lionel Messi sukses mencetak hat-trick kala Barcelona mengalahkan Mallorca dengan skor 5-2 pada Desember 2019 lalu. Namun, justru Luis Suarez lah yang mencuri perhatian dengan gol indah yang ia ciptakan pada laga tersebut.

Suarez menuntaskan permainan kombinasi Barcelona di kotak penalti Mallorca dengan sangat baik. Menerima umpan terobosan Frenkie de Jong, pemain asal Uruguay ini menendang bola dengan tumitnya. Bola pun melintir ke tiang jauh, mengecoh pemain belakang dan kiper Mallorca. Berkelas.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR