BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Termasuk Messi, Ini Lima Pemain yang Banderolnya Anjlok pada 2020

16-12-2020 21:52 | Serafin Unus Pasi

Kapten Barcelona Lionel Messi. (c) AP Photo Kapten Barcelona Lionel Messi. (c) AP Photo

Bola.net - Tahun 2020 tak hanya menjadi momen naiknya banderol sejumlah pemain. Tahun ini juga menjadi saat di mana banderol sejumlah pemain anjlok.

Sama seperti para pemain yang banderolnya naik, merosotnya banderol para pemain ini juga tak lepas dari penampilan mereka. Pemain yang banderolnya merosot, lazimnya, menunjukkan penurunan dalam performa mereka.

Selain itu, faktor usia juga berpengaruh. Ada pemain yang mengalami penurunan banderol karena faktor usia. Para pemain yang mengalami penurunan banderol tersebut biasanya sudah melewati usia emas mereka.

Dalam catatan laman Transfermarkt, ada sejumlah pemain yang menunjukkan penurunan banderol. Dari lima pemain yang menunjukkan penurunan banderol tertinggi, rata-rata usia mereka adalah 29 tahun.

Siapa saja lima pemain yang banderolnya anjlok paling drastis selama 2020? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Christian Eriksen

Pemain Inter Milan, Christian Eriksen, merayakan golnya ke gawang Ludogorets dalam laga leg pertama babak 32 besar Liga Europa hari Jumat (21/2/2020). (c) AP Photo Pemain Inter Milan, Christian Eriksen, merayakan golnya ke gawang Ludogorets dalam laga leg pertama babak 32 besar Liga Europa hari Jumat (21/2/2020). (c) AP Photo

Eriksen berada di peringkat kelima dalam daftar lima pesepak bola yang banderolnya anjlok paling drastis sepanjang 2020. Pemain asal Denmark ini mengalami penurunan sebanyak 40 juta Euro.

Sebelumnya, banderol Eriksen ditaksir senilai 90 juta Euro. Namun, sepanjang tahun ini, ia mengalami penurunan banderol sebesar 44,4 persen. Walhasil, saat ini, banderolnya tinggal 50 juta Euro.

Turunnya banderol Eriksen disebut tak lepas dari belum moncernya penampilan pemain berusia 28 tahun tersebut di Inter Milan. Sejauh ini, ia bermain 12 kali. Dari 373 menit bermain, Eriksen belum sekalipun mencetak gol atau assist.

2 dari 5 halaman

Antoine Griezmann

Selebrasi bintang Barcelona, Antoine Griezmann usai membobol gawang Osasuna, Minggu (29/11/2020) (c) AP Photo Selebrasi bintang Barcelona, Antoine Griezmann usai membobol gawang Osasuna, Minggu (29/11/2020) (c) AP Photo

Pemain yang juga mengalami penurunan banderol secara drastis pada 2020 ini adalah Antoine Griezmann. Pemain depan Barcelona ini mengalami penurunan banderol sebesar 40 juta Euro.

Sebelumnya, banderol Griezmann ditaksir senilai 120 juta Euro. Namun, sepanjang tahun ini, ia mengalami penurunan harga sebesar 33,3 persen. Walhasil, sekarang, banderol pemain asal Prancis ini tinggal 80 juta Euro.

Banderol Griezmann disebut terpengaruh oleh belum moncernya permainannya bersama Blaugrana. Sejauh ini, pemain berusia 29 tahun tersebut baru mencetak lima gol dan dua assist dari 1121 menit bermainnya.

3 dari 5 halaman

Lionel Messi

(c) AP Photo (c) AP Photo

Messi memang masih disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Namun, pemain Argentina ini masuk dalam daftar pemain yang banderolnya turun drastis pada 2020. Pemain depan Barcelona ini disebut mengalami penurunan banderol sebesar 40 juta Euro.

Sebelumnya, Messi ditaksir memiliki banderol sebesar 140 juta Euro. Namun, sepanjang tahun ini, pemain berusia 33 tahun tersebut mengalami penurunan harga sebesar 28,6%. Banderol Messi saat ini berada di level 100 juta Euro.

Messi sendiri sejatinya masih tampil cukup bagus. Ia mencetak delapan gol dan empat assist dari 1304 menit bermain. Namun, performa Barcelona yang belum ajek dan usia yang sudah merambat senja untuk ukuran pemain bola membuat banderol Messi turun.

4 dari 5 halaman

Kepa

Kepa Arrizabalaga ketika pemanasan sebelum melawan Liverpool, 20 September 2020. (c) AP Photo Kepa Arrizabalaga ketika pemanasan sebelum melawan Liverpool, 20 September 2020. (c) AP Photo

Kepa berada di peringkat kedua dalam daftar lima pemain sepak bola yang banderolnya merosot tajam pada 2020. Kiper asal Spanyol ini mengalami penurunan banderol sebesar 42 juta Euro.

Sebelumnya, Kepa ditaksir memiliki banderol sebesar 60 juta Euro. Namun, sepanjang 2020, ia mengalami penurunan banderol sebesar 70%. Saat ini, banderolnya tinggal sebesar 18 juta Euro.

Anjloknya banderol Kepa tak lepas dari performanya di Chelsea saat ini. Kiper berusia 26 tahun ini tak lagi menjadi pilihan utama di The Blues. Sejauh ini, ia baru bermain sebanyak empat pertandingan. Dalam 360 menit bermain, ia kebobolan tujuh gol dan sama sekali belum pernah mendapat cleansheet.

5 dari 5 halaman

Eden Hazard

Pemain Real Madrid, Eden Hazard (tengah). (c) AP Photo Pemain Real Madrid, Eden Hazard (tengah). (c) AP Photo

Pemain yang mengalami penurunan banderol paling tinggi sepanjang 2020 adalah Eden Hazard. Tak tanggung-tanggung, banderol winger asal Belgia tersebut turun sebesar 60 juta Euro.

Sebelumnya, Hazard ditaksir memiliki banderol sebesar 120 juta Euro. Namun, sepanjang 2020, banderol pemain berusia 29 tahun tersebut turun sebesar 50%. Walhasil, banderolnya saat ini tinggal 60 juta Euro.

Banderol Hazard disebut terpengaruh oleh belum moncernya permainannya bersama Real Madrid. Sejauh ini, pemain berusia 29 tahun tersebut baru mencetak tiga gol dari 315 menit bermainnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR