BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Statistik Menarik dari Final Liga Champions: Bayern Munchen Samai Raihan Trofi Liverpool

24-08-2020 05:08 | Yaumil Azis

Bayern Munchen dinobatkan sebagai juara Liga Champions 2019/20. (c) Bolanet Bayern Munchen dinobatkan sebagai juara Liga Champions 2019/20. (c) Bolanet

Bola.net - Setelah hampir lebih setahun bergulir, Liga Champions 2019/20 akhirnya menemukan sang pemenang. Dia adalah Bayern Munchen, yang berhasil mengalahkan PSG pada laga final dengan skor tipis 1-0.

Pertandingan berlangsung dengan sengit. Kedua tim bermain dengan disiplin sehingga menghasilkan skor imbang 0-0 di babak pertama. Nyaris tidak ada bedanya dengan babak kedua.

Namun satu gol sudah cukup untuk menjadi pembeda. Penyerang Bayern Munchen, Kingsley Coman, menjadi sosok penentu lewat golnya di menit ke-59 dengan memanfaatkan umpan silang Joshua Kimmich.

Tentu saja, PSG sudah berupaya sekuat tenaga untuk menyamakan kedudukan. Namun aksi penyelamatan dari penjaga gawang Bayern Munchen, Manuel Neuer, membuat mereka harus pasrah menerima kekalahan ini.

Pertandingan kali ini juga menghasilkan sejumlah statistik penting nan menarik yang patut diketahui Bolaneters sekalian. Yuk simak informasi lengkap dari Opta via Sportskeeda berikut ini.

1 dari 2 halaman

Statistik Final Liga Champions

1. Bayern Munchen berhasil memenangkan enam gelar Liga Champions, menyamai perolehan dari klub asal Inggris, Liverpool. Hanya Real Madrid (13) dan AC Milan (tujuh) yang memiliki raihan trofi lebih banyak.

2. PSG gagal mencetak gol di pentas Eropa yang digelar UEFA untuk pertama kali dalam 35 penampilan terakhir. Terakhir kali mereka gagal mencetak gol adalah saat bertemu Manchester City pada April 2016 (kalah 0-1).

3. Bayern Munchen menjadi tim pertama dalam sejarah European Cup/Liga Champions yang berhasil menyapu bersih semua pertandingan hingga final dengan raihan kemenangan (11 kemenangan).

4. Tujuh tim terakhir yang mencatatkan penampilan perdana di Liga Champions selalu menelan kekalahan, di mana pemenang terakhirnya adalah Borussia Dortmund pada tahun 1997 lalu melawan Juventus.

5. Bayern Munchen menjadi tim pertama dalam sejarah Liga Champions yang berhasil menorehkan 11 kemenangan beruntun di kompetisi tersebut.

2 dari 2 halaman

Statistik Final Liga Champions

6. Hanya ada tiga pelatih yang berhasil menjuarai Liga Champions di usia lebih tua dibandingkan nahkoda Bayern Munchen, Hansi Flick (55 tahun, 181 hari). Mereka adalah Raymond Goethals (Marseille, 1993 - 71 tahun), Jupp Heynckes (Munchen, 2013 - 68 tahun), dan Sir Alex Ferguson (Manchester United, 1999 & 2008 - 57 tahun dan 66 tahun).

7. Bayern Munchen menjadi tim ketiga dalam sejarah Liga Champions yang berhasil mencetak 500 gol pada kompetisi tersebut, setelah Barcelona (517) dan juga Real Madrid (567).

8. Kingsley COman menjadi pemain asal Prancis ke-5 yang mencetak gol di final Liga Champions (Karim Benzema 2018, Zinedine Zidane 2002, Marcel Desailly 1994 dan Basile Boli 1993).

9. Penggawa PSG, Keylor Navas, mantan pemain Real Madrid, menjadi kiper ketiga yang tampil di final Liga Champions bersama dua klub berbeda, setelah Jorg Butt (Bayern Munchen dan Bayer Leverkusen) dan Edwin van der Sar (Manchester United dan Ajax).

10. Pemain PSG, Thiago Silva, menjadi pemain berdarah Brasil pertama yang tampil di final Liga Champions dengan status kapten.

(Sportskeeda)

KOMENTAR