Termasuk Haaland, Penggawa Manchester City Dominasi Starting XI Termahal Dunia Saat Ini

Ari Prayoga | 30 September 2022, 06:15
Ekspresi Erling Haaland usai mencetak gol untuk Manchester City (c) AP Photo
Ekspresi Erling Haaland usai mencetak gol untuk Manchester City (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City menjelma menjadi salah satu kekuatan utama sepak bola Eropa dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini tak lepas dari masuknya Mansour bin Zayed bin Sultan Al Nahyan ke klub tersebut.

Keberadaan Sheikh Mansour dan dana tak terbatas yang dibawanya mengubah paras klub sekota Manchester United ini. City tak lagi menjadi klub nomor dua di Manchester.

Transformasi City kian pesat seiring kedatangan sosok Pep Guardiola. Keberadaan salah satu pelatih terbaik dunia ini menjadikan City kian sahih berstatus sebagai salah satu klub papan atas.

Sebagai klub papan atas, City menjadi magnet kuat bagi pemain-pemain bintang. Kini, tak sulit bagi City untuk mendatangkan pemain-pemain terbaik di dunia.

Dengan statusnya tersebut, tak heran jika skuad City saat ini disesaki pemain bintang. Bahkan, para penggawa klub tersebut mendominasi daftar starting XI pesepak bola dengan nilai pasar tertinggi di dunia saat ini.

Ada tiga pemain City yang masuk dalam daftar susunan laman Transfermarkt tersebut. Mereka adalah Ruben Dias, Phil Foden, dan Erling Haaland. Total nilai pasar trio City tersebut mencapai 315 juta euro dari total nilai pasar tim tersebut yang mencapai 1,06 miliar euro.

Selain trio City tersebut, ada sejumlah pemain lain yang juga masuk ke dalam daftar ini.

Siapa saja para pemain yang masuk dalam starting XI termahal dunia saat ini? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 11 halaman

Thibaut Courtois - 60 juta euro

Kiper Real Madrid Thibaut Courtois. (c) AP Photo

Kiper Real Madrid Thibaut Courtois. (c) AP Photo

Di posisi penjaga gawang dalam starting XI termahal dunia saat ini ditempati Thibaut Courtois. Nilai pasar kiper Real Madrid tersebut ditaksir sebesar 60 juta euro.

Dengan nilai pasar tersebut, Courtois berstatus sebagai pemain termahal kelima di Real Madrid dan kedelapan di La Liga. Selain itu, pemain asal Belgia tersebut berstatus pemain termahal ke-54 di dunia.

Pada penilaian terakhir dari laman Transfermarkt, nilai pasar Courtois tak mengalami koreksi. Nilai pasar pemain 30 tahun tersebut bertahan sejak 3 Juni 2022 lalu.

2 dari 11 halaman

Trent Alexander-Arnold - 80 juta euro

Bek sayap Liverpool, Trent Alexander-Arnold (c) AP Photo

Bek sayap Liverpool, Trent Alexander-Arnold (c) AP Photo

Trent Alexander-Arnold terpilih mengisi posisi fullback kiri dalam starting XI termahal dunia saat ini. Penggawa Liverpool ini ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 80 juta euro.

Nilai pasar ini membuat Alexander-Arnold berstatus sebagai pemain termahal kedua di Liverpool dan ketujuh di Premier League. Selain itu, pemain asal Inggris ini juga berstatus sebagai pemain dengan nilai pasar tertinggi ke-12 di dunia.

Nilai pasar 80 juta euro ini disandang Alexander-Arnold sejak 15 Juni 2021. Pada penilaian terakhir Transfermarkt, medio September ini, nilai pasar pemain 23 tahun tersebut tak berubah.

3 dari 11 halaman

Ruben Dias - 75 juta euro

Pemain Manchester City, Ruben Dias, merayakan golnya ke gawang Aston Villa dalam laga lanjutan Premier League hari Kamis (2/12/2021). (c) AP Photo

Pemain Manchester City, Ruben Dias, merayakan golnya ke gawang Aston Villa dalam laga lanjutan Premier League hari Kamis (2/12/2021). (c) AP Photo

Satu tempat di jantung benteng pertahanan dalam starting XI termahal dunia saat ini diisi oleh Ruben Dias. Nilai pasar pemain Manchester City ditaksir sebesar 75 juta euro.

Dias, dengan nilai pasarnya ini, berstatus sebagai pemain termahal keenam Manchester City dan kesebelas di Premier League. Selain itu, pemain asal Portugal ini berstatus pemain termahal ke-21 di dunia.

Nilai pasar 75 juta euro ini merupakan nilai pasar tertinggi sepanjang karier Dias sejauh ini. Nilai pasar tersebut disandang pemain 25 tahun ini sejak 1 Juni 2021 silam.

4 dari 11 halaman

Matthijs de Ligt - 70 juta euro

Matthjs de Ligt berebut bola dengan Lautaro Martinez di laga Inter Milan vs Bayern Munchen di matchday 1 UCL 2022/2023 di Giuseppe Meazza, Kamis (08/09/2022). (c) AP Photo

Matthjs de Ligt berebut bola dengan Lautaro Martinez di laga Inter Milan vs Bayern Munchen di matchday 1 UCL 2022/2023 di Giuseppe Meazza, Kamis (08/09/2022). (c) AP Photo

Matthijs de Ligt terpilih sebagai rekan duet Dias di benteng pertahanan dalam starting XI termahal dunia saat ini. Pemain Bayern Munchen tersebut ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 70 juta euro.

Dengan nilai pasar ini, De Ligt berstatus sebagai pemain termahal ketiga Bayern Munchen dan kelima di Bundesliga. Pemain asal Belanda tersebut juga berstatus pemain termahal ke-29 di dunia.

Nilai pasar 70 juta euro ini disandang De Ligt sejak 28 Desember 2021. Pada penilaian terakhir laman Transfermarkt tak ada koreksi terhadap nilai pasar pemain 23 tahun tersebut.

5 dari 11 halaman

Alphonso Davies - 70 juta euro

Raphinha beradu fisik dengan Alphonso Davies di laga Bayern Munchen vs Barcelona, Liga Champions 2022/23 (c) AP Photo

Raphinha beradu fisik dengan Alphonso Davies di laga Bayern Munchen vs Barcelona, Liga Champions 2022/23 (c) AP Photo

Posisi fullback kiri dalam starting XI termahal dunia saat ini ditempati Alphonso Davies. Nilai pasar penggawa Bayern Munchen tersebut ditaksir sebesar 70 juta euro.

Nilai pasar ini menjadikan Davies sebagai pemain termahal ketiga di Bayern Munchen dan kelima di Bundesliga. Selain itu, pemain berpaspor Kanada tersebut juga berstatus pemain termahal ke-29 di dunia.

Davies menyandang nilai pasar ini sejak 9 Juni 2021. Dalam sejumlah pembaruan yang dilakukan laman Transfermarkt tak ada koreksi terhadap nilai pasar pemain berusia 21 tahun tersebut.

6 dari 11 halaman

Pedri - 90 juta euro

Pedri. (c) AP Photo

Pedri. (c) AP Photo

Pedri menempati satu posisi di ruang mesin dalam starting XI termahal dunia saat ini. Gelandang Barcelona tersebut ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 90 juta euro.

Dengan nilai pasar ini, Pedri berstatus pemain dengan nilai pasar tertinggi di Barcelona dan tertinggi kedua di La Liga. Ia pun berstatus sebagai pemain termahal keempat di dunia.

Nilai pasar ini disandang Pedri sejak 23 September 2022 lalu. Ini merupakan nilai pasar tertinggi sepanjang karier pemain berusia 19 tahun tersebut. Sebelumnya, ia ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 80 juta euro.

7 dari 11 halaman

Jude Bellingham - 90 juta euro

Jude Bellingham. (c) AP Photo

Jude Bellingham. (c) AP Photo

Pemain kedua di ruang mesin starting XI termahal dunia saat ini adalah Jude Bellingham. Nilai pasar gelandang Borussia Dortmund tersebut ditaksir sebesar 90 juta euro.

Dengan nilai pasar tersebut, Bellingham berstatus sebagai pemain termahal di Borussia Dortmund dan Bundesliga. Selain itu, pemain asal Inggris ini berstatus sebagai pemain dengan nilai pasar tertinggi di dunia.

Bellingham menyandang nilai pasar ini sejak 21 September 2022. Bagi pemain 19 tahun tersebut, ini merupakan nilai pasar tertinggi sepanjang kariernya sejauh ini. Sebelumnya, ia ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 80 juta euro.

8 dari 11 halaman

Phil Foden - 90 juta euro

Gelandang Nottingham Forest Remo Freuler berduel dengan penyerang sayap Manchester City Phil Foden dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-5, Kamis (1/9/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Gelandang Nottingham Forest Remo Freuler berduel dengan penyerang sayap Manchester City Phil Foden dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-5, Kamis (1/9/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Phil Foden menjadi nama terakhir di ruang mesin starting XI termahal dunia saat ini. Sama seperti dua rekannya di lini tengah starting XI ini, pemain Manchester City tersebut ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 90 juta euro.

Dengan nilai pasar ini, Foden berstatus sebagai pemain termahal kedua di skuad Manchester City dan Premier League. Selain itu, pemain asal Inggris ini berstatus sebagai pemain dengan nilai pasar tertinggi keempat di dunia.

Bagi Foden, nilai 90 juta euro ini merupakan nilai pasar tertinggi dalam kariernya sejauh ini. Nilai pasar ini disandangnya sejak 29 Maret 2022 lalu.

9 dari 11 halaman

Kylian Mbappe - 160 juta euro

Seleberasi penyerang PSG, Kylian Mbappe (c) AP Photo

Seleberasi penyerang PSG, Kylian Mbappe (c) AP Photo

Di sektor sayap kanan dalam starting XI termahal dunia saat ini ada nama Kylian Mbappe. Pemain PSG tersebut ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 160 juta euro.

Nilai pasar ini menjadikan Mbappe sebagai pemain termahal di skuad PSG dan Ligue 1. Selain itu, pemain asal Prancis tersebut juga berstatus pemain dengan nilai pasar tertinggi di dunia saat ini.

Kendati tertinggi di dunia saat ini, nilai pasar tersebut bukan nilai pasar tertinggi sepanjang karier Mbappe. Ia pernah ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 200 juta euro. Nilai ini disandangnya mulai akhir 2018 sampai akhir 2019 silam.

Sementara itu, nilai pasar sebesar 160 juta euro ini disandang Mbappe sejak 9 April 2021. Dalam penilaian terakhir laman Transfermarkt, tak ada koreksi terhadap nilai pasar Mbappe.

10 dari 11 halaman

Vinicius Junior - 120 juta euro

Pemain Real Madrid, Vinicius Junior (c) AP Photo

Pemain Real Madrid, Vinicius Junior (c) AP Photo

Vinicius Junior menempati posisi sayap kiri dalam starting XI termahal dunia saat ini. Nilai pasar pemain Real Madrid tersebut ditaksir sebesar 120 juta euro.

Nilai pasar ini menjadikan Vini Junior berstatus sebagai pemain termahal di skuad Real Madrid dan La Liga. Selain itu, nilai pasar ini juga menjadi yang tertinggi ketiga di dunia.

Vini Junior menyandang nilai pasar ini sejak 23 September 2022 lalu. Waktu itu, nilai pasarnya naik sebesar 20 juta euro.

11 dari 11 halaman

Erling Haaland - 150 juta euro

Selebrasi Erling Haaland usai mencetak gol dalam laga Liga Champions 2022/2023 antara Sevilla vs Manchester City, Rabu (7/9/2022) (c) AP Photo

Selebrasi Erling Haaland usai mencetak gol dalam laga Liga Champions 2022/2023 antara Sevilla vs Manchester City, Rabu (7/9/2022) (c) AP Photo

Nama terakhir di dalam starting XI termahal dunia saat ini adalah Erling Haaland. Penggawa Manchester City ini terpilih mengisi posisi ujung tombak dalam daftar tersebut. Nilai pasar Haaland saat ini ditaksir sebesar 150 juta euro.

Dengan nilai pasar ini, Haaland menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi di skuad Manchester City dan Premier League. Selain itu, nilai pasar tersebut menjadikan Haaland sebagai pemain termahal kedua di dunia.

Bagi Haaland, nilai pasar ini merupakan yang tertinggi sepanjang kariernya sejauh ini. Pemain berusia 22 tahun tersebut menyandang nilai pasar ini sejak 7 Oktober 2021 lalu.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR